Beranda » Uncategorized » Cara Ternak Burung Lovebird – Panduan Lengkap Untuk Pemula

Cara Ternak Burung Lovebird – Panduan Lengkap Untuk Pemula

T Diposting oleh pada 1 May 2009
F Kategori
b Comments Off on Cara Ternak Burung Lovebird – Panduan Lengkap Untuk Pemula
@ Dilihat 4 kali
Beternak Lovebird mengasyikkan bagi peternak, tidak hanya menambah penghasilan, tetapi menambah pujian tersendiri dalam hal mencetak varian warna gres ataupun menghasilkan keturunan lovebird dari indukan juara.
 Beternak Lovebird mengasyikkan bagi peternak Cara Ternak Burung Lovebird - Panduan Lengkap Untuk Pemula
Cara Ternak Burung Lovebird
Banyak para pecinta burung yang ingin beternak lovebird menemukan hambatan ketika proses penangkaran. Beternak lovebird ialah hal yang gampang-gampang susah. Bahkan ada yang menyampaikan “tergantung tangan masing-masing”. Lovebird termasuk salah satu jenis burung yang banyak diternakkan alasannya mempunyai nilai hemat yang cukup tinggi. Dalam proses beternak lovebird, para peternak wajib mempunyai kesabaran dan ketelitian yang ekstra.
Sudah banyak peternak lovebird yang menandakan keberhasilannya. Tetapi tidak sedikit pula yang gagal. Namun, pengalaman tetap menjadi guru yang terbaik, jadi jikalau kau menemukan kegagalan, jangan hingga berhenti dan putus asa. Peternak lovebird ketika ini memang sudah banyak, tetapi penggemar lovebird juga semakin banyak. Dari segi bisnis, beternak lovebird bisa jadi sangat menguntungkan.
Berikut ulasan lengkap beternak lovebird.

1. Indukan Lovebird harus sehat dan berkualitas
Pilihlah indukan Lovebird dari keturunan yang berkualitas. Biasanya, kalau indukan berasal dari keturunan yang sehat dan berkualitas, maka anakannya nanti juga berkualitas. Setelah itu, Anda bisa menentukan indukan Lovebird dari sisi bunyi ataupun warna bulu, tergantung Anda mau beternak Lovebird untuk kontes bunyi kekek-an atau kontes kecantikan warna Lovebird. (Baca juga: Cara Memilih, Merawat, Dan Kendala Lovebird Kekek-an Dari Paud Sampai Kontesan)
2. Tunggu hingga usia Lovebird siap kawin
Lovebird yang siap dikawinkan biasanya berusia minimal 1 tahun. Jangan lupa, Anda juga harus menentukan indukan Lovebird jantan yang lebih renta dari betina. Hal ini ditujukan biar indukan jantan bisa lebih mendominasi pada ketika melaksanakan proses kawin. Ada peternak yang gatal ingin mengawinkan lovebird yang masih muda, kesannya biasanya telur akan infertil atau kosong tanpa embrio.
3. Pemilihan sangkar ternak Lovebird
Kandang atau sangkar untuk beternak Lovebird ada 2 pilihan, dengan metode sangkar koloni (kandang besar) atau dengan sangkar soliter (pok pok-an). Kedua hal tersebut juga mempunyai laba dan kelemahan masing-masing. berikut ulasan keduanya :
A. Ternak lovebird dengan sangkar koloni
 Beternak Lovebird mengasyikkan bagi peternak Cara Ternak Burung Lovebird - Panduan Lengkap Untuk Pemula
Ternak Lovebird Dengan Metode Kandang Koloni
Keuntungan ternak lovebird sangkar koloni
– Menghemat dana dan menghemat kawasan kandang
Memang dalam menciptakan sangkar koloni ini biayanya lebih murah dibandingkan kita membeli sangkar satu persatu untuk indukan lovebird. Banyak para master lovebird yang menciptakan sangkar koloni alasannya indukan lovebird semakin banyak. Daripada galau menentukan kawasan atau tempatnya terbatas mending dibentuk ternak koloni dalam satu kawasan saja.
Kalau kita lihat biayanya untuk satu kadang ternak saja harganya 130.000. jikalau kita mempunyai 10 indukan maka total biayanya mencapai 1.300.000 hanya untuk membeli kandang. Sedangkan untuk sangkar koloni bisa menampung 10 pasang hingga 20 pasang indukan. Hal ini tergantung pada besar kecilnya sangkar koloni Anda.
– Burung tidak simpel stres dan mempunyai ruang gerak yang bebas
Lovebird yang ditangkar di sangkar koloni akan tidak simpel stres alasannya banyak temannya dan juga tidak terlalu sering kedangatangan orang yang melihatnya. Selain itu ruang gerak lovebird juga semakin bebas. Hal ini juga bisa menghindarkan pasangan lovebird mengalami kegemukan atau nggajeh (nimbun lemak).
– Kemudahan dalam memberi pakan dan minum
Kita akan menghemat waktu ketika menawarkan pakan dan minum kepada burung. Dalam satu waktu sekaligus kita bisa menawarkan pakan dan minum serta membersihkan kandangnya juga. Kalau kita ternak pada tiap sangkar sepasang, kita akan membutuhkan waktu membuka sangkar satu demi satu ketika mau menawarkan pakan ataupun minum. Usahakan setiap hari air minumnya diganti biar tetap segar dan kondisi burung tetap sehat.
– Jumlah telur yang menetas pada sangkar koloni lebih banyak
Jumlah telur yang menetas pada pada sangkar koloni memang lebih banyak dibandingkan dengan tiap sangkar satu pasang. Alasannya ialah pada sangkar koloni burung tidak simpel stres dan mempunyai ruang gerak yang lebar.

