Beranda » Uncategorized » Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?

Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?

T Diposting oleh pada 3 July 2009
F Kategori
b Comments Off on Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?
@ Dilihat 23 kali
Sobat terutama Kicau Mania atau Cucak Jenggot Mania tentunya sudah lebih faham daripada aku perihal burung berjenggot semenjak lahir ini. Burung yang pada mulanya tidak berharga, kemudian banyak dipelihara sebagai burung rumahan. Setelah dipelihara usang dan gacor, burung ini berperan sebagai burung pemaster yang sangat dipilih alasannya ialah kicauan khasnya yaitu ngepik dan ngebeset.
Untuk ketika ini burung cucak jenggot sangat banyak peminatnya, terlebih alasannya ialah kelas lomba untuk burung yang satu ini selalu tersedia di kebanyakan even lomba burung kicau. Baik jantan atau pun betinanya, burung cucak jenggot merupakan burung petarung sejati dan berwatak fighter yang ngotot dan tak mau kalah.
 Sobat  terutama Kicau Mania atau Cucak Jenggot Mania tentunya sudah lebih fah Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?
Burung Cucak Jenggot
Pada dasarnya tidak ada catatan husus semacam hukum yang menganjurkan untuk jenis kelamin jantan atau betina yang dilombakan. Sebagai kategori burung lomba, tentunya burung yang anda bawa ke daerah kontes ialah burung yang sudah gacor owor-owor di rumahnya, mentalnya pun sudah menciptakan anda percaya diri untuk mengikut sertakannya di ajang kontes. (Baca juga: Cara Memilih dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Agar Gacor)
Menurut pengalaman dari beberapa orang narasumber yang aku temui, para cucak jenggot mania ini memaparkan pengalamannya ketika kontes burung cucak jenggot atau kores ini. Saya simpulkan sebagai berikut:
  1. Cucak jenggot jantan jarang sekali yang bermental baja ketika dilapang kontes, burung jantan lebih banyak didominasi gampang terangsang ketika mendengar bunyi burung cucak jenggot betina.
  2. Durasi sang jantan ketika berkicau tidak selama durasi burung betina.
  3. Burung cucak jenggot jantan suaranya lebih bervariasi, lebih banyak didominasi mengeluarkan bunyi isian.
  4. Betinapun tidak semua monoton, betina juga dapat menirukan bunyi burung lain. Namun jarang keluar ketika diadu ketika lomba.
  5. Suara ngepik rapat dan ngebeset dari burung cucak jenggot betina sangat seru ketika dilombakan.
  6. Sang betinalebih aktif berkicau ketika di arena tarung.
Fakta yang terjadi di lapang kontes, untuk burung cucak jenggot ini kebanyakan penerima mengikut sertakan burung cucak jenggot berkelamin betina alasannya ialah beberapa faktor menyerupai di atas. Burung cucak jenggot jantan dapat di hitung jari dan terkadang tidak ada penerima yang membawanya. Burung cucak jenggot jantan lebih cocok sebagai burung rumahan, Selain lebih menghibur alasannya ialah gacornya, bunyi bergairah dan tajam burung kores jantan juga cocok untuk memaster burung lain menyerupai murai batu, kacer, pentet, cucak ijo dsb.
Cara gampang membedakan jantan dan betina burung cucak jenggot :
  • Dari segi fostur badan – Burung cucak jenggot jantan mempunyai ukuran badan sedikit lebih besar dari sang betina.
  • Sang jantan mempunyai bentuk badan yang simetris (proporsional) dari kepala hingga ke ekornya, sedangkan betina mempunyai badan yang terlihat kegemukan (bulat), dari kepala hingga ekor tidak berbentuk simetris.
  • Dari segi bunyi – Burung cucak jenggot jantan mempunyai bunyi yang lebih bervariasi dibandingkan betinanya.
  • Dari segi warna – Sang jantan mempunyai warna bulu dada yang lebih banyak didominasi kuning, sedangkan betina bulu dadanya berwarna putih (kuningnya pudar).
  • Dari jenggotnya – Jenggot yang dimiliki sang jantan lebih terlihat panjang, lebat atau banyak jikalau dibandingkan dengan sang betinanya.
  • Saat diadu – Jantan vs betina cucak jenggot, sang jantan akan terlihat gagah, sdangkan betina biasanya mengepakan sayapnya menyerupai ngeleper-ngeleper.
  • Burung cucak jenggot betina biasanya bertelur dengan sendirinya walaupun tidak dikawinkan. Hal tersebut biasanya dipicu oleh pakan terutama extra fooding.
Demikian yang dapat aku sampaikan mengenai fakta cucak jenggot jantan vs betina di lapang kontes ini.
Tetap jadikan wangsit Kicau Mania Indonesia.

Komentar dinonaktifkan: Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?

Memilih Burung Tledekan Bambu Yang Prospek Bagus

Memilih Burung Tledekan Bambu Yang Prospek Bagus

T 2 June 2009 F A admin

Seekor burung tledekan disebut anggun jikalau mempunyai bunyi rapat, kencang, penuh getaran (vibrasi), dan gacor. Suara kicauan itu dikeluarkannya dalam posisi bangkit yang tenang, nagen, disertai gaya khas yang disebut nyeklek. Tentu tidak semua tledekan mempunyai karakteristik ibarat itu. Berikut... Selengkapnya

Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?

Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?

T 24 April 2009 F A admin

Burung Kutilang termasuk burung monomorphic atau mempunyai kesamaan warna antara jantan dan betina, ini menjadi dilema tersendiri. Banyak yang menentukan kutilang materi di ombyokan, dan kecewa alasannya yakni burung yang dipilihnya yakni betina. Namun bagi yang sudah berpengalaman dalam memilih/sexing... Selengkapnya

Cara Menciptakan Semoga Cendet Bakalan Mau Makan Voer

Cara Menciptakan Semoga Cendet Bakalan Mau Makan Voer

T 21 May 2009 F A admin

Terkadang kita was-was akan saat membeli burung Cendet/Pentet yang masih muda hutan, dikarenakan masih hanya memakan serangga. Pasti kita akan berusaha menciptakan burung tersebut mau memakan voer atau sentrat untuk dijadikan pakan pokoknya. Voer sendiri terbuat dari beberapa gabungan serangga... Selengkapnya

+ SIDEBAR