Beranda » Uncategorized » Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus

Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus

T Diposting oleh pada 12 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus
@ Dilihat 7 kali
Adu Balap Merpati atau Burung Dara (Doro : jawa) sangat merata di penjuru dunia. Banyak sekali jenis merpati yang berasal dari Asia dan Australia. Sebagian besar merpati yang ada di Indonesia yakni pemakan buah dan biji, yang teristimewa berasal dari Papua alasannya yakni ukuran tubuhnya paling bongsor/besar daripada merpati jenis lainnya, Panjang tubuhnya bisa mencapai 80cm. Merpati ini biasa dipanggil merpati kipas dan sering dipelihara untuk burung rumahan/klangenan.
Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus
Kembali lagi ke pembahasan langgar merpati balap, untuk mendapat merpati yang ahli dalam terbang yang berkualitas baik dan calon juara, dibutuhkan serangkaian latihan yang sempurna dan kesabaran dari pelatihnya, kalau yang instan yah beli yang sudah juara hehehe. Satu hal yang juga penting dalam menentukan merpati balap yang baik yakni kualitas indukannya. Dengan memperhatikan silsilahnya, kita sanggup memperkirakan kualitas dari seekor burung merpati balap. Hal ini alasannya yakni faktor genetik juga turut menghipnotis kualitas burung merpati balap, apalagi jikalau hal ini berkaitan dengan burung merpati hias. Merpati balap dan merpati hias juga dilihat dari ciri-ciri fisiknya untuk melihat kualitas baik dan buruknya sang indukan.
Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus
Secara fisik keseluruhan, burung merpati balap yang baik akan mempunyai ciri-ciri fisik kurang lebih ibarat yang akan disampaikan berikut ini. Walaupun secara pribadi, setiap orang akan mempunyai teori sendiri menurut pengalamannya dalam menentukan burung merpati yang dianggapnya akan menjadi calon juara balap merpati. Tetapi koran burung disini hanya menawarkan patokan dalam pemilihan yang baik, alasannya yakni kembali lagi dari segi perawatannya. Berikut ini ciri fisik yang bisa dijadikan salah satu pertimbangan untuk menentukan burung merpati balap yang baik :
  • Jantan, jenis kelamin pada merpati balap yang dilombakan yakni jantan.
  • Mata, cari yang bening, pupil kecil. Ciri ini penglihatannya elok kalau burung dilepas jauh atau cuaca lagi mendung/gelap.
  • Paruh, pendek, runcing, keras, hitam/cokelat tua.
  • Leher, sedang (tidak terlalu panjang/tidak terlalu pendek), tulang keras, padat berisi.
  • Bulu Sekunder, panjang, lebar, lidinya tebal.
  • Bulu Primer, lebar, rapat, ujung runcing, lidinya tebal & lurus.
  • Bulu Penutup pada Bulu Sekunder, tebal, halus dan kecil – kecil.
  • Otot Dada dan Pangkal Sayap, daging kenyal/elastis dan berisi.
  • Tulang Dada, tebal.
  • Supit Udang, ujung tulang supit tajam (bila dirabah), keras lurus, tidak terlalu lebar, jaraknya antar tulang supit maximal 0.5 cm.
  • Pinggang, cari pinggang yang lebar biasanya tembakannya kencang.
  • Ekor, lurus rapat pada ketika merpati balap diam, jarak dari ujung bulu primer 0.5 – 1 cm, ekor terlalu panjang biasanya tembakannya kurang kencang, alasannya yakni terlalu banyak menahan angin.
  • Betis Kaki, cari betis kaki yang besar, biasanya powernya tidak mengecewakan besar. Betis kaki yang pendek (biasanya burung yang langkahnya pendek – pendek). Betis kaki yang tinggi (biasanya burung yang langkahnya panjang – panjang).
  • Badan burung, cari yang postur bangun gagah hingga ekornya menyentuh tanah/pijakan (nyeret tanah). Betis kakinya pendek dan besar biasanya itu huruf burung yg larinya dasar/bawah, tembakannya super kencang (untuk balap sprint).
Niscaya burung merpati dengan berpedoman ciri – ciri diatas biasanya kemampuannya diatas rata – rata, tapi kembali lagi dari bagaimana pemilik MB itu sendiri. Karena intinya merpati balap yang elok 50% berada pada ciri fisik, sedangkan 50 % lagi pada perawatan hariannya. (Baca juga: Cara Memilih Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus)
Semoga Bermanfaat.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus

Macam-Macam Vulnus (Luka) Dan Penangananya

Macam-Macam Vulnus (Luka) Dan Penangananya

T 7 July 2009 F A admin

Defenisi Vulnus (luka) yaitu kerusakan, robek, atau pemisahan jaringan pada kulit yang disebabkan lantaran syok mekanis, termis, atau kimiawi dengan atau tanpa disertai perdarahan.  Vulnus (luka terbuka) sering terjadi pada kuda lantaran kuda mempunyai kegiatan motorik yang tinggi apalagi bila... Selengkapnya

Solusi Sempurna Burung Kacer Yang Macet Mabung

Solusi Sempurna Burung Kacer Yang Macet Mabung

T 5 April 2009 F A admin

Mabung yaitu siklus wajib yang harus dilewati burung, alasannya yaitu mabung sendiri yaitu tolak ukur umur dari sebuah unggas. Bagaimana jikalau kacer gagal merampungkan mabungnya? yang terjadi yaitu burung akan berhenti berbunyi, bulu tak menjadi karuan dan sanggup jadi gundul/kebotakan... Selengkapnya

Cara Perawatan Ciblek/Prenjak Putih Dari Bakalan Sampai Menjadi Gacor Ngebren

Cara Perawatan Ciblek/Prenjak Putih Dari Bakalan Sampai Menjadi Gacor Ngebren

T 9 May 2009 F A admin

Burung ciblek atau prenjak putih yaitu burung mungil yang mempunyai power bunyi luar biasa. Pada awalnya burung ciblek hampir tidak dilirik oleh para pecinta burung, namun kini burung mungil ini sudah menjadi salah satu burung kicau berada dipapan atas dan... Selengkapnya

+ SIDEBAR