Beranda » Uncategorized » Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek

Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek

T Diposting oleh pada 20 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek
@ Dilihat 2 kali
Seiring bertambahnya peminat burung ciblek/prenjak, sekarang populasi burung ciblek sudah sangat langka apalagi ciblek kristal/putih. Ciblek sendiri di cari para penggemar dikarenakan bunyi tembakan dan brennya sangat memukau untuk dijadikan klangenan, masteran, ataupun di perlombakan. Karena kesadaran para penggemar akan langkanya populasi ciblek ketika ini, mulai dikembangkan cara untuk beternak ciblek. Mungkin yang sudah berpengalaman dalam breeding ciblek tidak akan menjadi masalah, berbeda dengan pemula yang gres akan ternak burung kecil satu ini. Pada artikel koran burung ketika ini, akan dibahas bagaimana cara menjodohkan dahulu burung ciblek dan sehabis itu ke tahap ternak, jadi siapkan buku dan bolpoin untuk mencatat.

 Seiring bertambahnya peminat burung ciblek Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek
Anakan Ciblek/Prenjak Putih Hasil Dari Ternak

Ada peralatan dan persiapan yang harus di siapkan terlebih dahulu, ialah :

1. Sangkar untuk ternak ukuran 40 x 40 cm (relatif dapat lebih besar, ataupun sedikit lebih kecil).

 Seiring bertambahnya peminat burung ciblek Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek
Sangkar Untuk Ternak Ciblek
2. Tempat sarang memakai ram kawat di bentuk lingkaran di isi serabut atau alang-alang, dapat memakai materi lain selain ram kawat. Terserah kreatifitas anda. Karena yang utama tidak mengurangi kenyamanan burung ciblek dalam aktifitas pengeraman ataupun meloloh anakan nantinya.
 Seiring bertambahnya peminat burung ciblek Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek
Tempat Sarang Untuk Pengeraman Burung Ciblek

 Seiring bertambahnya peminat burung ciblek Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek
Tempat Sarang Untuk Pengeraman Burung Ciblek
3. Ciblek/Prenjak yang akan di ternak, harus menginjak usia mapan. Untuk usia mapan betina 8 bulan keatas dan sang jantan 1 tahun keatas. Makin mapan usia calon indukan akan lebih baik untuk diternak. Dan yang paling penting Ciblek sudah harus jinak dari rawatan lama, bukan yang liar tangkapan gres dari alam masih takut dengan kehadiran manusia.
 Seiring bertambahnya peminat burung ciblek Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek
Calon Indukan Ciblek Yang Siap Untuk Diternak
Proses Penjodohan Ciblek.
Burung ciblek jantan dan betina ditempel maksimal 1 ahad dalam sangkar gandeng atau sangkar single tetapi sangkar burung di taruh bersebelahan biar saling melihat, proteksi makan jangkrik 3 ekor pagi, 3 ekor siang, 3 ekor sore, voer/pur tetap ada di sangkar ibarat biasa. Jika jantan dan betina sudah terpantau saling memangil dan mengigit jangkrik, satukan dalam sangkar yang disediakan, pantau selama penjodohan alasannya jantan akan menyerang betina, semprot jantan kalau terjadi penyerangan hingga terlihat reda. lakukan berulang – ulang dan harus dalam pemantauan.

Tanda Ciblek Jantan berjodoh, diawali dengan jantan akan mematuki bulu dadanya, kenapa jantan mematuki bulu, alasannya jantan tidak ibarat betina yang mengangkuti materi sarang, sang jantan akan mematuki bulu dada dan pantat/dubur dapat hingga gundul biar proses kawin menjadi lebih mudah, ini ibarat naluri yang muncul pada burung ciblek jantan. Bagi pemula yang awal breeding/ternak ciblek prenjak niscaya kaget melihat sang jantan mematuki bulu dada atau bulu perut, akan menerka ob, tetapi itu bukan sikap ob. Hampir semua kabar dari peternak ciblek, bahwa ciblek jantan mematuki bulu, tapi kalau sudah kedua kalinya di jodohkan aktifitas ciblek jantan mematuki bulunya akan berkurang, mematuki bulu tidak akan berlebihan ibarat pertama dijodohkan.

Tanda Ciblek Betina berjodoh, diawali tanda mengeluarkan bunyi ciriciiiiit… criiiiciiit… sambil ngelepeerr (buka sayap), atau saling tembak kemudian ngelepeeer. kalau sudah terlihat demikian pakan baik mengunakan jangkrik, kroto, telur lebah, laron, ulat tanaman, ulat kandang, jangan hingga kekurangan supaya proses menelur tidak berbulan – bulan lamanya, berternak ciblek beda dengan burung lain, salah sarang, atau tidak nyaman sarang yang sudah ditata rapih, betina akan menelur diluar, usahakan turuti kemauan ciblek, baik daerah yang hening dan pakan.

Pemberian pakan selama proses disatukan 1 sangkar naikan pagi 6 ekor, siang 6 ekor, sore 6 ekor, sekali – kali diputarkan bunyi mp3 ciblek jantan nembak untuk memancing birahi jantan dan akan memicuh terjadinya kawin dan jantan naik ke kepunggung betina untuk proses kawin. Jika jantan sudah membenahi sarang dan di ikuti betina sibuk mengangkut materi sarang (alang – alang kering) yang telah disediakan, tidak usang lagi betina akan bertelor. Tanda – tanda betina akan menelor lubang anus nanah dan kulitnya kemerahan, dan bulu sedikit mengembung.

