Beranda » Uncategorized » Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?

Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?

T Diposting oleh pada 24 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?
@ Dilihat 2 kali
Burung Kutilang termasuk burung monomorphic atau mempunyai kesamaan warna antara jantan dan betina, ini menjadi dilema tersendiri. Banyak yang menentukan kutilang materi di ombyokan, dan kecewa alasannya yakni burung yang dipilihnya yakni betina. Namun bagi yang sudah berpengalaman dalam memilih/sexing ini hanyalah dilema mudah, namun bagi seorang pemula tentu ini yakni sebuah tanda tanya besar. “saya salah pilih enggak yah?”.
 Burung Kutilang termasuk burung monomorphic atau mempunyai kesamaan warna antara jantan da Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?
Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?
Dan mungkin inilah pertanyaan klasik yang sering diungkapkan oleh beberapa kutilang mania.
Ada anggapan bahwa burung jantan lebih gacor ketimbang burung betina, dan juga lebih variatif dalam hal materi lagu. Dan lebih jauhnya timbulah pemahaman bahwa burung yang bunyi hanya pejantan saja. (Baca juga: Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi)
Namun semua itu belum tentu benar, kenapa? Menurut , kutilang jantan dan betina mempunyai kemampuan berkicau sama baiknya. Bahkan mungkin saja betina bisa mengungguli jantan.
Apa iya? Beberapa anggota merbah yang mempunyai kemampuan mimikri yang baik ibarat Kutilang (P.Aurigaster), Cucak Rawa (P.Zeylanicus), Cucak Jenggot (a.Bress) diberkahi kepandaian dalam hal bernyanyi yang seimbang pada kedua jenis kelaminnya.
Kemampuan tersebut dipakai untuk berkomunikasi,menjaga teritorial, dan dipakai untuk merayu pasangan pada trend kawin, oleh alasannya yakni itu biasanya burung jantan mempunyai lagu yang variatif dan keras (tidak mononton, lezat didengar) dengan fungsi untuk memikat lawan jenisnya.
Kaprikornus burung jantan lebih baik? Belum tentu.. Lihatlah dilapangan kontes, khususnya pada kelas cucak rawa, cendet, lovebird, cucak jenggot. Dimana burung burung betina sering juara. Dan malah dikelas cucak jenggot dan lovebird burung betina mendominasi penerima kontes..
akan memperlihatkan sedikit penitikberatan bahwa,
  • Cara akurat sexing pada kutikang hanya bisa di tebak dengan metode meraba supit udang dengan akurasi mencapai 90%. (Baca juga: Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan Dan Betina)
  • Metode lain yang menjamin keakuratan 100% yakni tes dna dan laboratorium, yang dirasa tak sebanding dengan harga burung kutilang.
Adapun teori identifikasi  dengan melihat bentuk fisik berdasarkan saya hanya masalah feeling semata, tidak ada hukum baku atau parameter pembanding yang akurat perihal anatomi kutilang jantan dan betina, ibarat panjang jambul harus sekian milimeter, panjang ekor, dan bla bla bla, semua itu hanya feeling dari pemain berpengalaman yang sudah biasa melihat jantan dan betina saja. Panjang bulu bisa saja sama kan, namun feeling dengan melihat tegasnya warna bulu burung bisa sempurna asal ada burung pembandingnya. Terlepas dari itu semua penting kah sexing itu? bergotong-royong pada sebagian besar suku merbah, jantan dan betina diberikan kemampuan berkicau yang baik. Seperti yang disampaikan diatas, bisa saja ada jantan yang lebih rajin berkicau atau gacor ketimbang betina, tapi bisa sebaliknya, betina lebih superior mengungguli jantan dalam hal durasi kicauan.
Memang jantan mempunyai keunggulan dalam variasi sesuai dengan fungsinya sebagai pemikat pasangannya dan betina yang bersuara itu itu saja sehingga berkesan tidak menarik. Menurut pengalaman jantan dan betina sama saja dalam masalah gacornya, cuma variasi lagunya toh? Jantan yang suka bongkar bongkar materi kalo lagi di gantang dengan bunyi ngeplong ngeplay dengan gaya teler khasnya tubuh membungkuk goyang kiri kanan menyibak ekor, dan nada agresor nya  saat bergaya garuda. Sedangkan betina hanya cenderung ngeban atau mengulang nada nada sama atau mengikuti nada dari pasangan nya. (Baca juga: Pengalaman Menjinakkan Kutilang yang Masih Giras)
Sahabat kutilang mania bila anda kebetulan terlanjur punya kutilang betina dan sudah gacor tentunya. Anda akan memahami satu hal dari abjad dasar kutilang betina, bahwa ia mempunyai keunikan dimana dalam ngeban nya biasanya mempunyai nada rapat monoton ibarat tembakan tembakan pendek. Namun cepat dan berulang ulang ketimbang kutilang jantan yang mempunyai celah antar nyanyian nya  yang variatif itu.

