Beranda » Uncategorized » Cara Merawat Burung Sirpu / Sirtu Bakalan Biar Cepat Gacor Nyiul

Cara Merawat Burung Sirpu / Sirtu Bakalan Biar Cepat Gacor Nyiul

T Diposting oleh pada 11 June 2009
F Kategori
b Comments Off on Cara Merawat Burung Sirpu / Sirtu Bakalan Biar Cepat Gacor Nyiul
@ Dilihat 2 kali
Burung yang banyak nama Sirpu/Sirtu/Cipoh/Cipo/Cipoh kacat dengan warna hijau kekuningan (olive/zaitun) digemari untuk dipelihara sebab suaranya yang merdu. Sirpu merupakan burung pengicau dari keluarga Aegithinidae. Ada dua jenis cipo, yaitu cipoh kacat / common iora (Aegithina tiphia) dan cipoh jantung / green iora (Aegithina viridissima). Check Artikelnya Mengenal Sirpu DISINI
Burung Sirpu yang paling sering di dipelihara ialah cipoh kacat. Cipoh kacat ditemui di semak-semak, gampang ditemukan berdasarkan siulannya yang lantang dan warnanya yang terang. Selama masa perkawinan, burung jantan pamer dengan membuatkan bulu-bulunya dan berputar di udara sehingga tampak ibarat bola hijau, hitam, kuning dan putih.Dan ketika tidur juga bulunya akan mengembang dan melingkar terlihat ibarat bola hijau. Sebagian teman kicaumania lebih suka membeli burung yang masih muda, apalagi masih anakan, sebab lebih gampang dijinakkan sehingga sanggup cepat menyesuaikan diri dengan insan dan contoh perawatan yang diberikan majikannya. Selain itu, burung muda hutan (MH) juga lebih gampang dilatih makan voer, dan nantinya juga lebih gampang dalam pemasteran. Sebaliknya, proses penjinakan sirpu hasil tangkapan alam yang sudah cukup umur jauh lebih susah, sebab abjad dasar dari burung ini sudah terbentuk secara alami di habitatnya.
Cipoh kacat dengan warna hijau kekuningan  Cara Merawat Burung Sirpu / Sirtu Bakalan Agar Cepat Gacor Nyiul
Sirpu Kacat Gacor
Untuk perawatan harian dan proses melatih sirpu bakalan MH semoga mau makan voer sanggup dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

Minggu I

  • Burung diberi full kroto atau ulat sangkar (ulat balap), untuk menjaga kondisi burung tetap segar dan fit. Tindakan ini sekaligus untuk mengenalkan cepuk pakan dan air minum kepada burung tersebut.
  • Karena selama 7 hari berturut-turut menerima perlakuan yang sama, burung jadinya tahu bahwa kalau mau makan sanggup mengambilnya di cepuk pakan, kalau mau minum di wadah air minum.
  • Selama pembinaan ini, pastikan burung dalam kondisi fit dan sehat.
  • Selain itu, selama seminggu pertama, burung tidak perlu dijemur, dan usahakan jangan pindah-pindah gantangan.
Minggu II

  • Pada ahad kedua, kita mulai mengubah beberapa perlakuan. Cepuk pakan yang pada ahad I full kroto, pada ahad II mulai dikombinasi dengan voer.
  • Teknik pencampurannya sederhana saja. Masukkan voer (kalau sanggup voer halus) ke dalam cepuk pakan hingga 1/4 bagian. Setelah itu, taburkan kroto di atas voer (tidak perlu diaduk).
  • Ulat sangkar tetap disediakan.
  • Anda boleh mulai mengenalkan extra fooding lainnya, terutama jangkrik. Porsi tunjangan cukup 1 – 2 ekor saja.
  • Selama ahad II, burung boleh mulai dijemur, tetapi hanya sebentar saja.
Minggu III