Kelemahan ternak lovebid sangkar koloni
– Praktis terjangkit penyakit menular
Ada satu hal kelemahan yang sering terjadi pada sangkar koloni. Kelemahan tersebut ialah ketika ada burung yang sedang sakit bisa menular kepada temannya. Apalagi kalau sedang ada flu burung ataupun snot, jikalau ada satu burung yang kena bisa menjalar pada burung yang lain. Untuk itu kita harus memikirkan antisipasinya. Antisipasi atau pencegahan penyakit yang menular pada lovebird yang lain kita bisa melaksanakan beberapa hal. Pertama ialah ketika kita melihat ada burung yang sedang sakit atau terlihat tidak sehat sebaiknya segera pribadi diambil untuk dikarantina. Tempat karantina bisa dikandang ternak atau sangkar kapsul. Kita berikan vitamin atau treatment biar lovebird tersebut bisa sembuh. Makara setiap hari kita bisa memantau sangkar koloni apakah pada hari itu ada burung yang sakit ataukah tidak. Untuk mencegah timbulnya penyakit kita harus memperhatikan kebersihan kandang. Bisa setiap lima hari sekali atau seminggu sekali kita memberishkan sangkar koloni. Terutama ialah kotoran lovebird. Kemudian air minum harus setiap hari diganti biar selalu fresh. Check juga makanannya apakah masih banyak ataukah sedikit. Satu bulan sekali atau tiga ahad sekali kita berikan multivitamin pada lovebird biar tidak simpel terjangkit penyakit.

– Walaupun menentukan jodoh sendiri, tetap berpeluang berjodo sesama jenis.
Sering kita temui lovebird kita berjodoh sesama jenis, ketika check glodok kayu, ada 10 telur bisa jadi betina vs betina. kadang-kadang lovebird sudah usang kawin dan berjodoh tetapi tidak kunjung bertelur ternyata jenis kelaminnya jantan vs jantan. Jodohan yang normal biasanya bertelur 4-5 telur dalam sekali fase bertelur.

