Beranda » Uncategorized » Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya

Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya

T Diposting oleh pada 4 June 2009
F Kategori
b Comments Off on Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya
@ Dilihat 3 kali
Beternak burung parkit penuh proses usaha dan sering kali percobaan hingga sanggup benar-benar mengerti cara ternak parkit yang benar. Proses yang dimulai semenjak pemilihan indukan burung parkit yang bagus untuk mendapat bayi parkit yang bagus juga. Karena tidak semua parkit  menjadi orang renta yang baik untuk anaknya, diantaranya beberapa indukan parkit tidak mau mengerami telur atau juga meloloh/menyuapi makanan bayinya. hmm
 Beternak burung parkit penuh proses usaha dan sering kali percobaan hingga sanggup ben Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya
Parkit Di Alam Liar
Proses perjodohan burung parakeet/parkit ialah hal yang tidak gampang alasannya ialah anda harus menentukan burung siapan parkit jantan dan betina yang harus cocok satu sama lain. Anda sanggup menjodohkan sendiri, atau membeli dari ternakan yang sanggup dipercaya.
Apa ciri burung parkit yang sudah siap untuk kawin? Kami akan merangkumnya dalam artikel singkat di bawah ini.
4 hal yang sanggup dijadikan contoh untuk memprediksi umur burung parkit. Istilah prediksi ini hanya berlaku bila Anda membeli parkit dari pasar burung, yang umumnya pedagang pun tidak pernah tahu umur yang sebenarnya. Berbeda bila Anda membelinya dari daerah penangkaran. Penangkar yang baik umumnya mempunyai recording atau catatan data apapun perihal ternak yang dijualnya.
  1. Acuan garis di kepala
  2. Acuan iris mata
  3. Acuan bintik hitam di dagu dan leher
  4. Acuan warna hidung atau cere
1.Garis di kepala

 Beternak burung parkit penuh proses usaha dan sering kali percobaan hingga sanggup ben Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya
GARIS DI KEPALA BISA MENJADI TENGARA USIA PARKIT
Pada beberapa jenis parkit, burung yang masih berusia di bawah 4 bulan mempunyai garis-garis di bulu bab depan kepala. Garis-garis ini berjajar hingga pangkal paruh, tepatnya di bersahabat cere atau lubang hidungnya.

Pada usia 5 bulan, garis-garis tersebut akan hilang alasannya ialah burung parkit akan mengalami proses rontok bulu (mabung) untuk kali pertama. Sebulan kemudian, atau usia 6 bulan ke atas, warna bulu bab depan kepala yang semula terdapat garis-garis berkembang menjadi lebih terang (garis-garis sudah hilang permanen).

Nah, dikala bulu di bab depan kepala sudah terlihat terang, inilah merupakan mengambarkan parkit siap untuk dikembangbiakkan.

Perlu diingat, pada beberapa jenis parkit lainnya, terkadang garis-garis bulu ini tidak kelihatan terang atau kurang jelas meski usianya masih muda.

2.Iris mata

 Beternak burung parkit penuh proses usaha dan sering kali percobaan hingga sanggup ben Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya
PARUBAHAN WARNA PADA IRIS MATA SESUAI DENGAN USIA PARKIT
Iris mata ialah bab menyerupai cincin yang mengelilingi bola mata, atau sanggup juga disebut cincin mata. Kita juga sanggup memprediksi umur parkit dari warna iris matanya. Hal ini penting untuk mengkonfimasi prediksi awal menurut garis di kepala. Pada jenis parkit tertentu yang dikala muda hanya mempunyai garis samar-samar, tengara iris mata menjadi sangat membantu dalam memprediksi umur.

Burung parkit yang masih muda, atau berusia kurang dari 4 bulan, mempunyai iris mata berwarna hitam, bahkan semuanya hitam.

Memasuki usia 4 – 6 bulan, warna iris menjadi abu-abu gelap. Kemudian pada usia 6 – 8 bulan berwarna abu-abu, hingga balasannya dikala sudah berusia 8 bulan atau lebih berwarna putih terang. Saat inilah burung parkit siap untuk dikembangbiakkan. 

Iris mata di atas tidak berlaku untuk parkit jenis tertentu yang secara genetik memang mempunyai iris mata merah, serta parkit hasil mutasi warna menyerupai albino, lutino, lacewing, dan fallow yang umumnya punya iris mata berwarna pink.

