Beranda » Uncategorized » Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Semoga Cepat Gacor Dan Ngeropel

Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Semoga Cepat Gacor Dan Ngeropel

T Diposting oleh pada 28 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Semoga Cepat Gacor Dan Ngeropel
@ Dilihat 2 kali

Burung merbah cerukcuk (Pycnonotus Goiavier) ialah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cerukcuk atau jogjog, orang Jawa menyebut terucukan, trocokan, cerocokan, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris disebut Yellow-vented Bulbul. Trucukan berkerabat bersahabat dengan burung kutilang, juga termasuk pada golongan burung cucak-cucakan contohnya cucak gunung, cucak rawa, cucak kerinci dan sebagainya.

 ialah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Agar Cepat Gacor Dan Ngeropel
Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Agar Cepat Gacor Dan Ngeropel

Perawatan burung trucukan bisa dibilang sangat mudah,namun untuk menimbulkan gacor dan rajin ngeropel membutuhkan perawatan khusus dan ketekunan.makanan dan minuman saja belum bisa memenuhi syarat akan hal tersebut. (Baca juga: Tips Memilih Trucukan/Trocokan Dalam Kandang Ombyokan)

Seperti burung yang lainnya, burung trucukan terdapat dua jenis yaitu jantan dan betina yang sama-sama bisa berkicau dan ngeropel.untuk problem kualitas kicauan,burung trucukan jantan menjadi yang terbaik.meskipun burung betina juga bisa berkicau,akan tetapi tidak seaktif dan selantang burung trucukan berkelamin jantan. (Baca juga: Cara Membedakan Burung Trucukan/Trocokan Jantan Dan Betina)
Perawatan Harian Burung Trucukan :
  • Pertama tama kalian tempatkan burung trucukan pada sangkar yang idealnya berukuran 40×50cm dan jangan lupa siapkan juga kerodong serta wadah pakan dan minumnya.
  • Jam 05.00 pagi sempatkan burung gantang di luar ruangan terbuka semoga menghirup udara segar dan membantu relaksasi tubuhnya.jika kondisi cuaca sedang tidak baik,maka hal ini di urungkan saja.
  • Jam 07.00 pagi burung di mandikan hingga berair kuyup dengan cara di sepray.bersihkan juga sangkar hariannya.
  • Selesai pemandian,tambah voer dan air minum serta buah.atau bisa kalian ganti dengan yang gres semoga asupan nutrisinya semakin baik.
  • Jika semua kelengkapan pakan dan minumnya sudah siap maka burung trucukan di lanjut penjemuran.penjemuran maksimal 2 jam atau tepatnya hingga jam 09.00 pagi (tergantung kondisi cuaca).
  • Selesai penjemuran pindah gantangan pada daerah yang teduh atau istilahnya di angin-anginkan.berikan pakan EF berupa jangkrik 2 ekor dan kroto sebanyak 1 sendok makan.
  • Jam 11 siang burung taruh di dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan sejuk.jangan lupa kerodong sangkar hariannya.selama istirahat siang ini kalian putarkan bunyi therapy menyerupai air mengalir yang di iringi bunyi burung yang beragam.
  • Jam 03.30 sore burung kalian gantang kembali di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung.pada jam ini burung kalian mandikan kembali dan berikan pakan EF berupa jangkrik sebanyak 2 ekor.perlu kalian ingat dalam hal ini tetap kalian kontrol kondisi cuaca.
  • Jam 05.30 sore sangkar burung kalian kerodong dan taruh dalam ruangan kembali semoga beristirahat hingga menjelang pagi kembali.dalam proses ini biarkan burung istirahat dengan nyaman,jadi kalian tidak perlu memutar bunyi burung masteran.lakukan cara di atas mulai dari awal hingga selesai dengan tekun dan penuh kesabaran.

