Beranda » Uncategorized » Cara Menjodohkan Dan Beternak Burung Parkit Untuk Pemula

Cara Menjodohkan Dan Beternak Burung Parkit Untuk Pemula

T Diposting oleh pada 3 June 2009
F Kategori
b Comments Off on Cara Menjodohkan Dan Beternak Burung Parkit Untuk Pemula
@ Dilihat 3 kali
Jika burung Parkit sudah benar-benar dalam kondisi breeding/siap kawin, (baca : Mengetahui Parkit siap kawin) maka proses penjodohan akan berjalan lebih mudah. Proses perjodohan burung parkit mungkin agak berbeda dengan jenis burung pada umumnya, terutama ketika Anda ingin menangkar beberapa pasangan parkit dalam satu sangkar koloni.
 maka proses penjodohan akan berjalan lebih gampang Cara Menjodohkan Dan Beternak Burung Parkit Untuk Pemula
Sepasang Jodohan Parkit
Setidaknya ada dua metode penjodohan parkit yang biasa dilakukan para penangkar, yaitu :
  1. Langsung menyatukan burung jantan dan burung betina dalam sangkar koloni. Cara inilah yang paling popular. Hasilnya bervariasi, tergantung kondisi breeding dari burung tersebut. Sebab ada burung yang sudah berminggu-minggu lamanya disatukan, namun tidak mau kawin juga, atau bertelur. Sebaliknya, ada burung yang dalam waktu 1 ahad sudah mendapat jodohnya, kawin, kemudian bertelur.
  2. Memasukkan burung jantan terlebih dulu ke dalam sangkar penangkaran selama 3 hari. Burung jantan dibiarkan mengikuti keadaan dengan sangkar dan gelodok (kotak kayu) yang disediakan. Pada hari ke-4, burung betina bisa dimasukkan ke sangkar penangkaran, untuk diperkenalkan dengan burung jantan. Burung jantan yang beberapa hari mengalami kesepian niscaya akan bahagia melihat kehadiran burung betina tersebut.
Silakan pilih metode mana yang paling gampang berdasarkan Anda, meski cenderung merekomendasikan cara yang kedua.

Mengenal sikap parkit dalam penangkaran

Penangkar, atau perawat yang ditunjuknya, perlu memahami beberapa sikap burung parkit selama berada dalam sangkar penangkaran. Hal ini semoga Anda tidak kaget, sekaligus bisa mengatasi persoalan di lapangan. Berikut ini beberapa sikap yang umum terjadi pada penangkaran burung parkit :

  • Burung yang mengabaikan pasangannya sendiri. Kasus ibarat ini biasanya terjadi pada pasangan parkit yang sama-sama masih muda, atau gres saja memasuki umur sampaumur kelamin.
  • Burung jantan aktif mengejar burung betina dan mencoba mengawininya. Namun si jantan akan menjadi sangat agresif, sehingga kerap menyakiti betinanya. Jika betinanya pemberani, beliau akan balas melawan. Hal ini biasanya terjadi ketika suasana di dalam sangkar tidak nyaman, atau burung jantan over birahi.
  • Burung betina memperlihatkan ketidaksukaannya kepada burung jantan, dengan selalu menyerang burung jantan yang mau mendekatinya. Burung betina yang terlalu berangasan ibarat ini juga sanggup membahayakan burung jantan. Biasanya terjadi pada burung betina yang umurnya lebih bau tanah daripada burung jantan.
Solusi yang bisa dilakukan diubahsuaikan dengan akar penyebabnya. Karena itu, disarankan menjodohkan burung yang sudah matang kelamin (minimal 9-12 bulan), umur burung jantan harus lebih tua. Jika Anda melihat sikap burung jantan atau burung betina yang berangasan dan saling melukai, sebaiknya pisahkan saja. Kalau memungkinkan, bisa diganti dengan pasangan lain yang sekiranya lebih cocok.

Ciri burung parkit yang sudah jodoh dan siap untuk kawin

Parkit yang sudah berjodoh akan menunjukan sikap yang berbeda daripada yang masih tahap penjodohan. Berikut ulasannya :


1.Parkit Jantan Mulai Menggoda Betina

Ciri burung parkit yang sudah jodoh diawali dengan rayuan janjkematian parkit jantan. Biasanya burung parkit jantan akan menarik hati parkit betina dengan siulan, cuitan dan lompatan-lompatan kecil di sekitar burung parkit betina. Ini yakni menandakan bahwa burung parkit jantan mulai menyukai betina dan hanya butuh waktu saja untuk burung parkit betina menyukai parkit jantan. 

Jika anda mencampur parkit dalam sangkar besar, alangkah lebih baik jikalau anda menyediakan glodog sesuai jumlah pasangan yang ada. Atau anda bisa segera memisahkan burung parkit jantan dan betina yang sering dirayunya ke sangkar khusus semoga cepat melaksanakan proses perkawinan. 

2.Burung Parkit Tidur Berdekatan 

Tanda burung parkit yang sudah jodoh akan tidur berdekatan di malam hari. Parkit jantan akan selalu menjaga parkit betina dikala ia tertidur. Jika anda sudah melihat bahwa ada ketertarikan antara kedua parkit, anda bisa melaksanakan inspeksi di malam hari dengan melihat kedua parkit tersebut. Jika parkit tidur secara berdekatan, maka bisa dikatakan bahwa parkit jantan dan betina sudah jodoh. 


3.Parkit Saling Meloloh dan Membersihkan Bulu

Seperti halnya insan yang mempunyai rasa tenggang rasa terhadap pasangannya, rasa sayang burung parkit yang sudah jodoh pun ditunjukkan dengan sikap romantis. Pejantan akan mencari masakan dan akan ‘menyuapi’ betina dengan cara meloloh. Namun sayangnya, tidak semua burung parkit melaksanakan hal romantis ini di masa awal perjodohan.

Ciri ciri lain bahwa parkit sudah jodoh yaitu kedua parkit akan saling membersihkan bulu satu sama lain. Biasanya parkit jantan atau betina akan membersihkan bulu pasangannya di sekitar kepala. Parkit yang saling membersihkan bulu atau meloloh masakan menandakan bahwa kedua burung tersebut sudah merasa nyaman satu sama lain. 

Proses perjodohan parkit biasanya berlangsung selama 2 ahad dan anda sanggup melihat apakah kedua burung parkit telah jodoh dan cocok satu sama lain. Untuk mempercepat proses perkawinan, anda bisa memisahkan sepasang parkit tersebut di sangkar khusus semoga dengan kondisi yang tenang. Siapkan glodog (kotak kayu) semoga parkit betina tahu bahwa ia sudah mempunyai daerah yang nyaman untuk bertelur.

Masa Perkawinan Parkit

Parkit akan melaksanakan ‘perkawinan’ beberapa kali sampai sang betina bertelur. Umumnya, parkit betina bisa menghasilkan 3 sampai 7 telur meskipun tidak bisa dipungkiri ada parkit yang bisa bertelur sampai 10 butir. Presentasi telur yang berhasil yakni 2:1 – tergantung umur parkit. Burung yang pertama bertelur biasanya gagal menjaga anaknya sampai sampaumur alasannya stress, sifat yang agresif, dan faktor eksternal lain. 

Parkit betina akan mengerami telur antara 20 sampai 25 hari. Pada masa itu, parkit jantan lebih berangasan dikala didekat dan selalu berada di pintu glodok. Pastikan anda menawarkan masakan yang cukup, bergizi dan bervariasi untuk menjaga asupan. Letakkan millet, sayuran, asinan ikan kering, dan kerikil atau watu bata kering. Suplai masakan dalam jumlah banyak sehingga anda tidak bolak balik menambah masakan dan mengganggu ketenangan parkit yang bertelur.

Jaga Kebersihan Kandang

Ini merupakan salah satu tahapan beternak parkit yang paling berat alasannya jikalau anda terlalu sering membersihkan kandang, maka parkit akan terganggu. Namun jikalau sangkar dibiarkan terlalu kotor, maka kesehatan anakan parkit akan terancam.

Oleh alasannya itu, pastikan bahwa kondisi sekitar sangkar tetap kering dan tidak lembap. Jaga pula minuman pada wadah alasannya biasanya ada cacing anakan nyamuk. Ganti air minum secara terencana dan bersihkan sangkar secara perlahan.

Itulah beberapa cara beternak parkit untuk pemula yang gampang untuk dilakukan. Anda bisa memakai cara tersebut untuk beternak parkit satuan atau koloni. Jika berencana melaksanakan ternak parkit secara koloni, pastikan anda menyediakan sangkar yang lebih besar dan glodok yang lebih banyak. Anda tinggal menunggu waktu saja untuk menikmati kerja keras selama ini.

Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Cara Menjodohkan Dan Beternak Burung Parkit Untuk Pemula

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Menjodohkan Dan Beternak Burung Parkit Untuk Pemula

Tips Menentukan Dan Merawat Burung Branjangan

Tips Menentukan Dan Merawat Burung Branjangan

T 17 June 2009 F A admin

Tips Memilih Burung Branjangan Kenali dahulu branjangan jenis apa yang akan anda pelihara, baca artikelnya DISINI. Tidak ada patokan khusus dalam menentukan branjangan. Ciri-ciri branjangan yang baik antara lain bentuk fisiknya atletis, ekor dan tubuh panjang, mata tajam mengatakan petarung,... Selengkapnya

Cara Sempurna Beternak/Breeding Burung Pleci

Cara Sempurna Beternak/Breeding Burung Pleci

T 10 May 2009 F A admin

Tahapan dalam Beternak/Breeding Pleci. Burung Pleci Satu Pasang Tahap Pertama Memilih dan mempersiapkan calon indukan.Sebelum menentukan calon indukan ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara jantan dan betina,selama ini patokan yg saya gunakan utk membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada... Selengkapnya

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina Dikala Masih Trotol

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina Dikala Masih Trotol

T 22 June 2009 F A admin

Burung Anis Merah yakni salah satu jenis burung kicau yang cukup terkenal di indera pendengaran kicau mania, khususnya di Indonesia. Anis Merah mempunyai nama lain menyerupai Anis atau punglor Merah juga disebut punglor Bata pemakan cacing. Nama ilmiah dari anis... Selengkapnya

+ SIDEBAR