Beranda » Uncategorized » Cara Pemasteran Yang Efektif Untuk Burung Pleci

Cara Pemasteran Yang Efektif Untuk Burung Pleci

T Diposting oleh pada 14 May 2009
F Kategori
b Comments Off on Cara Pemasteran Yang Efektif Untuk Burung Pleci
@ Dilihat 5 kali
Burung Pleci dikenal juga sebagai burung peniru suara, oleh alasannya yaitu itu biar burung pleci kita bisa menirukan suara-suara yang kita inginkan, Pleci haruslah dilakukan pemasteran.
Yang dimaksud dengan pemasteran yaitu menciptakan seekor burung pleci sanggup menirukan suara- bunyi yang didengarkannya bisa melalui bunyi burung orisinil atapun melalui perangkat elektronik/mp3. Seekor burung Pleci berkicau dengan kualitas yang cantik akan bisa menirukan lagu2 burung lainnya dengan irama dan ritme yang terang dan tegas. (Baca juga: Birahi Pada Pleci Dan Mengenal Hubungannya Dengan Penampilan Di Perlombaan)
Bagaimana sanggup membentuk kualitas peniruan/pemasteran yang baik? ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelumnya yaitu :
  1. Tempat pemasteran
  2. Waktu pemasteran
  3. Jenis lagu burung yang ingin dimasukkan sebagai lagu masteran
  4. Usia burung dan kondisi burung
  5. Alat atau jenis burung yang dijadikan sebagai master
 Burung Pleci dikenal juga sebagai burung peniru bunyi Cara Pemasteran Yang Efektif Untuk Burung Pleci
Pleci Dakun Jatim
Berikut Ulasannya : 
  1. Tempat pemasteran. Beberapa teman tidak terlalu memperdulikan dimana kawasan yang baik untuk pemasteran,kebanyakan hanya berfikir bahwa memaster bisa dilakukan dimana saja dengan situasi yang bagaimanapun,namun perlu kita ketahui bahwa pemasteran yang baik memerlukan kawasan yang damai dan jauh dari bunyi – bunyi lain yang sanggup menggangu proses peniruan dari seekor burung terhadap masternya,dengan kata lain,seekor burung yang sedang di master perlu mempunyai kawasan yang nyaman dengan kondisi yang nyaman pula untuk mendengarkan dan menirukan bunyi – suara yang di dengarkan secara fokus dan kontinue. kawasan atau ruangan yang tidak terlalu pengap dan panas serta terisolasi dari suara- suara lain yang sanggup menggangu proses pemasteran akan menciptakan seekor burung sanggup lebih cepat mendapatkan dan mempelajari lagu – lagu yang di dengarkannya. (Baca juga : Bagaimana Tahapan Menampilkan Pleci Agar Juara Kontes)
  2. Waktu pemasteran. Banyak yang mengasumsikan bahwa proses pemasteran sebaiknya dilakukan pada waktu hanya malam hari saja dikala burung sedang dalam kondisi beristirahat,namun perlu diketahui,bahwa waktu yang paling sempurna untuk memaster justru yaitu pagi sekali dikala si burung mulai bangun. Suara – suara yang didengarnya dikala pagi hari akan sangat cepat di adopsi oleh seekor burung berkicau, yang dimaksud dengan pagi sekali yaitu dimulai pukul 4 pagi hingga dengan pukul 6 pagi, cara yang paling efektif apabila memakai alat semacam MP3 atau alat elektronik lainnya yaitu menyetelnya pada waktu tersebut secara otomatis. Selain waktu tersebut,siang hari dikala si burung beristirahat yaitu juga merupakan waktu yang sempurna untuk memaster,untuk malam hari,sebaiknya waktu pemasteran tidak dilakukan sepanjang malam, cukup dimulai dari jam 6 malam hingga dengan pukul 8 malam, selanjutnya biarkan si burung beristirahat dan mendengarkan bunyi masterannya di waktu pagi harinya. (Baca juga : Tips Menaikkan Mental Tempur Pleci Muda Untuk Ditampilkan Di Arena Kontes)
  3. Jenis lagu master. Jangan terlalu berharap bahwa seekor burung sanggup mendapatkan dan menirukan lagu -lagu yang didengarkannya secara sekaligus dengan banyak sekali jenis lagu, perlu kita ketahui bahwa proses peniruan tersebut juga memerlukan intensitas dan pemfokusan tertentu untuk masing jenis lagu, ada lagu yang beritme sulit dan ada pula lagu yang gampang untuk ditirukan oleh seekor burung berkicau, yang perlu kita lakukan yaitu menentukan lagu mana yang akan kita master, pemilihan tersebut sanggup diadaptasi dengan lagu yang sudah ada sebelumnya di kicauan burung yang akan kita master atau dengan lagu yang berdasarkan kita akan cantik apabila sanggup di tirukan oleh seekor burung. Untuk itu, dalam hal memaster memakai MP3 jangan menciptakan banyak lagu sekaligus untuk si burung,cukup 1 atau 2 jenis lagu yang berdasarkan kita sudah ada sebelumnya di burung tadi biar sanggup dilagukan lebih panjang,lebih terang dan lebih sering dikeluarkan. nanti, sehabis lagu – lagu tersebut sudah sanggup ditirukan dengan terang dan tegas,tambahkan dengan lagu lainnya,tapi jangan menghilangkan lagu yang sudah bisa ia tirukan,dengan kata lain,mulailah dengan 1-2 lagu, kemudian ditambahkan dengan 1-2 lagu lainnya sehabis si burung sanggup menirukannya dengan terang dan tegas. Demikian seterusnya,jangan pula berharap dengan measter dengan banyak jenis lagu,karena itu ,malah menciptakan si burung menirukan bunyi – suara tersebut hanya pendek – pendek saja, menyerupai kaset, jikalau terlalu banyak isinya maka bunyi nya pun akan pendek – pendek terdengar, akan lebih baik apabila lagu burung tadi secukupnya saja, tapi begitu dikeluarkan akan menjadi suara-suara andalan yang bisa menciptakan si burung menjadi jawara atas lawannya di kontes. 
  4. Usia Burung dan kondisi burung. Memaster burung akan sangat baik apabila dimulai dari usia yang masih muda belia, sebagaimana dalam memaster kenari, misalnya,maka sebaiknya dimulai dari umur yang sangat belia (2 minggu) dikala si burung malah belum ngeriwik sama sekali, akan tetapi untuk burung yang sudah pintar balig cukup akal apalagi tangkapan dari alam yang sudah mempunyai bunyi kicauan yang sudah bisa di lagukannya, maka kita perlu perhatikan lagu apa yang sudah bisa dilagukan dan lagu apa yang cantik menjadi tonjolan atau andalan dan lagu apa yang buruk teredengar, kondisi yang paling sempurna dan cepat untuk burung pintar balig cukup akal dalam menirukan bunyi masterannya yaitu dikala burung dalam keadaan nyulam/mabung/moulting, hal ini alasannya yaitu si burung mengalami siklus peningkatan metabolisme untuk menumbuhkan bulu gres dan lebih banyak berdiam diri (tidak terlalu aktif), sehingga akan lebih gampang mendapatkan dan menirukan bunyi yang didengarkannya, dengan melihat penempatan pemasteran dan waktu pemasteran mirip diatas, maka akan sanggup dipastikan bahwa simpulan siklus moultingnya, si burung akan sanggup membawakan lagu yang di dengarkannya selama masa moulting tersebut.
  5. Alat atau burung yang dijadikan sebagai master. Kita sanggup memakai alat elektronik mirip Mp3 atau pun dengan burung hidup lainnya, MP3 mempunyai kelebihan seperti, tidak repot untuk merawat burung orisinil dan gampang untuk mengganti jenis bunyi yang akan di jadikan sebagai master, namun alat elektronik mirip MP3 memerlukan speaker yang cantik akan bunyi yang dihasilkannya bisa sama persis dengan lagu dari burung aslinya, kebanyakan pemain murai watu misalnya, lebih percaya bahwa kualitas yang dihasilkan dari pemasteran dengan alat elektronik tidak akan sebagus apabila dimaster dengan burung aslinya, namun tentunya itu kembali kepada kemampuan dan ketersediaan faktor di kawasan pemilik burung. Yang perlu diperhatikan yaitu apabila ingin memaster dengan burung asli, tidak perlu memelihara banyak jenis burung,cukup membeli burung master yang telah memilki banyak lagu sanggup dibawakan, kolibri, lovebird isian, kenari isian atau gelatik isian bahkan pleci isian yang punya lagu cantik akan sangat baik dijadikan sebagai burung master, jadi carilah burung master yang mempunyai banyak lagu, sehingga anda tidak perlu memelihara banyak jenis burung yang tentunya akan merepotkan dalam hal pemeliharaannya. (Baca juga: Tips Pemilihan Pleci Dalam Kandang Ombyokan)
Demikian sedikit dari pengalaman dan wawasan yang sanggup tuliskan dalam cara pemasteran pleci ini, semoga sanggup bermanfaat untuk teman semua.

Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.
Tags:

Komentar dinonaktifkan: Cara Pemasteran Yang Efektif Untuk Burung Pleci

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Pemasteran Yang Efektif Untuk Burung Pleci

Ciri – Ciri Musang Sedang Mengalami Tanda-Tanda Sakit

Ciri – Ciri Musang Sedang Mengalami Tanda-Tanda Sakit

T 30 May 2009 F A admin

Ciri – Ciri Tingkah Laku Musang Yang Sakit : 1. Nafsu makan Hewan yang sehat nafsu makannya baik. Hewan sakit nafsu makannya berkurang atau bahkan hilang sama sekali. 2. Cara bernafas Hewan sehat nafasnya teratur, bergantian antara gerakan dada dan... Selengkapnya

Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Dewasa/Trotol

Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Dewasa/Trotol

T 19 June 2009 F A admin

Cendet merupakan salah satu burung kicau yang mempunyai bunyi kicau yang indah dan bervariasai. Cendet sendiri dikenal dengan nama lain burung pentet atau toet ini bersifat teritorial dan cenderung galak. Maka tak jarang kalau kita hendak memegang cendet/pentet yang liar,... Selengkapnya

Pola Rawatan Yang Sempurna Untuk Burung Gereja Biar Cepat Nyecret Gacor

Pola Rawatan Yang Sempurna Untuk Burung Gereja Biar Cepat Nyecret Gacor

T 7 May 2009 F A admin

Burung andalan para kicau mania untuk memaster burung gacoan dikarenakan burung gereja mempunyai ocehan yang menyecret rapat panjang, dan bahkan yang sudah  mapan bakal gacor seharian tanpa mengenal waktu. Namun hal tersebut harus diimbangi dengan teladan rawatan yang tepat. Jika... Selengkapnya

+ SIDEBAR