– Risiko cedera akhir saling serang, berebut sarang, dll jauh lebih besar.
Meskipun dalam habitatnya lovebird ialah burung koloni, tidak menuntut kemungkinan burung lovebird akan bertarung dalam memperebutkan sangkar dan teritorial. alasannya intinya burung paruh bengkok suka menjelajah hal gres sehingga persentase berantem dalam sangkar koloni lebih besar.
B. Ternak lovebird dengan sangkar soliter
 Beternak Lovebird mengasyikkan bagi peternak Cara Ternak Burung Lovebird - Panduan Lengkap Untuk Pemula
Ternak Lovebird Dengan Metode Kandang Soliter
Kelebihan ternak lovebird sangkar soliter:
– Mudahnya mencatat dan memperhatikan kondisi kesehatan dan produktivitas setiap burung biakan, alasannya terpisah satu persatu.

– Sangat simpel ditempatkan dan dipindahkan, sekalipun dalam lahan sempit.

– Minim risiko cedera, penularan penyakit, dan hal merugikan lainnya apabila rutin dikontrol.

– Walaupun risiko kesalahan pemilihan jenis kelamin tetap ada, setidaknya lebih simpel dikoreksi.
Kekurangan ternak lovebird sangkar soliter:
– Pemberikan pakan dan pencucian sangkar harus satu-persatu, sangat menyita waktu apabila sangkar soliter dalam jumlah banyak.

– Tingkat stress burung lebih tinggi (terutama pada burung giras). Stress dpt menimbulkan penurunan kondisi fisik dan kelancaran proses ketika masa berkembang biak.

4. Tempat bertelur Lovebird
Lovebird membutuhkan kawasan bertelur atau kawasan mengerami telur yang dinamakan glodok. Glodok sendiri terbuat dari kayu yang keras berukuran 20 x 20 x 25 cm dan biasanya berbentuk kotak persegi, jangan kawatir dipasaran sudah banyak dijual glodok untuk lovebird. Agar Lovebird nyaman, di sekitar glodok sediakan kayu yang sudah diserut, ranting kecil, atau dedaunan kering untuk kawasan menciptakan sarang. Oh ya, biarkan mereka yang menciptakan sarang sendiri.
 Beternak Lovebird mengasyikkan bagi peternak Cara Ternak Burung Lovebird - Panduan Lengkap Untuk Pemula
Contoh Glodok Untuk Burung Lovebird
5. Mengetahui jenis kelamin Lovebird
Anda harus mengetahui jenis kelamin Lovebird dan memastikan Lovebird yang Anda kawinkan mempunyai kelamin yang berbeda. Pasalnya, Lovebird yang terlihat berpasangan belum tentu mempunyai kelamin yang berbeda. Terkadang, Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Begitu juga sebaliknya.
Untuk mengetahui jenis kelamin Lovebird jantan dan betina, Anda bisa membaca artikel Cara Paling Tepat Menentukan Jenis Kelamin Lovebird Anakan Dan Dewasa
6. Menyiapkan masakan biar Lovebird cepat bertelur
Agar Lovebird cepat bertelur, coba tingkatkan gizi pada masakan harian Lovebird, menyerupai sumbangan milet, biji sawi, Kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, dan lain-lain.

