Beranda » Uncategorized » Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia

Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia

T Diposting oleh pada 18 June 2009
F Kategori
b Comments Off on Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia
@ Dilihat 2 kali
Burung Branjangan (Mirafra javanica) di Indonesia mempunyai huruf bunyi dan warna batikan yang berbeda-beda berdasarkan tempat asalnya masing-masing, ada yang berkarakter bunyi monoton dan bervariasi, dan ada juga yang bersuara ngebas atau mengkristal serta melengking. Corak batikan dan warna pada burung branjangan juga berbeda-beda berdasarkan tempat asalnya, ada yang bercorak terang, gelap dan juga tegas. Burung ini mempunyai habitat orisinil di Australia dan di beberapa negara Asia Tenggara. Burung ini banyak ditemukan di negara-negara seperti: Papua Nugini,Vietnam, dan Australia. Disini akan kami bahas wacana asal permintaan jenis-jenis burung branjangan di Indonesia sekaligus ciri-ciri berdasarkan tempat asal burung branjangan tersebut.
 di Indonesia mempunyai huruf bunyi dan warna batikan yang berbeda Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia
Burung Branjangan

Burung Branjangan dari tempat Nusa Tenggara
Burung branjangan dari tempat Nusa Tenggara mempunyai postur badan yang kecil dan juga mempunyai corak batikan yang tidak beraturan, mempunyai tekstur warna yang cenderung lebih gelap atau hitam kecoklatan. Burung dari tempat Nusa Tenggara biasanya hanya ngeriwik saja sangat sulit untuk mengeluarkan bunyi kicauanya yang maximal(ngeplong). Tetapi tidak jarang juga burung branjangan dari Nusa Tenggara yang bersuara keras dan mengkristal. Tidak jarang branjangan Nusa Tenggara yang dirawat dengan sabar dan konsisten sanggup menjuarai pada event-event lomba di Indonesia khususnya dikelas branjangan.
Burung branjangan Nusa Tenggara masih sangat banyak ditemui dipasar burung yang dilabel dengan harga yang relatif lebih murah dari pada branjangan lokal Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera.
Burung Branjangan dari tempat Kalimantan dan Sumatera
Burung branjangan dari kedua pulau tersebut mempunyai postur badan yang lebih besar dibanding dengan burung branjangan dari Nusa Tenggara dan mempunyai tekstur warna yang sedikit lebih jelas coklat agak kekuningan. Burung branjangan dari kedua pulau tersebut mempunyai bunyi yang tidak mengecewakan keras dan berfariasi, untuk mengenali branjangan dari kedua pulau tersebut memang sedikit sangat sulit sebab berdasarkan dari tempat asalnya burung branjangan mempunyai ciri-ciri yang hampir sama yang membedakanya yakni postur badan dan teladan pada batikan badan burung branjangan serta tekstur warna yang berbeda.

Burung Branjangan dari tempat Bali
Burung dari tempat Bali sangat dicari dikalangan penghobi burung branjangan di Indonesia sebab burung dari tempat Bali mempunyai bunyi dan warna yang tidak kalah menarik dari burung branjangan lokal jawa dari segi postur badan burung branjangan Bali lebih besar dari pada burung branjangan yang berasal dari Nusa Tenggara,Kalimantan dan Sumatera. Harga burung branjangan dari pulau Bali dipasaran relatif sudah sangat mahal dari ratusan ribu untuk burung materi dan ombyokan sampai jutaan rupiah untuk burung yang sudah jadi atau gacor. Namun untuk mencari burung materi yang berasal dari tempat Bali kini sudah sangat sulit ditemui dipasaran dikarenakan burung branjangan memang sudah sangat langka ditemui dialam liar.