 Burung Kutilang termasuk burung monomorphic atau mempunyai kesamaan warna antara jantan da Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?
Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?
Sharing Pengalaman dalam merawat Kutilang
Seorang Kicau Mania berpengalaman telah bereksperimen dengan kutilang betina sebagai objeknya. Memaster intensif kutilang betina hanya dengan nada tonjolan prenjak dan besetan rapat cucak jenggot saja ditambah lagu bantalan dari kutilang yaitu ciiii…klek dan crecet orisinil kutilang kreek kreek yang hasilnya tidak mengecewakan alasannya yakni dikala ditrek dengan kutilang lain kutilang betina eksklusif nyamber dengan bunyi cikleklekleklekek disambung ukiran pedas khas ala cucak jenggot dipadu tonjolan prenjak kadang ada selingan pik pik pik nya kemudian nyambung crecet orisinil kutilang krek krek cepat dan rapat berulang kemudian kembali ke besetan jenggot. Tapi sayang saya tidak terfikir mendokumentasikan betina ini dalam bentuk video atau mp3nya. Karena betina ini sudah dibarter sobat saya yang kepincut dikala ngopi dirumah saya. Dengan kenari afs untuk masteran cucak hijau nya.
Sekedar sharing nih kutilang betina saya yakni rawatan dari loloh satu pasangan. Pejantan nya sekarang yang tersisa mempunyai gaya ngerol khas, dan betina nya mempunyai irama rapat cepat. Sebenarnya satu pasang ini dulu saya sanggup pada tahun 2011 bulan agustus di hutan kota ciamis, pada awalnya kedua burung ini saya master eksklusif dengan burung trucuk betina yang punya bunyi ngebren khas, cucak wilis, kurincang, dan kutilang emas. Pada umur 3 bulan kutilang jantan sudah ngerol trucuk dan bunyi kristal kutilang emas serta sedikit cengkok cucak wilis. Maka eksklusif saya pisah untuk dimaster intensif dengan masternya dikala itu.
Sedangkan betina yang suaranya kurang berkembang dikala itu pada usia 5bulan mulai ngeriwik berangasan bunyi suara trecetan yang masi buram. Beda dengan kutilang saudaranya yang bahagia melagukan aneka macam isian yang dimaster  dengan dominasi ngerol kutilang emas yang kristal jernih dikuping dan tonjolan ngebren trocokan serta isian gelatik batu, ciblek, dan jalak suren. Menyadari abjad vokal betina yang lebih nyerecet saya memasternya dengan mp3 nada nada tonjolan cepat semacam kenari, ciblek, prenjak, gelatik batu, manyar, cucak jenggot kapas tembak, serindit. Murai air, pelatuk beras, ciklek lalang, kecici belalang, namun yang pada balasannya yang dikuasai burung betina hanyalah besetan cucak jenggot (saya punya sepasang gacor) dan tonjolan tembakan prenjak atas.
Saya cukup puas dengan hasil jerih payah saya memaster kedua burung ini tanpa menganak tirikan salah satunya. Karena saya yakin keduanya mempunyai prospek cerah. Hanya bermodal kutilang betina rasa jenggot saya menerima kenari af Istimewa hehehe. Sekarang jantan nya masih dirumah gacor penuh isian. Saya pakai untuk master kacer saya bersama master kenari, kutilang emas, dua cucak jenggot, dan sirpu. Pernah kutilang saya mau dimahar 300ribu, saya cuma nyengir.

 Burung Kutilang termasuk burung monomorphic atau mempunyai kesamaan warna antara jantan da Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?
Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?
Saya hanya menyimpulkan saja bahwa betina atau jantan sama saja, masing masing punya kelebihan dan kekurangan masing masing, namun kunci sukses hanyalah memahami abjad dasar burung anda, dan cermat dalam perawatan serta sempurna dalam pemasteran nya.
Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan wangsit Kicau Mania Indonesia.
Tags:

Komentar dinonaktifkan: Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?

Perawatan Burung Pleci Kecial Lombok / Sumbawa Semoga Cepat Ngalas Gacor

Perawatan Burung Pleci Kecial Lombok / Sumbawa Semoga Cepat Ngalas Gacor

T 5 May 2009 F A admin

Burung Pleci Kecial lombok atau sumbawa dikenal dengan burung pleci yang besar, fisiknya menyerupai dengan pleci pada umumnya tetapi fisiknya lebih besar. Burung pleci lombok yang mempunyai nama latin Zosterops chloris maxi ini menjadi salah satu burung yang mempunyai nilai... Selengkapnya

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina Dikala Masih Trotol

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina Dikala Masih Trotol

T 22 June 2009 F A admin

Burung Anis Merah yakni salah satu jenis burung kicau yang cukup terkenal di indera pendengaran kicau mania, khususnya di Indonesia. Anis Merah mempunyai nama lain menyerupai Anis atau punglor Merah juga disebut punglor Bata pemakan cacing. Nama ilmiah dari anis... Selengkapnya

Solusi Burung Murai Watu Yang Macet Mabung Semoga Cepat Ambrol

Solusi Burung Murai Watu Yang Macet Mabung Semoga Cepat Ambrol

T 7 April 2009 F A admin

Mabung yaitu siklus wajib yang harus dilewati burung, alasannya yaitu mabung sendiri yaitu tolak ukur umur dari sebuah unggas. Bagaimana bila murai kerikil gagal merampungkan mabungnya? yang terjadi yaitu burung akan berhenti berbunyi, bulu tak menjadi karuan dan sanggup jadi... Selengkapnya

+ SIDEBAR