Jika sudah terlihat tanda betina mematuki ganjal sangkar, sediakan cangkang sotong yang ditumbuk halus, taburkan dibawah ganjal sangkar, jangan lupa pasir atau tumbukan bata merah ditaburkan juga.

Proses Pengeraman
Ciblek betina akan mengerami sehabis bertelur satu atau dua telur, hingga telur ketiga barulah betina mengerami. Pisahkan induk jantan pada sangkar lain kalau betina sudah terlihat mengeram, tetapi jangan terlalu dijauhkan dari betina jodohnya yang lagi mengeram, dikarenakan kalau sang jantan bersuara jauh dari betina, betina akan loncat atau keluar dari sarang ketika sedang mengeram tiap mendengar bunyi jantan dari kejauhan.

Lamanya burung ciblek mengerami 12 – 14 hari, dan akan menetas anakan yang pertama, kalau sudah menetas satu jangan dulu indukan jantan untuk disatukan kembali pada sangkar ternak, dan kita harus membantu memberi makan dengan jangkrik yang dipotong kecil – kecil ataupun dengan kroto, setiap satu jam sekali.
Kalau telur sudah menetas semua, dan usia anakan sudah 5 hari, teladan makan bayi ciblek dapat ditambah lolohan ulat hongkong yang berwarna putih, kemudian satukan kembali induk jantan untuk membantu memberi makan/meloloh anakan ciblek. (Baca juga: Cara Agar Ulat Hongkong Cepat Berganti Kulit)

 Seiring bertambahnya peminat burung ciblek Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek
Anakan Ciblek/Prenjak Putih Hasil Dari Ternak

Pengambilan anakan usia 12-15 hari, supaya anakan ciblek cepat mengikuti keadaan dengan lingkungan manusia, kalau udah menetas semua coba dibawa ke kebun dan digantung ditempat yang tidak begitu terkena sinar matahari siang, terkadang disimpan dibawah diteras rumah yang sedikit ramai aktifitas manusia. Jika keadaan darurat anakan ciblek dapat diambil lebih awal diusia 3 hari atau 4 hari, diloloh oleh kita sendiri.

Kasus Ciblek Jantan Suka Membuang Anakan
Beberapa keterangan dan pengamatan dari sahabat yang mengalami anakan ciblek dikeluarkan sang jantan dari sarang, bukan di makan cicak atau tikus tetapi tingkah sang jantan iseng yang mematuk dan menjatuhkan anakan ciblek.
Nah.. Untuk mengindari hal tersebut usahakan jantan dipisah saja, cukup dengan betina saja yang menyuapi/melolohi anaknya. Yang penting pakan berupa kroto, ulat hongkong, jangkrik, laron, telur larva, selalu tersedia pada sangkar ternak dan dapat digonta – ganti dalam proteksi makan. Jika animo laron, beri pakan laron, pokoknya pakan ciblek haruslah bergizi tinggi, untuk diberikan kepada sang induk atau anak ciblek, semakin manis proteksi pakan semakin besar mencapai kesuksesan mempunyai momongan hasil usaha dari nol hingga dapat dinikmati kicauannya, syukur – syukur dapat menjadi juara lomba gantangan ciblek. (Baca juga: Cara Perawatan Ciblek/Prenjak Putih dari Bakalan Hingga Menjadi Gacor Ngebren)

Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Panduan Cara Menjodohkan Dan Ternak Burung Ciblek

Masalah Kerontokan Bulu Pada Musang

Masalah Kerontokan Bulu Pada Musang

T 29 May 2009 F A admin

Masalah kerontokan bulu merupakan duduk kasus yang sering menyerang musang, apalagi yang berbulu panjang. Mengatasi duduk kasus ini gampang-gampang susah lantaran penyebabnya yang banyak. Musang Pandan Di Alam Liar Sebenarnya ada banyak penyebab bulu rontok pada musang, menyerupai di bawah... Selengkapnya

Cara Memilih, Merawat, Dan Hambatan Lovebird Kekek-An Dari Paud Hingga Kontesan

Cara Memilih, Merawat, Dan Hambatan Lovebird Kekek-An Dari Paud Hingga Kontesan

T 4 May 2009 F A admin

Burung Lovebird hingga hingga detik ini sangat diburu para Kicau Mania, bukan hanya lantaran warnanya yang bagus-bagus melainkan juga lantaran suaranya yang menjadi daya tarik sendiri. Lovebird yang suka bersuara atau yang biasanya disebut ngekek akan naik harga jualnya daripada... Selengkapnya

Problem Dan Cara Mengatasi Cendet / Pentet Remaja Yang Miyik – Mbayi

Problem Dan Cara Mengatasi Cendet / Pentet Remaja Yang Miyik – Mbayi

T 3 April 2009 F A admin

Banyak Cendet Mania yang mengalami bingung lantaran burung gacoannya yakni burung Cendet yang bertingkah miyik/manja, adapun rangkaian sifat manja burung cendet itu  bermacam-macam, mulai merunduk, mbalon atau ngembangin bulu, paruh di  cocolkan ke ornamen sangkar, turun ke dasar kandang dan... Selengkapnya

+ SIDEBAR