Beranda » Uncategorized » Cara Jitu Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina

Cara Jitu Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina

T Diposting oleh pada 5 June 2009
F Kategori
b Comments Off on Cara Jitu Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina
@ Dilihat 4 kali
Parkit merupakan salah satu binatang rumahan favorit keluarga. Selain warna warni bulunya yang indah, burung yang termasuk dalam kategori paruh bengkok (parrot) ini juga cocok dipakai untuk sahabat anak-anak. Di Amerika khususnya, banyak orang yang memelihara parkit sebagai binatang rumahan alasannya yakni selain sanggup dijinakkan, burung ini juga cukup pintar. 
Perlu kita ketahui bahwa burung paruh bengkok atau jenis parrot, merupakan jenis burung yang pintar. Tidak heran bila banyak praktisi burung gemar menjinakkan parkit, burung beo, abang tua, cockatiel, love bird dan banyak sekali jenis burung paruh bengkok lain. Dan tidak banyak orang tahu bahwa pada dasarnya, burung parkit jantan jauh lebih mudah untuk dilatih dibandingkan dengan betinanya. Untuk itu, sebelum anda membeli parkit untuk dilatih, pastikan bahwa anda membawa pulang sang pejantan.
Perbedaan Parkit Jantan dan Betina
Pertanyaan yang sering muncul yakni wacana apa perbedaan parkit jantan dan betina. Burung merupakan jenis unggas yang tidak mempunyai ‘Joni’ yang nampak layaknya sapi atau kerbau. Oleh alasannya yakni itu, perlu analisis khusus cara membedakan parkit jantan dan parkit betina. Selengkapnya, mari kita lihat ciri-ciri parkit jantan.
 Parkit merupakan salah satu binatang rumahan favorit keluarga Cara Jitu Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina
Parkit Jantan Vs Betina
1.Lihat Cere (Lubang Hidung)
Ini merupakan cara paling mudah dan valid untuk mengetahui ciri-ciri parkit jantan. Parkit jantan mempunyai cere berwarna biru sedangkan untuk betina mempunyai cere berwarna putih. Itulah cara mudah mengetahui perbedaan parkit jantan dan betina. Namun sayangnya, hal ini sanggup dilakukan bila parkit tersebut telah berumur kurang lebih 1 tahun alasannya yakni semakin remaja maka warna cere akan semakin terlihat. Beda halnya bila parkit masih dalam kategori anakan atau bakalan.
Untuk membedakan parkit jantan dan parkit betina ketika masih muda, anda harus lebih jeli dalam melihat cere. Biasanya, parkit jantan yang masih muda mempunyai cere berwarna putih kemerah-merahan (pink). Ya, pigmen pada cere belum terbentuk tepat sehingga warna biru tersamar menjadi pink. 
Sayangnya, hal ini tidak diketahui banyak orang sehingga sering menganggap bahwa bila parkit mempunyai cere berwarna pink maka dianggap sebagai betina. Kenyataannya, parkit betina yang masih muda mempunyai cere berwarna putih gading atau bahkan kusam.

2.Lihat Tingkah Laku Parkit
Cara membedakan parkit jantan dan betina lainnya yakni dengan melihat gerak-gerik parkit dalam sangkar. Tentu ini sangat mudah dilakukan bila hanya ada beberapa parkit saja dalam sangkar, namun bila dalam sebuah sangkar koloni, anda akan kesulitan membedakan parkit jantan dan betina. 
Parkit jantan biasanya lebih lebih banyak didominasi dan pemarah bila ada parkit lain yang mendekatinya. Parkit jantan juga suka meloloh para betina. Ini juga merupakan salah satu indikasi untuk membedakan antara jantan dan betina. 
3.Mendengar Kicauannya
Metode lain untuk membedakan parkit jantan dan parkit betina yakni dengan mendengar kicauannya. Parkit jantan gemar berkicau meskipun diumurnya yang masih muda. Ini merupakan naluri seorang pejantan dimana bunyi kicauan tersebut akan dipakai untuk menarik betina ketika proses perjodohan. Tidak heran bila parkit jantan lebih gemar berkicau atau sekedar ngriwik.
 Parkit merupakan salah satu binatang rumahan favorit keluarga Cara Jitu Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina
Parkit Jantan Vs Betina
Itulah 3 cara membedakan parkit jantan dan betina yang mudah dilakukan. Tes darah pun sanggup menyimpulkan mana parkit jantan dan mana yang betina, hanya saja hal tersebut jamak dilakukan.
Dengan mengetahui perbedaan parkit jantan dan parkit betina, sekarang anda tahu jenis apa yang harus anda beli. Untuk menentukan dan membedakan umur parkit biar sanggup diternak klik DISINI

Tetap jadikan ilham Kicau Mania Indonesia.
Tags:

Komentar dinonaktifkan: Cara Jitu Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Jitu Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina

Perawatan Burung Lovebird Ketika Ekspresi Dominan Hujan

Perawatan Burung Lovebird Ketika Ekspresi Dominan Hujan

T 2 May 2009 F A admin

Sebagian wilayah Indonesia ketika ini sudah memasuki isu terkini hujan. Inilah masa di mana burung peliharaan umumnya merasa kurang nyaman. Sebab sebagian besar burung kicauan yang kita pelihara yakni burung lokal, yang di alam liar pun terbiasa dengan iklim tropis... Selengkapnya

Cara Sempurna Beternak/Breeding Burung Pleci

Cara Sempurna Beternak/Breeding Burung Pleci

T 10 May 2009 F A admin

Tahapan dalam Beternak/Breeding Pleci. Burung Pleci Satu Pasang Tahap Pertama Memilih dan mempersiapkan calon indukan.Sebelum menentukan calon indukan ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara jantan dan betina,selama ini patokan yg saya gunakan utk membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada... Selengkapnya

Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Dewasa/Trotol

Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Dewasa/Trotol

T 19 June 2009 F A admin

Cendet merupakan salah satu burung kicau yang mempunyai bunyi kicau yang indah dan bervariasai. Cendet sendiri dikenal dengan nama lain burung pentet atau toet ini bersifat teritorial dan cenderung galak. Maka tak jarang kalau kita hendak memegang cendet/pentet yang liar,... Selengkapnya

+ SIDEBAR