TAMBAHAN :
Cara menjodohkan Lovebird jantan dan betina
Kalau sudah mengetahui dasar-dasar beternak Lovebird, sekarang saatnya Anda menjodohkan Lovebird. Bagaimana caranya? Anda cukup memasukkan Lovebird yang sudah dipastikan jantan dan betina ke dalam sangkar ternak soliter atapun koloni. Ciri lovebird yang sudah berjodoh kedua lovebird saling menempel. Mungkin sedang bercengkerama menyerupai orang yang berpacaran terlihat lengket banget. Kedua lovebird saling meloloh.  Yang paling sering meloloh ialah lovebird jantan. Upaya lovebird jantan merayu betina itu ada maunya. Jika yang betina sudah terkena rayuannya, maka lovebird jantan akan minta kawin. lovebird akan tinggal di dalam glodok. Misalnya ketika malam hari jantan dan betina masuk dalam satu glodok.
Lalu, tunggu beberapa hari, sekitar 4 hari hingga 10 hari untuk melihat apakah Lovebird sudah bertelur atau belum.
Lovebird bertelur
Jika memang berjodoh, biasanya Lovebird betina pribadi bertelur (sekitar 4 butir). Namun, tidak semua indukan mau mengerami telur. Ini yang menimbulkan telur tidak menetas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa mendekatkan pasangan Lovebird lain yang sudah mau mengerami telur. Apakah ini efektif? Ya, soalnya bunyi erangan Lovebird betina yang sedang mengerami telur sanggup memancing Lovebird betina yang lain untuk mengikutinya juga.
Lovebird yang sudah mau mengerami telur akan mengerami telur hingga 18-23 hari. Sebaiknya pada ketika pengeraman, indukan Lovebird jantan dipisah dulu. Tujuannya biar Lovebird jantan tidak mengganggu Lovebird betina. Saat pemisahan ini, Anda juga bisa pribadi menjodohkan indukan Lovebird jantan dengan indukan Lovebird betina yang lain.
Selain itu, selalu berikan masakan bergizi pada Lovebird ketika proses pengeraman telur. Pakan Lovebird yang baik bisa berupa pelet ayam dicampur dengan bubur bayi. Anda juga harus memastikan bahwa Lovebird betina dalam keadaan vit, tapi jangan terlalu sering diintip alasannya mitosnya sanggup menciptakan telur Lovebird tidak menetas.
Perlu Anda ketahui lagi, Lovebird yang pertama kali bertelur, sebagian besar telurnya tidak menetas. Ini masuk akal alasannya Lovebird mungkin belum siap kawin dan mungkin alasannya beberapa faktor lain, di antaranya usia belum mapan, faktor lingkungan, serta faktor pakan. Namun, Anda tak perlu khawatir alasannya pada produksi kedua, biasanya telur akan menetas. Nah, telur pertama Lovebird yang tidak menetas tadi sering dinamakan telur dara.
Telur Lovebird menetas
Penanganan ketika telur Lovebird menetas biar dilakukan oleh indukan. Anda tunggu saja hingga anakan Lovebird keluar dari sarang. Setelah itu, Anda sanggup melolohkan masakan ke Lovebird. Nah, kapan tepatnya Anda boleh meloloh Lovebird atau memisahkan anakan Lovebird dengan indukan?
Anakan Lovebird sanggup dipisah dari indukan pada usia 10 hari atau 2 minggu. Kalau sudah pisah, Anda harus menawarkan pengawasan ekstra ke anakan Lovebird. Paling tidak, berikan lampu 5 watt sebagai penghangat tubuhnya.
 Beternak Lovebird mengasyikkan bagi peternak Cara Ternak Burung Lovebird - Panduan Lengkap Untuk Pemula
Anakan Lovebird
Meloloh anakan Lovebird
Untuk meloloh anakan Lovebird, sebaiknya Anda memakai suntikan yang besar biar Lovebird tidak tersedak. Suntikannya pun harus aman. Jarum suntik dilepas dulu, kemudian diganti dengan selang lentur menyerupai karet pentil.
Lantas, makanannya apa saja? Menu masakan Lovebird bisa berupa masakan bayi yang telah diseduh dengan air hangat dan masakan bergizi lain yang lembut-lembut.
Anda sanggup meloloh anakan Lovebird berkisar 4 jam sekali. Lakukan hal ini setiap hari hingga anakan Lovebird bisa makan sendiri. Jika Anda ingin anakan Lovebird cepat jinak dan bisa diajak bermain, maka berikan perhatian ekstra, panggil namanya, serta ajaklah bermain di luar sangkar sambil berguru terbang.

Cara Berternak Lovebird Dengan Metode Poligami
Meski di alam liar dikenal sebagai burung setia alias monogami, bukan berarti seekor lovebird jantan dalam penangkaran tidak bisa dibiakkan dalam kehidupan poligami. Sudah ada beberapa penangkar lovebird yang berhasil menerapkan perkawinan poligami. Antara lain Om Joni, pemilik Fiqrillah Farm di Sumenep.

 Beternak Lovebird mengasyikkan bagi peternak Cara Ternak Burung Lovebird - Panduan Lengkap Untuk Pemula
Ternak Lovebird Metode Poligami Harus Menggunakan Kandang Soliter / Batteray

Tujuan beternak lovebird model poligami tentu saja untuk menghemat jumlah pejantan yang bakal dipakai untuk mengawini induk betina. Secara teoritis, induk jantan bisa mengawini hingga 4-5 ekor induk betina, dengan persentase fertilitas yang tetap prima.

Bahkan, menurut pengalaman Om Joni, rasio ideal jantan dan betina dalam perkawinan poligami pada lovebird ialah 1 : 3. Jadi, seekor pejantan mengawini tiga induk betina. Tetapi model poligami di sini tidak menyerupai peternakan ayam kampung, di mana seekor pejantan akan dicampur dengan beberapa ekor betina dalam satu kandang. Jika model ini dilakukan pada lovebird, maka burung jantan hanya mau mengawini satu betina saja, dan muncul sifat aslinya sebagai burung monogami.

 Beternak Lovebird mengasyikkan bagi peternak Cara Ternak Burung Lovebird - Panduan Lengkap Untuk Pemula
Ternak Lovebird Poligami tidak bisa diterapkan pada sangkar kandang koloni

Karena itulah, dalam breeding memakai sangkar koloni, sepasang lovebird yang telah berjodoh tak akan pindah ke lain hati. Jadi, model poligami pada lovebird hanya bisa dilakukan dalam sangkar soliter / battery.

Seleksi indukan:

  • Induk jantan minimal berumur 1 tahun, jangan yang gespang (gesek pangkringan).
  • Induk betina minimal berumur 1 tahun, atau sudah memasuki masa birahi.
  • Karena induk jantan akan mengawini 3 induk betina, maka kualitasnya mesti bagus terutama untuk lovebird suara.
  • Induk betina juga diusahakan mempunyai kualitas bunyi yang bagus, kalau orientasi ternaknya fokus ke ngekek panjang.
  • Apabila orientasinya mencetak lovebird warna eksotik, lebih baik jikalau 3 induk betina mempunyai warna yang berbeda-beda, sehingga bisa menghasilkan anakan yang makin bervariasi.

Selain menghemat jumlah induk jantan, laba ternak lovebird model poligami ialah kita bisa memprediksi warna anakan lovebird, menurut warna induk jantan dan warna induk betina yang akan dikawinkan.

Persiapan sangkar ternak:

  • Persiapkan tiga unit sangkar ternak soliter (pok pokan), sesuai dengan jumlah induk betina. Selain itu, siapkan pula 1 unit sangkar ternak untuk induk jantan.
  • Kandang soliter induk betina bisa disusun secara berjajar. Adapun sangkar induk jantan diletakkan agak jauh dari sangkar betina, kalau perlu jangan hingga terlihat.
  • Untuk memudahkan identifikasi, masing-masing sangkar betina diberi nomor, contohnya 1, 2, dan 3; atau A, B, dan C.
  • Setiap sangkar induk betina dilengkapi dengan wadah pakan, air minum, tenggeran, serta kotak sarang dari materi triplek.
  • Kotak sarang diletakkan di salah satu sudut kandang. Masukkan materi sarang ke dalamnya, tetapi secukupnya saja.
  • Tebarkan pula materi sarang ke dasar sangkar induk betina. Bahan sarang sanggup berupa ijuk halus, daun cemara kering, atau materi sarang lainnya. Bahan inilah yang akan diambil induk ketika hendak bertelur, untuk dimasukkan ke kotak sarang.
  • Pakan utama yang diberikan ialah adonan millet putih, gabah, dan canary seed.
  • Pakan aksesori / extra fooding (EF) berupa jagung muda, daun sawi putih, kwaci (biji bunga matahari), dan tulang sotong.


