Beranda » Uncategorized » Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan

Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan

T Diposting oleh pada 14 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan
@ Dilihat 5 kali
Banyak Lovebird mania dalam dunia kekekan atau penangkar melihat lovebird yang Gestang, yaitu sering menggesek-gesekkan tulang pubis (supit udang) atau kawasan sekitar kloaka ke tangkringan / tenggeran atau kalangan lovebird mania sering menyebutnya ngosek tangkringan? Perilaku ini sering diperlihatkan lovebird jantan, terutama yang tidak didampingi burung betina. Terkadang sudah didampingi betina pun, sikap ini masih muncul. Bukan hanya itu, burung betina pun juga bisa berperilaku menyerupai ini. Anda mungkin sudah tahu apa penyebabnya, yaitu lovebird dalam kondisi birahi berlebihan (over birahi / OB). Tetapi mengapa bisa begitu, dan bagaimana solusinya?
 Banyak Lovebird mania dalam dunia kekekan atau penangkar melihat lovebird yang Gestang Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan
Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan
Penyebab lovebird sering “mengawini” tangkringan ialah alasannya ialah birahnya yang berlebihan atau OB. Hal ini terutama akhir tumpuan rawatan yang salah atau tidak tepat. Karena menginginkan burungnya rajin suara atau gacor, tidak sedikit lovebird mania yang melaksanakan setting berbirahi tinggi, baik melalui santunan pakan dan extra fooding (EF) maupun penjemuran secara berlebihan, tanpa melihat huruf burung. Sehingga birahi pada burung lovebird meledak, dan jadinya mencoba mengosek tangkringan, alasannya ialah mungkin lovebird tsb merasa nyaman jadinya itu menjadi kebiasaan lovebird yang kawin tangkringan. (Baca juga: Awas Keliru!! Inilah Cara Paling Tepat Penanganan Penyakit Snot Pada Lovebird)
Lovebird mungkin memang bisa gacor, tetapi dibarengi dengan munculnya sikap menggesek-gesekkan supit udang atau kawasan sekitar kloaka ke tangkringan. Pada manusia, hal ini bisa dianalogikan menyerupai (maaf..) onani atau masturbasi. Perilaku ini makin menjadi-jadi, terutama pada lovebird yang sudah mencapai umur cukup umur kelamin, yang pada burung jantan ditandai dengan kemampuannya memproduksi sel sperma (spermatozoa), atau sel telur (ovum) pada burung betina. Apabila burung yang sudah mencapai umur cukup umur kelamin selalu disetel dengan pakan dan EF yang menciptakan birahinya tinggi, tetapi tidak disediakan pasangan, banyak pengaruh negatif yang muncul. Misalnya, burung akan menjadi sangat agresif.
 Banyak Lovebird mania dalam dunia kekekan atau penangkar melihat lovebird yang Gestang Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan
Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan
Selain itu, bisa juga terjadi gangguan seksual. Ketika Anda kemudian menyediakan burung berbeda jenis kelamin sebagai pasangannya, lovebird yang terlanjur berperilaku asing ini belum tentu mau dijodohkan. Ia akan tetap asyik “mengawini” tenggeran. (Baca juga : Cara Paling Tepat Menentukan Jenis Kelamin Lovebird Anakan Dan Dewasa)
Karena itu, lovebird dengan sikap menyerupai ini harus segera ditangani, semoga tidak makin menjadi-jadi. Berikut ini solusi yang bisa Anda lakukan di rumah :
  • Pindahkan lovebird ke sangkar soliter, yang letaknya jauh dari lovebird lain. Sangkar tidak lagi dipasangi tangkringan. Cepuk pakan dan air minum juga mesti diletakkan di dasar sangkar. Trik ini bertujuan semoga lovebird tak lagi bergantung pada tangkringan, sehingga bisa meredam keinginannya untuk “mengawini” tangkringan.
  • Melalui trik ini, burung mempunyai kesempatan bergerak (olahraga) lebih banyak. Sebab jikalau bosan di dasar sangkar, ia akan memanjat jeruji jangkar. Tetapi pada tahap awal, jikalau kondisi birahin masih tinggi, sangat dimungkinkan burung akan “mengawini” jeruji sangkar / kandang, terutama jeruji bawah.
  • Untuk mengurangi birahinya, berikan pakan berupa millet polos saja (millet putih) yang bisa didapatkan di kios pakan burung langganan Anda.
  • Frekuensi mandi diperbanyak daripada biasanya, sedangkan porsi penjemuran dikuangi. Kalau perlu, burung cukup diangin-anginkan saja untuk sementara waktu.
  • Untuk menstabilkan kondisi kesehatannya, berikan Mineral dan Vitamin (2 kali seminggu) di biro terdekat di kota Anda.
  • Lakukan semua langkah di atas dengan telaten, sabar, hingga jadinya lovebird kembali normal atau tidak melaksanakan tindakan “saru” menyerupai itu lagi.

Semoga Bermanfaat.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.
Tags:

Komentar dinonaktifkan: Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Bagaimana Solusi Lovebird Yang Sering Kawin Tangkringan

Perbedaan Warna Lovebird Biru Cobalt, Biru Mangsi, Violet Sf, Violet Df, Violet Ddf

Perbedaan Warna Lovebird Biru Cobalt, Biru Mangsi, Violet Sf, Violet Df, Violet Ddf

T 3 May 2009 F A admin

Perbedaan Warna Lovebird Biru Cobalt, Biru Mangsi, Violet SF, Violet DF, Violet DDF Burung Lovebird memang mempunyai bermacam-macam warna, apalagi para peternak selalu berlomba – lomba untuk mencetak varian warna baru. Untuk para pemula akan sedikit resah dengan varian warna... Selengkapnya

Arti Dari Abreviasi Atau Istilah Di Dunia Kicau Mania

Arti Dari Abreviasi Atau Istilah Di Dunia Kicau Mania

T 9 July 2009 F A admin

Kamus atau istilah dalam burung berkicau, bergotong-royong sangatlah penting untuk diketahui supaya sanggup lebih memudahkan dalam berkomunikasi dengan rekan-rekan lain, dan setidaknya niscaya cukup diharapkan dalam menjalankan hobi itu sendiri. Disamping itu, istilah yang umum digunakan oleh para kicau mania... Selengkapnya

Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia

Jenis Burung Branjangan Yang Ada Di Indonesia

T 18 June 2009 F A admin

Burung Branjangan (Mirafra javanica) di Indonesia mempunyai huruf bunyi dan warna batikan yang berbeda-beda berdasarkan tempat asalnya masing-masing, ada yang berkarakter bunyi monoton dan bervariasi, dan ada juga yang bersuara ngebas atau mengkristal serta melengking. Corak batikan dan warna pada... Selengkapnya

+ SIDEBAR