Beranda » Uncategorized » Perawatan Harian Burung Kepodang Biar Cepat Bunyi

Perawatan Harian Burung Kepodang Biar Cepat Bunyi

T Diposting oleh pada 7 June 2009
F Kategori
b Comments Off on Perawatan Harian Burung Kepodang Biar Cepat Bunyi
@ Dilihat 4 kali
Kepodang termasuk burung kicau yang cukup gampang untuk dikenali, burung ini biasanya berwarna kuning keemasan, jadi terlihat sangat indah dan menawan. Siapa saja yang mendengar bunyi kepodang, bisanya berasa menyerupai berada di tempat perdesaan yang nuansanya masih alami, berbeda dengan tempat perkotaan yang sudah hingar bingar bunyi kendaraan.
 Kepodang termasuk burung kicau yang cukup gampang untuk dikenali Perawatan Harian Burung Kepodang Agar Cepat Bunyi
Burung Kepodang
Kepodang termasuk burung dengan bunyi yang nyaring dan merdu, serta dengan suaranya yang juga melengking menyebabkan burung ini cukup banyak digemari oleh masyarakat pecinta burung kicau. Meski kepodang mempunyai bunyi yang bagus, namun terkadang burung ini malas untuk berbunyi. Tentu hal ini ada penyebabnya, sehingga menyebabkan sang pemilik berpikir lebih untuk menyebabkan kepodang menjadi rajin berkicau.
Penampilan kepodang yang hening ketika berada di dalam sangkar ternyata berbanding terbalik dari karakternya di alam liar. Kepodang dikenal sebagai burung yang sangat agresif, terutama ketika berhadapan dengan spesies burung lainnya. Tidak jarang kepodang terlihat mengusir, mengejar, bahkan melukai burung lainnya memakai paruhnya yang tebal. Diketahui pula, kepodang sering merusak sarang milik burung lain terutama kutilang, trucukan, dan perkutut untuk memakan telur atau anakan burung yang masih berada di sarangnya.
Nah, pertanyaannya: bagaimanakah cara merawat kepodang biar rajin berbunyi? berikut yaitu poin-poin penting perawatan kepodang biar bahagia berkicau:
  • Apabila kepodang gres dibeli, maka tempatkan di sangkar dengan lokasi yang hening dan sejuk.
  • Biarkan burung mengikuti keadaan terlebih dahulu beberapa hari dengan lokasi sekitar, mulai dari lingkungan luar, dalam sangkar (pakan, tangkringan, sangkar, minum, dll).
  • Beri kepodang pakan yang menyegarkan, yaitu buah-buahan segar yang manis, seperti: mangga, pepaya, dll.
  • Berikan pula pakan perhiasan seperti: jangkrik dan ulat bambu tiap pagi dan sore hari secara rutin dengan porsi 1-2 ekor.
  • Sekali-kali beri juga ulat hongkong dengan tujuan biar burung menjadi lebih jinak dari sebelumnya.
  • Ketika pagi hari, coba digantang di tiang khusus penggantangan.
  • Setiap pagi dan sore lakukan pemandian dan penjemuran seperlunya,  pagi maksimal jam 10, dan sore maksimal jam 5.
  • Sore hari letakkan burung di bawah pepohonan yang rindang dan diperdengarkan bunyi burug master.
  • Malam hari, kerodongi dan masukkan dalam rumah, dapat juga dimaster sampai pagi (disesuaikan kondisi, kalau sore sudah dimaster, maka tidak usah).
  • Tambahkan vitamin alami pendukung biar nutrisi terpenuhi.
Sekian beberapa tips-tips perawatan kepodang biar rajin bunyi, semoga bermanfaat buat teman yang membaca artikel ini.
Tags:

Komentar dinonaktifkan: Perawatan Harian Burung Kepodang Biar Cepat Bunyi

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Perawatan Harian Burung Kepodang Biar Cepat Bunyi

Mengenal Burung Nuri Kepala Hitam Dan Perawatannya

Mengenal Burung Nuri Kepala Hitam Dan Perawatannya

T 6 June 2009 F A admin

Perawatan nuri kepala hitam kian terkenal hingga dikala ini. Memang burung nuri merupakan jenis burung yang langka dikala ini. Meski begitu, ada oknum yang menjual burung anakan nuri kepala hitam ini. Maka harga nuri kepala hitam pun sangat mahal. Jenis... Selengkapnya

Tujuan Dan Cara Pemeliharaan Sapi Bali Di Masyarakat

Tujuan Dan Cara Pemeliharaan Sapi Bali Di Masyarakat

T 4 July 2009 F A admin

Sapi Bali Sapi bali merupakan ternak potong andalan di Indonesia dan merupakan plasma nutfah orisinil Indonesia yang harus dilestarikan biar tidak punah.  Dibalik bermacam-macam kelebihan yang dimiliki sapi bali ternyata sangat banyak hal yang mulai mengancam keberadaan populasi, kualitas genetik,... Selengkapnya

Cara Menentukan Bakalan Cucak Ijo Yang Prospek Juara Lomba

Cara Menentukan Bakalan Cucak Ijo Yang Prospek Juara Lomba

T 20 May 2009 F A admin

Cucak Hijau/Cucak Ijo si burung anggun dengan ciri khas berwarna hijau di sekujur bulunya ini menjadi primadona bagi para kicau mania alasannya yakni tidak hanya warna bulunya saja yang indah namun bunyi kicauannya pun juga sangat merdu. Jika anda sudah... Selengkapnya

+ SIDEBAR