3.Bintik hitam di dagu dan leher

Parkit yang masih muda mempunyai bintik-bintik (spot) berwarna hitam dan tidak beraturan pada bulu di bab dagu dan lehernya. Bintik-bintik ini akan menyatu dan menjadi spot hitam yang besar sesudah burung berusia dewasa.

4.Warna hidung atau cere

 Beternak burung parkit penuh proses usaha dan sering kali percobaan hingga sanggup ben Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya
MEMPERKIRAKAN USIA PARKIT BERDASARKAN WARNA CERE / HIDUNG
Melihat hidung atau cere juga sanggup dijadikan tengara untuk memperkirakan usia burung parkit. Makin terang warnanya, makin muda usianya.

Membedakan parkit jantan dan betina

Setelah mengetahui beberapa contoh untuk memprediksi umur burung parkit, hal berikutnya yang tak kalah penting dalam konteks penangkaran ialah membedakan jenis kelamin burung elok tersebut.

Meski sudah pernah dijelaskan dalam artikel terdahulu,

tidak ada salahnya untuk dijelaskan kembali di sini bahwa jenis kelamin burung parkit antara lain sanggup dilihat pada bab pangkal paruh di mana kedua lubang hidung (nostril) atau cere berada. Pada burung jantan, warnanya biru renta mengkilat. Sedangkan pada burung betina berwarna keputihan atau cokelat muda.

 Beternak burung parkit penuh proses usaha dan sering kali percobaan hingga sanggup ben Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya
Parkit Jantan Vs Betina
Ketentuan ini berlaku untuk burung parkit dewasa, atau sudah berusia 6 bulan lebih. Pada burung muda, apalagi bila umurnya masih di bawah 4 bulan, warna bab pangkal paruh ini nyaris sama, putih atau cokelat muda. Tetapi bila dilihat secara cermat, maka pada burung muda jantan warnanya sedikit lebih kebiruan, yang akan makin terang seiring dengan pertambahan usia.

Burung parkit sudah sanggup diternakkan pada usia 6 bulan ke atas, diawali dengan proses penjodohan. Pada usia 7 bulan, burung sudah memasuki masa birahi. Saat itulah perlu ditingkatkan kualitas pakannya, terutama tauge, jagung muda, dan buah-buahan yang sanggup mendorong birahi mereka.

Trik untuk menjodohkan dan beternak parkit sanggup anda baca DISINI

Itulah ulasan mengenai mengetahui umur parkit melalui fisiknya.

Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tips Jitu Mengetahui Umur Parkit Dari Fisiknya

Perawatan Burung Pleci Kecial Lombok / Sumbawa Semoga Cepat Ngalas Gacor

Perawatan Burung Pleci Kecial Lombok / Sumbawa Semoga Cepat Ngalas Gacor

T 5 May 2009 F A admin

Burung Pleci Kecial lombok atau sumbawa dikenal dengan burung pleci yang besar, fisiknya menyerupai dengan pleci pada umumnya tetapi fisiknya lebih besar. Burung pleci lombok yang mempunyai nama latin Zosterops chloris maxi ini menjadi salah satu burung yang mempunyai nilai... Selengkapnya

Pencemaran Udara Dan Permasalahanya

Pencemaran Udara Dan Permasalahanya

T 29 June 2009 F A admin

Lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan Indonesia berada di ambang kehancuran akhir eksploitasi yang berlebihan selama kurun waktu lebih dari tiga dekade. Rakyat semakin terpinggirkan dan termarjinalkan hak-haknya untuk hidup yang layak.  Selain itu, kelompok masyarakat yang paling rentan ialah akseptor... Selengkapnya

Tips Pemilihan Pleci Dalam Sangkar Ombyokan

Tips Pemilihan Pleci Dalam Sangkar Ombyokan

T 12 May 2009 F A admin

Bagi Pleci Mania, membeli burung Pleci dalam sangkar ombyokan yaitu hal yang paling mendebarkan dan membikin ketagihan. Tak jarang, pleci yang didapat dikandang ombyokan di bawa kerumah bertemu dengan pleci koloni dirumah akan ngalas – ngalas, hal ini lah yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR