Beranda » Uncategorized » Cara Memaster Lovebird Semoga Ngekeknya Lebih Bervariasi

Cara Memaster Lovebird Semoga Ngekeknya Lebih Bervariasi

T Diposting oleh pada 28 June 2009
F Kategori
b Comments Off on Cara Memaster Lovebird Semoga Ngekeknya Lebih Bervariasi
@ Dilihat 9 kali
Kalangan lovebird lovers sekarang cenderung menyukai burung yang mempunyai bunyi kicauan lebih bervariasi, dengan isian-isian yang menarik. Untuk mendapat lovebird dengan kualifikasi menyerupai itu, kita tidak dapat menunggu hingga burung mau mengeluarkan suaranya. Proses pemasteran semenjak dini juga sangat menentukan. Nah, berikut ini cara memaster lovebird biar mempunyai bunyi lebih bervariasi.
(Baca juga : Cara Paling Tepat Menentukan Jenis Kelamin Lovebird Anakan Dan Dewasa)

Ketika hendak memaster burung dengan bunyi yang diinginkan, kita harus tahu betul apa sebetulnya tujuan pemasteran tersebut. Jika lovebird memang diplot sebagai burung lomba, pemasteran dapat memanfaatkan suara-suara burung yang mempunyai abjad menyerupai dengan bunyi lovebird, sehingga burung dapat membuatkan bunyi kicauannya secara lebih baik.
 Kalangan lovebird lovers sekarang cenderung menyukai burung yang mempunyai bunyi kicauan lebih Cara Memaster Lovebird Agar Ngekeknya Lebih Bervariasi
Burung Lovebird
Apabila tujuannya biar burung mempunyai bunyi kicauan penuh variasi, kita dapat memasternya dengan aneka burung yang mempunyai bunyi unik, menyerupai ciblek, prenjak betina, atau jenis burung lainnya. Dengan demikian, lovebird akan mempunyai bunyi kicauan dengan lagu-lagu baru. (Baca juga : Cara Memilih Lovebird Paud Yang Prospek Ngekek Panjang)
Meski demikian, akhir-akhir ini banyak juga pemain yang memaster lovebird dengan aneka bunyi kicauan, bahkan tidak jarang gaconya cukup menonjol dalam even lomba.
Cara memaster lovebird
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika memaster lovebird, antara lain:
  • Memaster lovebird ketika masih anakan
  • Memaster lovebird memakai burung masteran
  • Memaster lovebird memakai rekaman bunyi burung masteran
  • Memaster lovebird memakai burung sejenis
Apapun cara yang dipilih, semuanya tentu perlu waktu sebelum lovebird benar-benar menguasai bunyi barunya.
Adapun proses pemasteran dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya:
  • Menggantang lovebird muda di antara 2-3 jenis burung masteran dalam satu ruangan.
  • Memutarkan rekaman bunyi burung masteran (idealnya 2-3 jenis bunyi yang dapat diputar ulang secara otomatis).
  • Menempelkan lovebird dengan burung masterannya setiap hari, dalam segala kondisi dan daerah (burung master selalu mengikuti ke mana lovebird ditempatkan).
  • Tahapan pemasteran dapat berjalan cukup singkat, dapat juga cukup lama, tergantung kepintaran lovebird dan tergantung dari kegacoran burung masteran yang dipakai (kecuali jikalau kita memakai rekaman bunyi burung). Kenyamanan dan lokasi pemasteran yang damai juga sangat membantu lovebird dalam mencerna bunyi masterannya secara cepat.
Setelah lovebird menguasai satu jenis bunyi dari 2-3 bunyi masteran yang diperdengarkan, Anda dapat mengganti bunyi yang sudah masuk tersebut dengan bunyi lain sesuai dengan urutannya.
Misalnya, Anda ingin memaster lovebird dengan bunyi burung ciblek – cililin – cucak jenggot. Setelah lovebird dapat menguasai bunyi ciblek, tahap kedua ialah mengganti bunyi ciblek dengan bunyi cililin, dan tahap ketika cucak jenggot. Dengan cara demikian, lovebird dalam waktu 3-4 ahad sudah dapat menguasai bahan lagu yang diajarkan kepadanya. (Baca juga: Cara Memilih, Merawat, Dan Kendala Lovebird Kekek-an Dari Paud Sampai Kontesan)
Suara masteran untuk lovebird
Seperti dijelaskan di atas, lovebird lomba biasanya dimaster dengan bunyi yang menyerupai dengan abjad bunyi lovebird. Hal ini bertujuan biar ngekeknya dapat bertambah panjang dengan bunyi lain yang mirip, tapi lebih bervariasi dari segi iramanya.
Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan bunyi masteran burung-burung berikut ini :
  • Cililin: Suara cililin yang nyaring dan tajam jikalau termaster lovebird dapat menjadikannya istimewa, sebab ngekek lovebird dapat menjadi lebih panjang dan lebih nyaring, sesuai dengan abjad bunyi cililin.
  • Kenari: Suara kenari yang mengalun dapat menjadi masteran yang baik untuk lovebird biar mempunyai irama lebih bervariasi.
  • Tengkek: Tengkek mempunyai abjad bunyi yang tajam dan rapat, sehingga cukup baik untuk masteran lovebird.
  • Cucak jenggot: Besetan khas cucak jenggot dapat menjadi alternatif masteran untuk menambah variasi bunyi lovebird, terutama untuk lovebird yang suka latah.
  • Belalang: Suara serangga ini cukup popular sebagai masteran, sebab karakternya yang rapat, tajam, sehingga dapat mempengaruhi gaya berkicau lovebird.
Adapun bunyi masteran lainnya dapat dimanfaatkan untuk menambah variasi bunyi lovebird, terutama jikalau sekadar jadi penyanyi rumahan. Misalnya, bunyi burung ciblek, prenjak betina, dan bunyi burung lain yang mempunyai bunyi khas.
Mungkin hingga sini dulu artikel mengenai cara memaster burung lovebird, silahkan baca bahasan menarik di artikel lainnya.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.
Tags:

Komentar dinonaktifkan: Cara Memaster Lovebird Semoga Ngekeknya Lebih Bervariasi

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Memaster Lovebird Semoga Ngekeknya Lebih Bervariasi

Cara Perawatan Burung Pleci Semoga Cepat Gacor Dan Ngalas

Cara Perawatan Burung Pleci Semoga Cepat Gacor Dan Ngalas

T 1 July 2009 F A admin

Pleci merupakan burung yang berciri khas pada bundar mata (kacamata) berwarna putih yang melingkar di sekeliling matanya. Unggas ini mempunyai bunyi gacor merdu yang sering disebut dengan istilah ngalas. Dengan bunyi kicau tersebut, membuahkan sebuah popularitas pleci yang terus meluap... Selengkapnya

Mengenal Jenis Burung Sirpu / Sirtu Si Hijau Nan Merdu

Mengenal Jenis Burung Sirpu / Sirtu Si Hijau Nan Merdu

T 12 June 2009 F A admin

Sirpu yang sering pula disebut Sirtu, Cipoh, Cipow, Cipeuw telah banyak dipelihara di Indonesia. Di kalangan penghobi burung kicau burung ini, sedikitnya selalu jadi pilihan untuk di pelihara dikarenakan bunyi burung sirpu sangat merdu.. stiririrrrrrr…puuuuuuh….. Sirpu ditetapkan sebagai anggota keluarga Aegithidae, dengan... Selengkapnya

Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan Dan Betina

T 23 April 2009 F A admin

Di pucuk pohon cempaka, burung kutilang berbunyi.. bersiul, siul sepanjang hari, dengan tak jemu jemu mengangguk angguk sambil berseru, trililii lilii lililii… Masih ingat lagu ini ? yah.. benar judul lagu tersebut yaitu burung kutilang. Cucak Kutilang atau Kutilang yaitu... Selengkapnya

+ SIDEBAR