Burung Branjangan dari tempat Jawa Barat
Burung Branjangan yang berasal dari Jawa Barat, banyak yang berasal dari tempat Sapan. Burung yang berasal dari Sapan mempunyai bunyi yang cukup baik dengan kicauan yang nyaring dan melengking, jambulnya juga menjadi ciri khas burung ini. Branjangan dari tempat Sapan jikalau dilihat dari fisiknya tidak terlalu besar hanya seukuran 12-13 cm. berbeda jikalau dibandingkan dengan branjangan dari tempat Jawa Tengah yang sanggup mencapai ukuran badan 12-14 cm. Pola batik burung dari tempat Sapan cenderung berpola lebih gelap dengan corak batik yang berwarna hitam hampir serupa dengan branjangan yang berasal dari tempat NTB dan Sumbawa.
Burung Branjangan dari tempat Jawa Tengah
Di Jawa Tengah juga banyak ditemukan burung ini, terutama di provinsi D.I Yogyakarta. Berapa tempat yang banyak disebut-sebut yakni wilayah Wates, dan Kulon Progo.
Burung yang berasal dari Jawa Tengah juga banyak disukai oleh para peternak sebab Burung Branjangan Jawa Tengah mempunyai mental yang baik, body yang besar dan volume bunyi yang keras dan variasi bunyi yang beragam, gampang untuk diisi dengan aneka macam jenis masteran, mempunyai warna kemerahan atau kekuningan corak yang sedikit lebih jelas dibandingkan dengan Burung Branjangan Jawa barat.
Secara fisik, Burung dari Jawa Tengah tesebut berukuran sedikit lebih besar dibandingkan dengan Burung Branjangan Jawa Barat. Rata-rata ukuran burung dari Jawa Tengah sekitar 12 sampai 14 cm. Walau demikian, beberapa tempat menyerupai Kulon Progo atau Wates populer mempunyai Burung Branjangan yang teladan batiknya lebih indah dan lebih menarik.

Burung Branjangan dari tempat Jawa Timur
Branjangan Jawa Timur mempunyai ciri-ciri bulu yang terlihat lebih cerah di penggalan warna coklatnya. Kemudian penggalan gelapnya tidak terlalu gelap sehingga tampak lebih cerah dibandingkan dengan burung yang berasal dari Jawa Tengah maupun dari luar tempat menyerupai Bali dan Borneo.
Secara fisik, ukuran Burung Branjangan dari Jawa Timur menyerupai dengan Burung Branjangan dari Jawa Tengah.

 di Indonesia mempunyai huruf bunyi dan warna batikan yang berbeda Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia
Burung Branjangan
Untuk melestarikan burung-burung branjangan supaya tidak punah sebagian kicau mania menentukan untuk menangkarkannya disamping melestarikan kehidupan burung branjangan juga sanggup menjadi lahan bisnis yang menjanjikan mengingat harga burung branjangan yang semakin usang semakin mahal sebab semakin langka.
Dari semua jenis branjangan Indonesia, manakah favorit anda ? 
Kaprikornus itu ulasan mengenai beberapa jenis burung branjangan yang ada di Indonesia, biar bermanfaat.
Tetap jadikan wangsit Kicau Mania Indonesia.

Komentar dinonaktifkan: Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia

Solusi Burung Murai Watu Yang Macet Mabung Semoga Cepat Ambrol

Solusi Burung Murai Watu Yang Macet Mabung Semoga Cepat Ambrol

T 7 April 2009 F A admin

Mabung yaitu siklus wajib yang harus dilewati burung, alasannya yaitu mabung sendiri yaitu tolak ukur umur dari sebuah unggas. Bagaimana bila murai kerikil gagal merampungkan mabungnya? yang terjadi yaitu burung akan berhenti berbunyi, bulu tak menjadi karuan dan sanggup jadi... Selengkapnya

Perbedaan Warna Lovebird Biru Cobalt, Biru Mangsi, Violet Sf, Violet Df, Violet Ddf

Perbedaan Warna Lovebird Biru Cobalt, Biru Mangsi, Violet Sf, Violet Df, Violet Ddf

T 3 May 2009 F A admin

Perbedaan Warna Lovebird Biru Cobalt, Biru Mangsi, Violet SF, Violet DF, Violet DDF Burung Lovebird memang mempunyai bermacam-macam warna, apalagi para peternak selalu berlomba – lomba untuk mencetak varian warna baru. Untuk para pemula akan sedikit resah dengan varian warna... Selengkapnya

Cara Menentukan Dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Biar Gacor

Cara Menentukan Dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Biar Gacor

T 8 May 2009 F A admin

Penyebutan burung cucak jenggot bervariasi di tiap tempat di Indonesia, ada yang menyebut Empuloh Janggut, Cocak jenggot, Cocak rawon (Kudus), Jogjog janggot, Janggut, Jebres, Koreis (Sunda). Empuloh janggut yaitu sejenis burung cucak-cucakan yang termasuk dalam suku pycnonotidae. Burung ini mempunyai nama inggris... Selengkapnya

+ SIDEBAR