Beranda » Uncategorized » Cara Menjinakkan Dan Merawat Musang Rase Untuk Binatang Peliharaan

Cara Menjinakkan Dan Merawat Musang Rase Untuk Binatang Peliharaan

T Diposting oleh pada 31 May 2009
F Kategori
b Comments Off on Cara Menjinakkan Dan Merawat Musang Rase Untuk Binatang Peliharaan
@ Dilihat 3 kali

Musang rase, (Viverricula malaccensis) yaitu sejenis karnivora kecil dalam suku Viverridae. Hewan ini menyebar luas di Asia Selatan dan Tenggara. Dikenal dalam bahasa Inggris sebagai small Indian civet, spesies ini yaitu satu-satunya anggota marga Viverricula. Musang rase tercatat menghuni hutan-hutan luruh daun dan hutan semi selalu-hijau, hutan luruh daun campuran, hutan bambu, hutan belukar, padang rumput, serta wilayah riparian. Musang rase bertubuh sedang, panjang kepala dan tubuh 540–630 mm, sedangkan ekornya 300–430 mm. Ekornya ini berbelang-belang dengan 6–9 cincin hitam dan putih, dengan ujung yang selalu berwarna putih. Kakinya relatif pendek, 85–100 mm dari ‘tumit’ hingga ujung jari. Berat tubuhnya antara 2–4 kg.

Kini masyarakat mengenal musang rase sebagai binatang yang lucu dan menggemaskan, sehingga beberapa di tangkarkan untuk dipelihara. Banyak sahabat sahabat yang merasa kesulitan ketika beliau mengadopsi rase, dan rase juga terkadang susah untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan dikarenakan beliau rentan mengalami kematian. Rase bahu-membahu sanggup kita pelihara sebagai pet yang baik dirumah, apabila kita bersabar dan telaten dalam merawatnya. Rase sanggup sangat menyenangkan sebagai pet, beliau memiliki abjad yang bakir dan sangat suka berinteraksi dengan ownernya dan lingkungan daerah beliau tinggal, berikut ini salah satu cara memelihara dan merawat rase dari baby hingga usia dewasa.

 yaitu sejenis karnivora kecil dalam suku Viverridae Cara Menjinakkan Dan Merawat Musang Rase Untuk Hewan Peliharaan
Musang Rase Di Alam Liar

Handling
Ketika hingga di rumah baru, reaksi rase berbeda-beda tiap individu. Jika umurnya masih di bawah 2 bulan niscaya sanggup eksklusif dihandle sebab masih jinak baby.

Rase diatas 2 bulan sudah sanggup defense, apalagi ditambah stress selama perjalanan. Ada yang cenderung takut, lebih menentukan kabur dan sembunyi. Rase penakut sanggup eksklusif dipegang dan digendong, tapi harus dipegang dengan benar supaya tidak kabur. Sangat tidak dianjurkan memegang ekor. Dengan rase penakut, kita hanya tinggal perbanyak interaksi. Pengalaman saya, bila si rase panic dikala digendong, masukkan ke dalam baju. Dia akan lebih hening di daerah gelap, sekalian pembiasaan dengan amis kita.

Ada juga yang menyerang. Untuk tipe ini sanggup dilakukan pendekatan dengan menaruh tangan kita di depan kandangnya, terus hingga tidak hissing lagi. Sesekali handfeed dari luar kandang, bila sudah berani sanggup handfeed dari dalam sangkar dan pelan-pelan coba pegang badannya.

Kalau rase tidak hening di dalam kandang, ingin keluar,biarkan beliau keluar. Tapi harus di dalam ruangan tertutup supaya tidak kabur terlalu jauh. Biasanya rase akan mengeksplor wilayah sekitarnya, mengendus barang-barang, dan menandai daerah dengan menggesekkan bokong ke tembok, pintu, dll. Saat itu rase mengeluarkan cairan berbau khas bandot dari kelenjar bersahabat anusnya. Selama rase menjelajahi ruangan, jangan buat gerakan tiba-tiba dan jangan panic kalau beliau mengendus tubuh kita. Bisa pancing dengan kuliner supaya beliau mendekat. Ketika mau memasukkan lagi ke kandang, ambil pelan-pelan dan usahakan tidak menarik ekornya. Menjinakkan rase butuh kesabaran.

Dalam handling rase baru, jangan lupa ajak beliau main. Rase bahagia mengejar tali dan kain yang digerak-gerakkan. Ketika rase sudah lebih percaya pada kita, beliau akan mulai mengejar kaki dikala berjalan. Cara bermain rase terbilang lebih garang dibandingkan musang lain,  nikmati saja setiap tabrakan taringnya di tangan kita.

Makanan
0-1 : full susu. Susunya bubuk vanilla, disepet pakai dot kecil untuk hewan, atau suntikan yg jarumnya diganti pentil ban sepeda dan dilubangi. Pemberian susu yang baik setiap 4 jam sekali secukupnya. Pada umur 0-2 ahad belum ada pup dan pee sama sekali, umur 2 mingguan gres mulai pee.

1,5-2: kuliner halus (ati ayam, telur, cat food, dog food, dihaluskan) campurkan sedikit ke susunya, secara sedikit demi sedikit ditambah takarannya. Umur 2 bulan mulai sanggup makan sendiri.

2,5-3: Perkenalan kuliner bertekstur, untuk melatih rahang dan gigi (ceker, kepala ayam, telur, ati. Dipotong kecil-kecil supaya gampang dikunyah. Bisa dicampur nasi). Untuk snack atau cemilannya buah (pisang, papaya, kurma, dll) dan serangga (jangkrik, cacing, capung, ulat hongkong, dll).

Kebanyakan orang mengadopsi rase yang berusia 2-3 bulan sebab termasuk gampang untuk menjinakkannya dan tidak terlalu repot perawatannya. Namun sayang banyak seller yang sembarangan memberi makan rase hanya dengan buah-buahan, sehingga si rase tidak suka kuliner yang mengandung unsure hewani. Padahal ini yaitu masa pertumbuhan, rase butuh gizi yang banyak. Jika diteruskan memberi makan rase hanya dengan buah, pertumbuhannya akan terhambat bahkan sanggup mati.

Salah satu cara menciptakan rase mau makan daging yang saya sanggup dari Om Ray Animale yaitu dengan metode puasa. Jangan kasih makan sama sekali selama seharian, cukup sediakan minum. Setelah sehari, gres kasih makan sesuai yang seharusnya. Teorinya yaitu sebab lapar, si rase akan makan apa saja yang disediakan.

4-dewasa: Semua kepingan ayam-termasuk telurnya, cat food/dog food basah/kering, ikan. Bisa campur nasi. Sesekali boleh diberi kuliner hidup (tikus putih, burung, anak ayam, bebek, dll).

Memberi kuliner hidup tidak akan menciptakan mereka jadi galak. jinak/galaknya binatang tergantung perlakuan kita terhadap mereka, apalagi bila sudah dipelihara dari kecil. Jadi, jangan takut untuk mencobanya. Sekalian melatih rase nangkap tikus di rumah. Juga kalau suatu hari ingin merilisnya ke alam liar, si rase sanggup bertahan hidup 🙂

Selalu sediakan air higienis untuk minum.

Perilaku
Musang rase aktif pada pagi dan malam hari. Mereka binatang yang energik dan lincah, jadinya disarankan lebih diperbanyak waktu free room supaya si rase sanggup bermain dan berlarian dengan bebas dan mengurangi stress di dalam kandang. Setelah lelah bermain biasanya rase mencari daerah tidur yang gelap dan tersembunyi, kita sebagai owner harus teliti mencarinya. Hati-hati juga dikala free room di malam hari, mereka sering ingin ngelayap ke luar rumah. Jangan hingga lepas dari pengawasan. Dan sebaiknya dipakaikan kalung sebagai pengenal supaya bila sudah terlanjur keluar, orang akan tahu bahwa itu rase piaraan. Menurut pengalaman saya, rase akan kembali ke rumah sekitar jam subuh.

Sedangkan di siang hari, rase pemalu dan bahagia menyusup ke tempat-tempat sempit dan gelap sebab mereka merasa nyaman di sana. Hal ini menjadi semacam kekurangan dibandingkan musang-musang lainnya, sebab rase tidak nyaman dan takut berada di keramaian sehingga agak sulit diajak gathering. Bisa dilatih untuk terbiasa, asal dilakukan semenjak kecil dan secara rutin, kalau perlu setiap hari. Ajak beliau jalan-jalan ke luar rumah. Dalam hal buang air, rase menyerupai kucing, akan kembali ke daerah yang sama. Makara ketika sedang free room, sediakan wadah untuk pup dan pee nya.

Secara alaminya rase sanggup berenang, namun tetap harus diajari untuk suka air. Mandikan rase secukupnya. Rase bahagia berjemur di bawah matahari pagi, mungkin untuk menghangatkan tubuh. Rase suka berjemur dengan sendirinya selama kurang lebih 10 menit.

Kalau rase mendadak lemas dan tidak mau makan, segera lakukan kontribusi pertama di rumah. Yang umum yaitu menawarkan madu atau norit yang digerus dan diseduh dengan air kelapa. Jika dalam 1 hari 1 malam belum ada perubahan, bawalah ke dokter hewan.

Banyak komunitas grup pecinta musang di facebook, anda sanggup bergabung bertanya – tanya soal musang pada anggotanya.
Semoga Bermanfaat

Tetap jadikan ilham Media Hobby Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Cara Menjinakkan Dan Merawat Musang Rase Untuk Binatang Peliharaan

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Menjinakkan Dan Merawat Musang Rase Untuk Binatang Peliharaan

Metode Gres Penentuan Jenis Kelamin Burung Cucak Rowo Memakai Bulu

Metode Gres Penentuan Jenis Kelamin Burung Cucak Rowo Memakai Bulu

T 25 May 2009 F A admin

Cucak Rowo si burung mewah, burung Kicauan yg mempunyai harga yg sangat tinggi sekali dan sanggup dikatakan Burung Kicauan berkelas yg sanggup memperlihatkan kesan glamor kepada yg memilikinya. Burung Cucak Rowo sendiri mempunyai nama ilmiah Pycnonotus Zeylanicus yg dlm Bahasa... Selengkapnya

Tips Perawatan Burung Mozambik Semoga Cepat Gacor

Tips Perawatan Burung Mozambik Semoga Cepat Gacor

T 8 June 2009 F A admin

Burung mozambik atau green singing finch / yellow fronted canary (Serinus mozambicus) merupakan salah satu spesies yang berkerabat erat dengan kenari. Burung mozambik merupakan burung endemik dari Afrika. di habitatnya burung ini hidup secara berkoloni dan bisa hidup hingga usia... Selengkapnya

Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?

Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?

T 3 July 2009 F A admin

Sobat terutama Kicau Mania atau Cucak Jenggot Mania tentunya sudah lebih faham daripada aku perihal burung berjenggot semenjak lahir ini. Burung yang pada mulanya tidak berharga, kemudian banyak dipelihara sebagai burung rumahan. Setelah dipelihara usang dan gacor, burung ini berperan... Selengkapnya

+ SIDEBAR