Beranda » Uncategorized » Cucak Rowo Jantan Atau Betina Yang Manis Dan Paling Dicari ?

Cucak Rowo Jantan Atau Betina Yang Manis Dan Paling Dicari ?

T Diposting oleh pada 26 May 2009
F Kategori
b Comments Off on Cucak Rowo Jantan Atau Betina Yang Manis Dan Paling Dicari ?
@ Dilihat 2 kali
“Manuke manuke cucak rowo, Cucak rowo dowo buntute, Buntute sing akeh wulune, Yen digoyang ser-ser aduh enake” masih ingat lirik lagu berjudul Cucak Rowo tersebut ? hehe karangan sang maestro didi kempot. Burung yang jadi maskot lagu tersebut pun niscaya anda sudah tidak abnormal lagi, burung dengan bunyi khas ngeropel dan engkel yang keras.
Meskipun sudah jarang dilombakan ibarat dulu lagi, akan tetapi pengicau yang tergolong pada kelompok burung merbah ini, ternyata masih banyak diminati. Burung yang berasal dari tempat Papua, Sumatera, Kalimantan dan Aceh yaitu yang dikala ini banyak diidamkan. Suara cucak rowo ropel dan engkel atau nglagu yang cukup merdu, menjadi lantaran utama mengapa jumlah peminatnya terus bertahan hingga sekarang. Namun, berdasarkan sebuah artikel yang bersumber dari situs omkicau.com, disitu dijelaskan bahwa antara jantan dan betina dari burung bernama Straw-headed Bulbul (nama dalam bahasa Inggris) ini, keduanya memiliki ciri khas yang berbeda. 
Cucak rowo termasuk burung monomorfik di mana tidak ada perbedaan ciri fisik yang terlihat dari luar yang membedakan antara burung jantan dan burung betina.
 masih ingat lirik lagu berjudul Cucak Rowo tersebut  Cucak Rowo Jantan Atau Betina Yang Bagus Dan Paling Dicari ?
Burung Cucak Rowo Gacor Di Alam Liar
Cucak rowo jantan atau betina yang paling disukai untuk lomba ?
Disini akan di bahas melalui pengelaman kicau mania ihwal burung cucak rowo.
Cucak Rowo Jantan dan Betina jikalau sudah remaja nanti sama – sama dapat dan mau berbunyi dan yang utama Cucak Rowo yang akan dibeli haruslah masih piyik sehingga perlu di mastering yang baik biar nantinya dapat bersuara ropel ibarat mastering dan tidak bocor (menirukan bunyi burung lainnya).

Pilihan Jantan atau Betina ?
  1. Cucak Rowo Jantan memiliki variasi bunyi yang elok cuma kalao ketemu Cucak Rowo Betina akan berbunyi masang tetapi jikalau diketemukan/ gantang dgn Cucak Rowo Jantan lainnya jikalau punya kita kalah mental maka tidak mau berbunyi .
  2. Cucak Rowo Betina jikalau diketemukan dgn Cucak Rowo Jantan akan tetap berbunyi dan cenderung masang tetapi bila diketemukan Cucak Rowo Betina lainnya masih juga mau ngotot berbunyi. Nahh… disini kelebihan Cucak Rowo Betina. Sebagai pendamping nanti kalo sdh remaja lebih elok dgn Trucu’an yang ropel atau Black Throat yang berirama nggulung.

Note : Sebaikknya Trucu’an didampingkan Cucak Rowo bila Cucak Rowo sudah remaja biar tidak ngikut ngeroll nya Trucu’an.
Apa benar Cucak Rowo Betina peluang untuk menjadi Ropel lebih besar dibanding jantan?
Cucak Rowo betina lebih rajin dan mentalnya lebih elok daripada si jantan tetapi tidak semuanya begitu juga…. 
Sebagai rujukan : Beliau punya 2(dua) ekor Cucak Rowo khusus untuk lomba, satu ekor Betina ( Duta GRD nama sebelumnya Hantu Mata-Mata ) yang pd tgl 24/Jul/2011 juara I di Kapolda Cup 3 di Banjarmasin. Cucak Rowo Duta GRD ini super rajin, bunyi kristal rapet dan panjang nggulung nggulung dan sobat – temannya bilang itu Ropel, tetapi berdasarkan indera pendengaran dia itu hanya bunyi engkel nglagu saja. 
Seekor lagi Cucak Rowo jantan ini suaranya lebih gila lagi, super rapet tapi tidak lezat didengarkan ini berdasarkan indera pendengaran dia lantaran suaranya mbulet kusut. (Nurut si empunya di Tarakan, Cucak Rowo ini sudah malang melintang di tempat Tarakan, Berau dan Malinau langganan koncer “A” lantaran mau keluar ropel kalo di lomba) Kemarin tidak dibawa ke Banjarmasin lantaran kalo keluar bunyi ropel panjang ada batuk cekreh-cekreh. Cucak Rowo jantan ini kalo digantang dan disamping pas Cucak Rowo Jantan maka si doi akan tempur habis habisan tetapi kalo disamping Cucak Rowo Betina maka bunyinya ngepyak (suara masang dengan betina sebelah) nggak mau keluar lagu panjangnya. 
Jadi…. untuk lomba dia lebih cenderung yang Cucak rowo betina dan untuk klangenan dirumah yang Cucak rowo jantan akan lebih sipppp. 
Antara Cucak Rowo betina dan jantan kans untuk bunyi elok / ropel dia kira sama saja tergantung Masteringnya. 
Pilihan terletak ditangan anda !
Tetap jadikan wangsit Kicau Mania Indonesia.

Komentar dinonaktifkan: Cucak Rowo Jantan Atau Betina Yang Manis Dan Paling Dicari ?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cucak Rowo Jantan Atau Betina Yang Manis Dan Paling Dicari ?

Problem Dan Cara Mengatasi Cendet / Pentet Remaja Yang Miyik – Mbayi

Problem Dan Cara Mengatasi Cendet / Pentet Remaja Yang Miyik – Mbayi

T 3 April 2009 F A admin

Banyak Cendet Mania yang mengalami bingung lantaran burung gacoannya yakni burung Cendet yang bertingkah miyik/manja, adapun rangkaian sifat manja burung cendet itu  bermacam-macam, mulai merunduk, mbalon atau ngembangin bulu, paruh di  cocolkan ke ornamen sangkar, turun ke dasar kandang dan... Selengkapnya

Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akhir Over Birahi

Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akhir Over Birahi

T 25 April 2009 F A admin

Over birahi sanggup digambarkan atau ditunjukan dengan meningkatnya pemikiran peredaran darah serta suhu badan yang meningkat terutama pada bab reproduksi yang disebut birahi berlebihan. Pada siklus normalnya, birahi tumbuh dengan sendirinya secara alami, namun ada juga cara untuk memanipulasi birahi. ... Selengkapnya

Mengenal Jenis Burung Sirpu / Sirtu Si Hijau Nan Merdu

Mengenal Jenis Burung Sirpu / Sirtu Si Hijau Nan Merdu

T 12 June 2009 F A admin

Sirpu yang sering pula disebut Sirtu, Cipoh, Cipow, Cipeuw telah banyak dipelihara di Indonesia. Di kalangan penghobi burung kicau burung ini, sedikitnya selalu jadi pilihan untuk di pelihara dikarenakan bunyi burung sirpu sangat merdu.. stiririrrrrrr…puuuuuuh….. Sirpu ditetapkan sebagai anggota keluarga Aegithidae, dengan... Selengkapnya

+ SIDEBAR