Beranda » Uncategorized » Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akhir Over Birahi

Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akhir Over Birahi

T Diposting oleh pada 25 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akhir Over Birahi
@ Dilihat 6 kali
Over birahi sanggup digambarkan atau ditunjukan dengan meningkatnya pemikiran peredaran darah serta suhu badan yang meningkat terutama pada bab reproduksi yang disebut birahi berlebihan. Pada siklus normalnya, birahi tumbuh dengan sendirinya secara alami, namun ada juga cara untuk memanipulasi birahi. 
 Over birahi sanggup digambarkan atau ditunjukan dengan meningkatnya pemikiran peredaran darah  Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi
Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi
Burung yang masih di alam bebas, birahinya muncul secara alami dan sanggup diatur oleh dirinya sendiri. Namun pada burung yang dipelihara oleh manusia, birahinya dipengaruhi oleh pakan, suhu dan juga perawatan. (Baca juga: Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan Dan Betina)
Burung kutilang yang mengalami over birahi, terutama dalam kondisi berat, sering mengalami aneka tanda-tanda yang merugikan.  Mulai dari malas bunyi, nakal, atau sering menyakiti diri sendiri dengan mencabuti bulu bulunya, terutama bulu ekor. Akibatnya ekornya menjadi bondol dan berdarah pada pangkal ekor.  Bagaimana mengatasi duduk masalah ini, sehingga kutilang kembali normal dan bulu bulunya sanggup segera tumbuh lagi?
Untuk mengatasi kutilang yang mencabuti bulu akhir over birahi, tentu diharapkan tahap tahap tertentu sehingga tak boleh berharap eksklusif cepat membuahkan hasil.  Butuh waktu, ketelatenan dan kesabaran tersendiri. (Baca juga: Pengalaman Menjinakkan Kutilang yang Masih Giras)
Berikut ini lima tahap yang harus dilalui biar jadinya maksimal:
  1. Menyendirikan burung yang bermasalah, salah satu faktor yang sanggup mendukung proses penyembuhan ialah menyendirikan kutilang yang mengalami masalah.  Pisahkan ia dari burung sejenis maupun jenis burung lainnya yang sanggup membuatnya terus menerus mengalami over birahi. Dengan menyendirikan burung maka proses penyembuhannya akan berlangsung lebih cepat dan efektif.
  2. Untuk sementara voer tidak diberikan, untuk sementara waktu, dalam masa penyembuhan, burung kutilang yang bermasalah tidak perlu diberi pakan kering (voer), sebagai gantinya, berikan buah buahan terutama pisang. Dengan demikian, selama 1-2 ahad masa perawatan. Pisang menjadi pakan utama bagi kutilang yang bermasalah.
  3. Jangan berikan extra fooding, selain meniadakan voer, dalam masa penyembuhan burung juga jangan diberi extra fooding (EF) menyerupai jangkrik, ulat hongkong, dan sebagainya. Hilangkan sajian EF untuk sementara, atau selama masa terapi.
  4. Mandi dua hari sekali, pemberian mandi sanggup dilakukan dua kali dalam sehari (Pagi / Sore).
  5. Berikan multivitamin, jangan lupa, selama masa perawatan kondisi kutilang akan menjadi drop. Hal ini terutama kerena akhir tidak adanya lagi pasokan EF. Untuk menjaga biar burung tetap fit, berikan multivitamin yang sanggup didapatkan dikios burung, biar kondisi burung tetap relatif terjaga meski dalam kondisi ngedrop.

 Over birahi sanggup digambarkan atau ditunjukan dengan meningkatnya pemikiran peredaran darah  Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi
Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi
Pantau perkembangan selama 1-2 minggu, sambil melaksanakan terapi, anda sanggup memantau perkembangan burung setiap harinya selama 1-2 minggu, syukur syukur kutilang sudah pulih kurang dari dua minggu. Karena terapi ini akan menciptakan kutilang drop, maka kutilang akan berhenti melaksanakan aktifitas menyakiti dirinya terutama mencabuti bulu nya..
Ketika burung sudah berhenti mencabuti bulu bulunya,, maka akan tumbuh bulu bulu gres dibagian yang mengalami kebotakan termasuk ekor. Dan kalau hal itu terjadi maka burung sanggup kembali menjalani perawatan hariannya. Dengan tunjangan mandi yang lebih teratur biar bulu bulu mereka kembali tumbuh dengan sempura dan rapi. (Baca juga: Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?)
Setelah burung tidak lagi mencabuti bulunya lagi maka perawatan harian sanggup dilakukan kembali, menyerupai sebelum over birahi.
Itulah tips singkat mengenai cara mengatasi burung kutilang yang mencabuti bulu akhir over birahi parah.
Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.
Tags:

Komentar dinonaktifkan: Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akhir Over Birahi

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akhir Over Birahi

Daftar Jenis Burung Yang Dilindungi Di Indonesia

Daftar Jenis Burung Yang Dilindungi Di Indonesia

T 22 May 2009 F A admin

Berikut ini daftar lengkap jenis burung yang dilindungi di Indonesia,berdasarkan lampiran PP Nomor 7 Tahun 1999 wacana “Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa”. 1. Semua jenis burung alap-alap / elang dari famili Accipitridae, Pandionidae, dan Falconidae. 2. Semua jenis burung udang... Selengkapnya

Tips Menaikkan Mental Tempur Pleci Muda Untuk Ditampilkan Di Arena Kontes Oleh Pleci Mania Berpengalaman

Tips Menaikkan Mental Tempur Pleci Muda Untuk Ditampilkan Di Arena Kontes Oleh Pleci Mania Berpengalaman

T 15 May 2009 F A admin

Terkadang kita sebagai perawat tidak sabar terhadap momongan Pleci yang masih muda untuk di ikutkan dalam Perkontesan Suara. Bahasan kali ini oleh Pleci mania berpengalaman. Pleci Dakun Jatim Muda Apakah mungkin seekor Pleci Muda dapat menjadi jawara ditengah kepungan musuh... Selengkapnya

Cara Menentukan Burung Cendet Bakalan Yang Prospek

Cara Menentukan Burung Cendet Bakalan Yang Prospek

T 20 June 2009 F A admin

Burung Cendet (long-tailed shrike), atau yang menyebut pentet atau toet, sanggup ditemukan hampir disemua tempat di pulau jawa, burung ini sangat terkenal disana alasannya bisa menirukan bermacam-macam jenis bunyi burung atau binatang lainnya, sehingga pecinta burung menyebutnya burung yang cerdas... Selengkapnya

+ SIDEBAR