Beranda » Uncategorized » Cara Menentukan Dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Biar Gacor

Cara Menentukan Dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Biar Gacor

T Diposting oleh pada 8 May 2009
F Kategori
b Comments Off on Cara Menentukan Dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Biar Gacor
@ Dilihat 21 kali

Penyebutan burung cucak jenggot bervariasi di tiap tempat di Indonesia, ada yang menyebut Empuloh Janggut, Cocak jenggot, Cocak rawon (Kudus), Jogjog janggot, Janggut, Jebres, Koreis (Sunda). Empuloh janggut yaitu sejenis burung cucak-cucakan yang termasuk dalam suku pycnonotidae. Burung ini mempunyai nama inggris Grey-cheeked Bulbul (Alophoixus bres). Besar burung ini sekitar 22cm berwarna kecoklatan dengan tubuh pecahan bawah kuning, dan tenggorokan serta dagu putih mencolok. Tubuh pecahan atas coklat-zaitun, lebih merah pada ekor, pipi abu-abu. Bulu tenggorokan yang putih sering digembungkan secara mencolok. Iris kemerahan, paruh hitam dan berat, kaki coklat keabu-abuan.

Burung Cucak Jenggot umumnya dipakai sebagai burung master alasannya bunyi aslinya sangat bagus, mbeset kasar dan ngepik rapat kreekkk… krekkkk…. tri ririiririririuuuu (nada tinggi ke rendah). Tetapi banyak juga yang menimbulkan burung ini sebagai burung lomba di lapangan, sangat banyak juga jenis burung ini yang mendulang prestasi dan penyumbang poin dalam suatu lomba. Pamornya makin menanjak seiring dengan ramainya lomba burung berkicau di Tanah Air. Memelihara dan merawat burung jenis ini sangatlah mudah. (Baca juga: Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba)
Penyebutan burung cucak jenggot bervariasi di tiap tempat di Indonesia Cara Memilih dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Agar Gacor
Burung Cucak Jenggot di Alam Liar
Karakter Dasar Pada Burung Cucak Jenggot
  • Non fighter. Burung ini bukanlah burung petarung, daya tarung yang ada pada burung ini cenderung jawaban tingkat birahi pada level tertentu yang akan menciptakan burung ini menjaga tempat teritorialnya.
  • Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini gampang jinak kepada manusia.
  • Agresive/latah. Apabila disekitarnya ada bunyi burung lain yang mempunyai frekuensi tinggi, burung ini pribadi menimpali.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan materi atau bakalan pada burung Cucak Jenggot yang prospek bagus.
  • Postur badan, pilihlah materi yang berpostur sedang dengan panjang leher, tubuh dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan menentukan materi yang berleher dan berbadan pendek.
  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh pecahan bawah harus lurus. Jangan menentukan materi yang mempunyai paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menunjukan materi tersebut sehat. Warna kaki tidak kuat terhadap mental burung.
  • Lincah dan agresif makan besar. Ini yaitu ciri-ciri materi yang bermental baik.
  • Rajin bunyi, ini menunjukan burung tersebut mempunyai prospek yang cerah.
  • Warna bulu tegas dan kering, diyakini mempunyai irama lagu yang sangat panjang.
  • Memiliki Jambul dan Jenggot yang lebih besar. Burung akan mempunyai wibawa yang besar apabila berhadapan dengan burung Cucak Jenggot lain.
Penyebutan burung cucak jenggot bervariasi di tiap tempat di Indonesia Cara Memilih dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Agar Gacor
Ciri Burung Cucak Jenggot Yang Prospek

Perawatan Dan Setingan Harian Burung Cucak Jenggot
Perawatan harian untuk burung Cucak Jenggot  relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.
  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  • Bersihkan sangkar harian. Ganti atau tambahkan Voer, Air Minum dan buah segar.
  • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memperlihatkan Jangkrik secara pribadi pada burung.
  • Penjemuran sanggup dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, kemudian sangkar dikerodong.
  • Siang hari hingga sore (jam 10.00-15.00) burung sanggup di Master dengan bunyi Masteran MP3 atau burung Cucak Jenggot lain.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan kalau perlu.
  • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk Extra Fooding.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan bunyi Master selama masa istirahat hingga pagi harinya.

PENTING
  • Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 3x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi, hari Kamis pagi dan hari Sabtu pagi.
  • Ulat Hongkong sanggup diberikan 5 ekor 3x seminggu.
  • Buah Segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin hingga hari Kamis berikan buah Pepaya, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan Apel atau Pisang atau buah lainnya.
  • Pengumbaran di sangkar umbaran sanggup dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
  • Berikan aksesori vitamin seminggu sekali saja.
  • Berikan buah pisang yang yang telah diolesi Madu setiap hari Sabtu.
Lakukan perawatan diatas, pasti burung cucak jenggot bakalan anda akan rajin bunyi dan gacor dan lebih-lebih bisa untuk dibawa ke lomba.

Tetap jadikan wangsit Kicau Mania Indonesia.

Komentar dinonaktifkan: Cara Menentukan Dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Biar Gacor

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Menentukan Dan Merawat Bakalan Burung Cucak Jenggot Biar Gacor

Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak

Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak

T 4 April 2009 F A admin

Mabung yakni siklus wajib yang harus dilewati burung, sebab mabung sendiri yakni tolak ukur umur dari sebuah unggas. Bagaimana bila pentet / cendet gagal merampungkan mabungnya? yang terjadi yakni burung akan berhenti berbunyi, bulu tak menjadi karuan dan sanggup jadi... Selengkapnya

Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Semoga Cepat Gacor Dan Ngeropel

Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Semoga Cepat Gacor Dan Ngeropel

T 28 April 2009 F A admin

Burung merbah cerukcuk (Pycnonotus Goiavier) ialah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cerukcuk atau jogjog, orang Jawa menyebut terucukan, trocokan, cerocokan, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris disebut Yellow-vented Bulbul. Trucukan berkerabat bersahabat dengan burung kutilang,... Selengkapnya

Perawatan Harian Burung Kepodang Biar Cepat Bunyi

Perawatan Harian Burung Kepodang Biar Cepat Bunyi

T 7 June 2009 F A admin

Kepodang termasuk burung kicau yang cukup gampang untuk dikenali, burung ini biasanya berwarna kuning keemasan, jadi terlihat sangat indah dan menawan. Siapa saja yang mendengar bunyi kepodang, bisanya berasa menyerupai berada di tempat perdesaan yang nuansanya masih alami, berbeda dengan... Selengkapnya

+ SIDEBAR