Pergiliran perkawinan poligami

  • Berikut sistem pergiliran poligami pada ternak lovebird, sebagaimana dilakukan Om Joni selama ini:
  • Setiap pagi, mulai pukul 06.00 hingga 07.00, induk jantan dimasukkan ke sangkar betina dan itu dilakukan secara bergiliran.
  • Misalnya, pertama kali dimasukkan ke sangkar betina-1 mulai pukul 06.00. Namun satu jam kemudian, induk jantan diangkat dan dimasukkan lagi ke kandangnya sendiri.
  • Keesokan harinya, induk jantan kembali dimasukkan ke sangkar betina-1, dalam waktu yang sama pula (06.00 – 07.00). Setelah itu dikembalikan lagi ke kandangnya. Begitu seterusnya, sehingga induk jantan selama 4 hari berturut-turut berada di sangkar betina-1, meski hanya selama 1 jam.
  • Hari kelima, induk jantan dimasukkan ke sangkar betina-2 dalam rentang waktu pukul 06.00 hingga 07.00. Setelah itu dikembalikan ke kandangnya sendiri. Hal ini berlaku selama 4 hari berturut-turut.
  • Selanjutnya, induk jantan dimasukkan ke sangkar betina-3, dalam rentang waktu yang sama dan selama 4 hari berturut-turut pula.
  • Jadi selama 12 hari nonstop, induk jantan akan selalu mendampingi induk betina, meski satu jam saja. Ketika campur dengan induk betina, induk jantan bisa mengawini pasangannya secara sempurna.
  • Beberapa hari atau ahad sesudah kawin, masing-masing induk betina akan bertelur. Kalau telur menetas (meski hanya pada 1-2 induk betina saja), berarti perkawinan poligami sukses. Kalau tak ada satu telur pun yang menetas, ada dua kemungkinan yang terjadi: induk jantan tak pernah mengawini betinanya, atau induk jantan memang infertil.

Demikian cara ternak Lovebird untuk pemula yang gres memelihara Lovebird. Mungkin nanti Anda akan merasa kerepotan memelihara Lovebird, tapi lama-kelamaan seiring berjalannya waktu, beternak Lovebird akan menjadi hobi yang menyenangkan.

Terimakasih semoga bermanfaat.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Cara Ternak Burung Lovebird – Panduan Lengkap Untuk Pemula

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Cara Ternak Burung Lovebird – Panduan Lengkap Untuk Pemula

Cara Paling Sempurna Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Anakan Dan Dewasa

Cara Paling Sempurna Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Anakan Dan Dewasa

T 23 May 2009 F A admin

Mengetahui jenis kelamin burung lovebird yang kita pelihara memang sangat penting, selain untuk bekal beternak maupun untuk dirawat sebagai materi perlomba’an. Banyak orang yang mempunyai cara sendiri untu membedakan jenis kelamin pada burung lovebird kacamata, alasannya yaitu banyak perbedaan dan... Selengkapnya

Mengenal Jalak Suren Jawa Dan Cara Perawatannya

Mengenal Jalak Suren Jawa Dan Cara Perawatannya

T 13 June 2009 F A admin

Jalak suren jawa (Gracupica contra jalla) merupakan salah satu dari lima ras /  subspesies jalak suren yang ada di dunia. Istilah jalak suren jawa dipakai para kicaumania untuk membedakannya dari jalak suren kalimantan. Jalak suren jawa bahwasanya tidak hanya dijumpai... Selengkapnya

Cara Perawatan Burung Pleci Semoga Cepat Gacor Dan Ngalas

Cara Perawatan Burung Pleci Semoga Cepat Gacor Dan Ngalas

T 1 July 2009 F A admin

Pleci merupakan burung yang berciri khas pada bundar mata (kacamata) berwarna putih yang melingkar di sekeliling matanya. Unggas ini mempunyai bunyi gacor merdu yang sering disebut dengan istilah ngalas. Dengan bunyi kicau tersebut, membuahkan sebuah popularitas pleci yang terus meluap... Selengkapnya

+ SIDEBAR