  • Pada ahad III, porsi tunjangan voer dinaikkan dari porsi sebelumnya yang hanya 1/4 belahan dari cepuk pakan.
  • Taburkan kroto di atas voer, dengan porsi lebih sedikit daripada porsi kroto pada ahad sebelumnya. Setelah itu, kedua materi pakan diaduk secara merata.
  • Berikan multivitamin berkualitas ke dalam air minumnya. Kendala yang sering dialami kicaumania dalam memelihara bakalan MH ialah burung gampang stres, akhir proses pembiasaan yang belum sanggup diterimanya. Melalui asupan multimineral, kondi fit dan proses pembiasaan relatif lebih gampang dilakukan.
  • Lakukan seluruh rangkaian proses ini secara utuh, hingga kotoran (feces) burung berwarna hijau renta atau cokelat, itu membuktikan bahwa burung benar-benar makan voer.
  • Apabila burung sudah makan voor, maka tunjangan pakan sanggup dipisah, dan sanggup melaksanakan perawatan harian ibarat lazimnya burung kicauan lainnya, termasuk mandi, jemur, pemasteran, dan sebagainya.
  • Pemberian kroto setiap hari sanggup merangsang burung bakalan untuk mengeluarkan suaranya. Anda juga sanggup memancing sirpu untuk bersuara dengan mendengarkan mp3 bunyi burung sirpu.
  • Biasanya bila burung sirpu sudah mengeluarkan bunyi pamungkasnya, yaitu “siiiiiiir….puuu” atau “ciiiiiii….poow…“, maka burung nantinya akan bertambah gacor.  Sirpu bahwasanya burung yang gampang bunyi bila mendengar bunyi panggilan dari burung sejenis, ibarat kebiasannya di alam bebas.
Menurut Sahabat Kicau yang telah mengamati kebiasaan sirpu di alam liar, Sirpu tidak suka berjemur usang – lama, pungkasnya Sirpu lebih suka berada di balik dedaunan ketika matahari terbit, lebih cenderung ke halimun pagi (kabut pagi). Ketika ada sinar matahari pertama hanya mengepakkan sayapnya saja, kemudian sehabis -/+ 15 menit sirtu beralih lagi ke balik dedaunan sambil berciiii pooooww ria dan juga lompat ke ranting – ranting sembari mencari ulat. Beralih ke satu pohon ke pohon lain, sehabis -/+ 1 jam an, berhenti pada dahan yang nyaman dan bernyanyi ciiiii poooowww….
Ini berdasarkan analisa dan pengamatan Sahabat kicau, kurang lebihnya hanya Tuhan YME yang tahu.
Burung Sirpu sanggup menirukan bunyi burung lainnya, burung yang dianggap hanya untuk memaster burung lainnya ini ternyata juga kadang di master semoga nyiul nya bervariasi. Memaster sanggup memakai burung yang gacor atapun bunyi elektronik MP3, jenis bunyi burung yang cocok untuk sirpu yaitu kenari, ciblek, prenjak, gelatik batu, dan parkit. 

Tetap jadikan pandangan gres Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Cara Merawat Burung Sirpu / Sirtu Bakalan Biar Cepat Gacor Nyiul

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Merawat Burung Sirpu / Sirtu Bakalan Biar Cepat Gacor Nyiul

Pencemaran Udara Dan Permasalahanya

Pencemaran Udara Dan Permasalahanya

T 29 June 2009 F A admin

Lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan Indonesia berada di ambang kehancuran akhir eksploitasi yang berlebihan selama kurun waktu lebih dari tiga dekade. Rakyat semakin terpinggirkan dan termarjinalkan hak-haknya untuk hidup yang layak.  Selain itu, kelompok masyarakat yang paling rentan ialah akseptor... Selengkapnya

Pola Rawatan Yang Sempurna Untuk Burung Gereja Biar Cepat Nyecret Gacor

Pola Rawatan Yang Sempurna Untuk Burung Gereja Biar Cepat Nyecret Gacor

T 7 May 2009 F A admin

Burung andalan para kicau mania untuk memaster burung gacoan dikarenakan burung gereja mempunyai ocehan yang menyecret rapat panjang, dan bahkan yang sudah  mapan bakal gacor seharian tanpa mengenal waktu. Namun hal tersebut harus diimbangi dengan teladan rawatan yang tepat. Jika... Selengkapnya

Perawatan Burung Lovebird Ketika Ekspresi Dominan Hujan

Perawatan Burung Lovebird Ketika Ekspresi Dominan Hujan

T 2 May 2009 F A admin

Sebagian wilayah Indonesia ketika ini sudah memasuki isu terkini hujan. Inilah masa di mana burung peliharaan umumnya merasa kurang nyaman. Sebab sebagian besar burung kicauan yang kita pelihara yakni burung lokal, yang di alam liar pun terbiasa dengan iklim tropis... Selengkapnya

+ SIDEBAR