Beranda » Uncategorized » Tips Perawatan Burung Mozambik Semoga Cepat Gacor

Tips Perawatan Burung Mozambik Semoga Cepat Gacor

T Diposting oleh pada 8 June 2009
F Kategori
b Comments Off on Tips Perawatan Burung Mozambik Semoga Cepat Gacor
@ Dilihat 3 kali
Burung mozambik atau green singing finch / yellow fronted canary (Serinus mozambicus) merupakan salah satu spesies yang berkerabat erat dengan kenari. Burung mozambik merupakan burung endemik dari Afrika. di habitatnya burung ini hidup secara berkoloni dan bisa hidup hingga usia antara 15-20 tahun dengan lingkungan yang tandus. Burung ini mempunyai perawakan atau postur sama dengan burung kenari. Burung mozambik menjadi terkenal alasannya ialah mempunyai kicauan yang hampir menyerupai dengan blackthroat, dan bunyi ngerollnya yang kencang juga bisa di sejajarkan dengan keluarga kenari.
 Burung mozambik atau green singing finch  Tips Perawatan Burung Mozambik Agar Cepat Gacor
Burung Mozambik atau Green Singing Finch
Mozambik termasuk jenis burung yang aktif dan bisa menjadi sangat agresif, terutama terhadap jenis burung finch lainnya bila ditempatkan bersama dalam sangkar koloni / aviary yang terlalu sempit. Burung jantan mempunyai bunyi kicauan yang sangat baik, ngerol, dan penuh variasi, dengan irama yang sangat merdu.
Mengingat habitat aslinya di tempat beriklim panas, maka kita harus bisa mengadaptasikan hal ini dalam perawatan hariannya. Misalnya dengan memperlihatkan lampu full spektrum bila burung tersebut sering disimpan dalam ruangan atau secara rutin melaksanakan penjemuran.
Sebelum melangkah pada tahap perawatan pertama-tama kita harus sediakan sangkar untuk tempat tinggal burung mozambik yang idealnya berukuran 35×50cm,kerodong dengan ketebalan sedang dan segala kelengkapan penting lainnya. Perawatan burung mozambik saya rasa tidaklah sulit dan sama halnya menyerupai merawat burung kenari atau burung pemakan biji-bijian pada umumnya. Mozambik merupakan burung pemilih. Mereka kerap mengacak-acak cepuk pakannya untuk mencari biji-bijian favoritnya menyerupai milet dan niger seed. Karena itu, kalau mozambik Anda kerap mengacak-acak makanannya, berikan saja pakan adonan milet dan niger seed daripada memperlihatkan pakan kenari (canary seed).
Berikut Perawatannya :
  1. Keluarkan burung pada pagi hari untuk dijemur hingga siang harinya. Durasi penjemuran bervariasi, mulai dari 2,5 jam hingga 3 jam, tergantung kondisi cuaca dikala itu.
  2. Setelah dijemur, burung bisa dimandikan. Namun tidak semua mozambik mau mandi rutin. Karena itu, dukungan mandi biasanya dilakukan beberapa hari sekali.
  3. Berikan pakan bijian favoritnya, terutama milet dan niger seed.
  4. Berikan pakan EF berupa sayur dan buah terutama daun dandelion (randa tapak), krokot, serta buah-buahan menyerupai pecahan apel dan jeruk. Di usahakan sesudah simpulan penjemuran.hal ini bertujuan semoga buah dan sayur tidak layu bila terkena sinar matahari eksklusif dan bisa mengurangi multivitamin yang terkandung pada buah dan sayur tersebut.
  5. Gantungkan tulang sotong pada sangkarnya, berfungsi sebagai kuliner sumber kalsium.
  6. Pemberian multivitamin berupa cairan yang di campurkan ke air minum boleh kalian terapkan 2x dalam seminggu.usahakan ketika mau memperlihatkan multivitamin,air minum senantiasa kalian ganti dengan yang baru.
  7. Siang, burung mozambik dikerodong dan taruh di dalam ruangan yang berudara sejuk untuk di istirahatkan, tidak perluh dimaster dengan bunyi burung lain semoga burung mozambik bisa beristirahat dengan tenang.
  8. Sore buka kerodong dan kembali gantang di luar rumah.
  9. Gantang pada tempat yang terkena sinar matahari eksklusif di sore hari.pada waktu ini burung tidak usah kalian mandikan dengan cara di sepray atau di semprot, namun tetap sediakan cepuk yang agak besar biar burung mozambik bisa mandi sendiri bila beliau mau.
  10. Sore burung di kerodong dan taruh di dalam ruangan kembali untuk istirahat. Pada waktu ini burung mozambik bisa anda master dengan bunyi burung sesuai selera kalian.perdengarkan bunyi master dengan volume pelan atau tidak usah terlalu kencang hingga menjelang pagi hari tiba.
Lakukan perawatan secara rutin menyerupai yang sudah dijelaskan di atas semoga burung mozambik anda senantiasa gacor dan terhindar dari stres.


Tetap jadikan ilham Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Tips Perawatan Burung Mozambik Semoga Cepat Gacor

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tips Perawatan Burung Mozambik Semoga Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Camperling Atau Cucak Keling Semoga Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Camperling Atau Cucak Keling Semoga Cepat Gacor

T 29 April 2009 F A admin

Nama aslinya yaitu burung perling kumbang / asian glossy starling (Aplonis panayensis), namun para kicaumania di Indonesia lebih familiar dengan sebutan cucak keling. Burung dari keluarga jalak-jalakan ini mempunyai wilayah persebaran mulai dari wilayah timur India hingga Asia Tenggara. Cara... Selengkapnya

Tips Pemilihan Pleci Dalam Sangkar Ombyokan

Tips Pemilihan Pleci Dalam Sangkar Ombyokan

T 12 May 2009 F A admin

Bagi Pleci Mania, membeli burung Pleci dalam sangkar ombyokan yaitu hal yang paling mendebarkan dan membikin ketagihan. Tak jarang, pleci yang didapat dikandang ombyokan di bawa kerumah bertemu dengan pleci koloni dirumah akan ngalas – ngalas, hal ini lah yang... Selengkapnya

Ciri Perbedaan Burung Cililin Jantan Betina Muda Dan Dewasa

Ciri Perbedaan Burung Cililin Jantan Betina Muda Dan Dewasa

T 17 April 2009 F A admin

Para Kicau Mania di Indonesia menyebut bunyi burung cililin yakni burung master terbaik selain bunyi burung tengkek buto dan bunyi cerecetan burung gereja. Burung cililin atau crested jay merupakan anggota keluarga burung gagak, meskipun bentuknya tak menyerupai burung gagak pada... Selengkapnya

+ SIDEBAR