Beranda » Uncategorized » Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok

Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok

T Diposting oleh pada 30 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok
@ Dilihat 2 kali
Perling kumbang (Aplonis panayensis) yaitu spesies burung dari famili jalak-jalakan (Strunidae). Tersebar luas di Asia Selatan dan Asia Tenggara.
 yaitu spesies burung dari famili jalak Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok
Perling kumbang / Camperling Dewasa
Burung ini juga sering disebut camperling, keling (Jawa), berling kembang (Sumatera), geuri, kalolojang (Sunda), lilin, perling (Melayu), Orang Barat (bule) menyebutnya Asian glossy starling. Menambahan kata cucak di depan nama keling yaitu hal salah kaprah alasannya yaitu burung ini bukan keluarga cucak-cucakan.
Panjang badan sekitar 20 -25 cm. Tubuh berwana hitam mengkilap pada individu dewasa. Pada individu remaja atau anakan bab perut berwarna putih dengan coretan hitam, paruh dan kaki burung perling berwarna hitam.
Burung camperling gampang dijumpai di beberapa tempat secara terpencar pada kawasan dataran rendah hingga ketinggian 1200 mdpl. Hidup dalam kelompok yang ribut; beristirahat, makan dan bersarang bersama. Memakan buah-buahan (pepaya, pisang, mangga, buah ara) juga memakan nektar, serangga, laba-laba dan siput di pepohonan dan semak-semak. Sering mengunjungi kawasan terbuka di erat hutan (termasuk perkebunan kelapa), juga desa dan kota.
Bersarang di lubang pohon, tajuk palem dan pada rumpun paku epifit yang melekat pada percabangan pohon. Pada sarang yang berbentuk lubang, hanya sedikit memakai material sarang; sarang biasa tersusun dari rerumputan dan sampah (misal kertas). Berbiak sepanjang tahun, puncak perbiakan bulan Maret-Juni. Jumlah telur 3, berwarna biru dengan bercak coklat gelap.
 yaitu spesies burung dari famili jalak Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok
Perling kumbang / Camperling Remaja
Burung camperling ini memang tidak sepopuler jenis burung yang lain nya tapi keberadaan jenis burung ini memang sudah usang di kalangan para pecinta burung peliharaan dan mungkin buat anda yang gres mengenal nya, tidak ada salah nya untuk  mengenal lebih jauh terhadap jenis burung yang satu ini dengan cara memelihara nya atau merawat nya.
Kalau di lihat dari wajah dan bulu jenis burung camperling ini memang sedikit menyeramkan alasannya yaitu memiliki mata yang merah menyala dan warna bulu yang full hitam seperti burung tersebut memiliki aroma mistis namun pada kenyataan nya tidak begitu jadi kalau kita pelihara pun tidak akan ada unsur mistis nya, mungkin hal itu alasannya yaitu anda gres melihat burung tersebut tapi kalau sudah terbiasa melihat nya, tidak akan begitu.
Terimakasih biar bermanfaat.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok

Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?

Pilih Cucak Jenggot Jantan Atau Betina Untuk Lomba ?

T 3 July 2009 F A admin

Sobat terutama Kicau Mania atau Cucak Jenggot Mania tentunya sudah lebih faham daripada aku perihal burung berjenggot semenjak lahir ini. Burung yang pada mulanya tidak berharga, kemudian banyak dipelihara sebagai burung rumahan. Setelah dipelihara usang dan gacor, burung ini berperan... Selengkapnya

Cara Supaya Ulat Hongkong Cepat Berganti Kulit

Cara Supaya Ulat Hongkong Cepat Berganti Kulit

T 25 June 2009 F A admin

Ulat hongkong (Mealworm) yakni larva dari kumbang. diharapkan oleh burung kicau pemakan serangga ibarat murai batu, kacer, pleci, ciblek dsb. sebab ulat hongkong mempunyai kandungan protein yang baik untuk mendongkrak birahi burung, biar burung lebih ngotot dan gacor. namun yang... Selengkapnya

Cara Memaster Lovebird Semoga Ngekeknya Lebih Bervariasi

Cara Memaster Lovebird Semoga Ngekeknya Lebih Bervariasi

T 28 June 2009 F A admin

Kalangan lovebird lovers sekarang cenderung menyukai burung yang mempunyai bunyi kicauan lebih bervariasi, dengan isian-isian yang menarik. Untuk mendapat lovebird dengan kualifikasi menyerupai itu, kita tidak dapat menunggu hingga burung mau mengeluarkan suaranya. Proses pemasteran semenjak dini juga sangat menentukan.... Selengkapnya

+ SIDEBAR