Beranda » Uncategorized » Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari

Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari

T Diposting oleh pada 15 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari
@ Dilihat 4 kali
Burung kenari (Serinus canaria) ialah termasuk unggas yang sensitif. maka, dibutuhkan kesabaran dalam memeliharanya. Lebih-lebih lagi bila kenari dijadikan ternakan, untuk memeliharanya serta merawatnya membutuhkan lebih banyak waktu. Banyak hal yang sanggup menyebabkan munculnya penyakit bagi kenari, Pengaruh lingkungan, pergantian cuaca, sajian pakan kenari dan kondisi kandang yang tidak sehat ialah beberapa faktor penyebabnya. Momok penyakit salah satunya sering terjadi pada kenari ialah gangguan pernapasan. Oleh alasannya itu diharapkan tindakan. gangguan penapasan sanggup menyerang burung kenari, baik kenari jantan ataupun betina.
 dibutuhkan kesabaran dalam memeliharanya Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari
Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari
Penyebab :
Infeksi terjadi pada jalan masuk pernapasan oleh Bakteri E.coli dan virus yang disebut nama CRD (Chronic Respiratory Desease). Jika sudah parah, penyakit pernapasan ini sangat sulit disembuhkan dan biasanya tak usang kenari yang sakit terinfeksi ini akan lemas dan mati. Hati – hati penyakit ini sanggup menular ke kenari atau burung jenis lain. Penularannya terjadi melalui kontak eksklusif antara kenari yang sakit dan yang sehat.
Contohnya, indukan kenari yang terinfeksi penyakit pernafasan dan meloloh/menyuapi anaknya, maka anakan burung yang diloloh akan sangat kemungkinan tertular penyakit tersebut. Anakan kenari berasal dari induk yang terkena penyakit tidak dipungkiri mewarisi penyakit yang dimiliki oleh induk kenari tsb. Intinya jauhkan/isolasikan burung yang sakit ke tempat yang jauh dari burung sehat alasannya penularan penyakit ini sanggup juga terjadi melalui kontak makanan/minuman, kandang kurang bersih, ataupun udara/angin.
Gejala :
pernapasan yang tampak terlihat ialah burung sering bersin-bersin, pada malam hari yang cuacanya cuek pernapasannya ngorok, hidung lembab atau berair berlendir, dan acara atau gerak burung menurun.
Jika kenari anda mengalami hak ibarat ini, maka tindakan preventif dan kuratif untuk mengatasi penyakit penafasan yang harus dilakukan ialah :
  1. Kenari yang terinfeksi penyakit pernapasan harus segera di asingkan disangkar sendiri dan diobati supaya tidak menambah resiko penularan kepada burung  yang sehat.
  2. Kandang, cepuk makan/minum selalu dikontrol kebersihannya dan  kotoran yang terdapat di dalam kandang di dasar ataupun di dalam tempat makan/minum selalu di kontrol kebersihannya.
  3. Selain cara perawatan diatas, anda juga memerlukan obat untuk sanggup mengatasi penyakit gangguan pernapasan pada kenari, dengan menawarkan obat yang kini sudah banyak tersedia di petshop yang ada di kawasan anda. Obat untuk jenis penyakit ini biasanya berupa antibiotik yang dicampur pada air minum ataupun yang eksklusif dicekokkan pada paruh burung kenari.

 dibutuhkan kesabaran dalam memeliharanya Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari
Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari
Dari keterangan diatas, maka sanggup disimpulkan bahwa untuk menjaga kesehatan kenari sangatlah
penting. Tidak hanya dari faktor lingkungan saja, namun dari perawatan burung kenari sendiri juga diharapkan tindakan yang spesial. Teknik jemur dan santunan makan yang bergizi berupa biji dan sayuran segar juga harus dilakuakan secara rutin, berikan pemanis berupa produk vitamin bagi kenari anda untuk menambah stamina kesehatannya.

Semoga Bermanfaat.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.

Komentar dinonaktifkan: Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Mengatasi Gangguan Pernafasan Pada Burung Kenari

Solusi Burung Murai Watu Yang Macet Mabung Semoga Cepat Ambrol

Solusi Burung Murai Watu Yang Macet Mabung Semoga Cepat Ambrol

T 7 April 2009 F A admin

Mabung yaitu siklus wajib yang harus dilewati burung, alasannya yaitu mabung sendiri yaitu tolak ukur umur dari sebuah unggas. Bagaimana bila murai kerikil gagal merampungkan mabungnya? yang terjadi yaitu burung akan berhenti berbunyi, bulu tak menjadi karuan dan sanggup jadi... Selengkapnya

Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan

Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan

T 14 April 2009 F A admin

Banyak Lovebird mania dalam dunia kekekan atau penangkar melihat lovebird yang Gestang, yaitu sering menggesek-gesekkan tulang pubis (supit udang) atau kawasan sekitar kloaka ke tangkringan / tenggeran atau kalangan lovebird mania sering menyebutnya ngosek tangkringan? Perilaku ini sering diperlihatkan lovebird... Selengkapnya

Cara Merawat Burung Camperling Atau Cucak Keling Semoga Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Camperling Atau Cucak Keling Semoga Cepat Gacor

T 29 April 2009 F A admin

Nama aslinya yaitu burung perling kumbang / asian glossy starling (Aplonis panayensis), namun para kicaumania di Indonesia lebih familiar dengan sebutan cucak keling. Burung dari keluarga jalak-jalakan ini mempunyai wilayah persebaran mulai dari wilayah timur India hingga Asia Tenggara. Cara... Selengkapnya

+ SIDEBAR