Tambahan Agar Burung Trucukan Rajin Ngeropel

  • Pemberian pakan berupa buah wajib kalian selang seling.misalnya hari senen dan selasa kalian berikan buah pisang.hari rabu dan kamis kalian berikan buah pepaya.hari jum’at dan sabtu kalian berikan buah mangga.untuk hari ahad kalian berikan buah yang berbeda-beda misal buah apel,hari ahad selanjutnya buah pear dan begitu seterusnya.intinya berikan buah yang umum dan baik di konsumsikan untuk burung trucukan.buah yang tidak baik kalian konsumsikan yaitu buah alpukat,coklat dan durian.
  • Pakan EF berupa jangkrik wajib kalian konsumsikan setiap hari sebanyak 2×2 contohnya pagi 2 ekor dan sore 2 ekor.sebelum kalian kasihkan ke burung trucukan, usahakan kaki dan kepala jangkrik kalian buang terlebih dahulu.
  • Pemberian pakan berupa kroto cukup 2 kali dalam seminggu sebanyak 1 sendok makan.jika kroto sulit kalian dapatkan maka bisa di ganti dengan ulat sangkar sebanyak 1 sendok teh.
  • Tambahan multivitamin cair yang di teteskan pada air minumnya juga baik kalian konsumsikan semoga stamina burung semakin sehat dan terhindar dari stres.dalam hal ini cukup 3 kali dalam seminggu.
  • Kebersihan sangkar wajib kalian terapkan setiap hari.burung trucukan sangat lahap dikala makan,jadi kondisi sangkar selalu penuh akan kotorannya.
  • Air minum selalu di ganti 2 kali dalam sehari dengan yang baru,misalnya pagi hari dan sore hari.wadah air minumnya juga senantiasa kalian bersihkan,jangan hingga kotor apalagi hingga lumutan.
 ialah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Agar Cepat Gacor Dan Ngeropel
Pemasteran Suara Burung Trucukan / Trocokan Agar Cepat Gacor Dan Ngeropel

Melakukan Pemasteran Secara Tepat :

Selain melalui perawatan dan donasi pakan, melatih trucukan semoga lebih rajin dan panjang mengeluarkan bunyi ropelannya juga bisa dilakukan dengan pemasteran. Pemasteran trucukan bisa memakai rekaman bunyi burung trucukan lain yang sudah rajin mengeluarkan bunyi tembakan atau ropelannya. Lakukan pemasteran dikala burung trucukan sedang istirahat, sehingga bunyi masteran segera bisa di rekam oleh burung.
Berikut bunyi rekaman untuk memancing burung trucukan anda segera ikut ngeropel :

Suara Burung Trucukan Ropel

DOWNLOAD

Suara Burung Trucukan Ngeropel Speed Rapat

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan wangsit Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Semoga Cepat Gacor Dan Ngeropel

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tips Merawat Burung Trucukan / Trocokan Semoga Cepat Gacor Dan Ngeropel

Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia

Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia

T 18 June 2009 F A admin

Burung Branjangan (Mirafra javanica) di Indonesia mempunyai huruf bunyi dan warna batikan yang berbeda-beda berdasarkan tempat asalnya masing-masing, ada yang berkarakter bunyi monoton dan bervariasi, dan ada juga yang bersuara ngebas atau mengkristal serta melengking. Corak batikan dan warna pada... Selengkapnya

Metode Gres Penentuan Jenis Kelamin Burung Cucak Rowo Memakai Bulu

Metode Gres Penentuan Jenis Kelamin Burung Cucak Rowo Memakai Bulu

T 25 May 2009 F A admin

Cucak Rowo si burung mewah, burung Kicauan yg mempunyai harga yg sangat tinggi sekali dan sanggup dikatakan Burung Kicauan berkelas yg sanggup memperlihatkan kesan glamor kepada yg memilikinya. Burung Cucak Rowo sendiri mempunyai nama ilmiah Pycnonotus Zeylanicus yg dlm Bahasa... Selengkapnya

Cara Mengawinkan Kucing Yang Tepat

Cara Mengawinkan Kucing Yang Tepat

T 28 May 2009 F A admin

Kucing hewan mamalia yang menggemaskan, gampang di pelihara dan tidak sulit untuk di kembang biakkan. Dalam proses mengawinkan kucing atau istilah lainnya breeding atau mating memang terkesan rumit, tetapi sesungguhnya kalau dicermati dengan baik maka akan terasa mudah. Yang paling... Selengkapnya

+ SIDEBAR