Beranda » Uncategorized » 15 Cara Menentukan Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus

15 Cara Menentukan Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus

T Diposting oleh pada 11 April 2009
F Kategori
b Comments Off on 15 Cara Menentukan Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus
@ Dilihat 3 kali
 Ada Perbedaan khusus bagaimana menentukan ciri fisik merpati yang cantik untuk tubruk sprint ata 15 Cara Memilih Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus
Cara Memilih Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus

Ada Perbedaan khusus bagaimana menentukan ciri fisik merpati yang cantik untuk tubruk sprint atau dasaran, meskipun tak berbeda jauh dengan ciri fisik yang dipakai untuk tinggian/kolongan. Di artikel ini pelengkap dari artikel sebelumnya Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus, dan akan di jelaskan khusus cara pemilihan yang sempurna merpati untuk tubruk sprint dibawah ini :

  1. Carilah burung merpati dengan postur seimbang antara badan, sayap, ekor, leher, kepala. Hindari burung yang berbadan besar tapi sayap pendek/kecil.
  2. Pilih calon merpati balap yang mempunyai dada besar membentuk 2 bidang atau membelah menyerupai atlit binaragawan. Tujuannya semoga kemampuan menyimpan oksigen selama terbang lebih banyak. Pasalnya semoga burung tidak gampang lelah dan juga oksigen itu mengurangi pembentukan asam laktat penyebab kelelahan otot.
  3. Tulang pembentuk dada pun harus bundar melengkung ke arah kloaka (anus). Ketika diraba, otot di sekeliling tulang terasa halus agak lembek. Tetapi mendekati kloaka, otot sumpit (kandung kemih) keras dan lurus.
  4. Bentuk kepala yang bagus, besar dan membulat setengah lingkaran.
  5. Leher merpati/doro sprint kebanyakan tidak terlalu panjang, yang ideal yang sedang dengan tulang leher besar.
  6. Bagian organ gerak paling penting yaitu sayap. Setiap calon merpati balap harus mempunyai otot pangkal yang berpengaruh semoga kepakan semakin cepat dan bertenaga. Idealnya, otot pangkal sayap dikala diraba kenyal, lentur dan padat sehingga burung tak cepat lelah dikala terbang.
  7. Bulu merupakan kepingan terpenting dari sayap. Setiap burung umumnya ditutupi bulu. Ia terbagi menjadi 3 bagian, yakni bulu epilog sayap, sekunder, dan primer. Tetapi pada merpati balap, justru bulu primer penentu baik tidaknya sang burung untuk berpacu.
  8. Bulu primer berfungsi sebagai penyeimbang dan alat rem sewaktu mendarat. Ia berjumlah 10 helai. Saat dibentangkan, posisi ke-10 bulu itu haruslah rapat, beraturan dan serasi. Ukuran bulu primer di usahakan cari yang lebar. Tulang/lidi bulu besar.  Secara alami sehelai bulu akan rontok setiap bulan.
  9. Bulu sekunder memegang peranan penting dalam kecepatan, carilah bulu yang lebar, panjang, tebal dan pastikan pangkal sayap nya berotot dengan dagingnya elastis.
  10. Bulu luar/bulu epilog sayap, carilah yang kecil – kecil dan rapat menutupi bulu sekunder.
  11. Cari merpati dengan bentuk pinggang yang lebar semoga shooting/tembakannya lurus dan kencang, dan jikalau betina yang pinggangnya lebar maka telornya akan besar/kualitas dan betina tersebut cocok bila dijadikan indukan alasannya yaitu tulang pinggang yang besar memudahkan dalam mengeluarkan telur nantinya.
  12. Ekor merpati balap kebanyakan yang cantik yang mempunyai ekor yang lurus, rapat, sedikit menyeret tanah, lebih panjang 1 cm dari ujung bulu primer sayap, tidak bengkok atau lembek apalagi galing.
  13. Warna paruh walaupun tidak mutlak, carilah paruh yang pendek, tajam dan hitam atau coklat tua. Pengalaman burung merpati balap dengan paruh tersebut rata – rata galak, ngotot, dan punya kemampuan sprint yang bagus.
  14. Warna mata juga member indikasi kecepatan terbang. Merpati balap mempunyai warna mata lebih merah terang. Ia terlihat bernafsu dan sadis. Kebanyakan merpati balap juara mempunyai warna mata itu.
  15. Pupil/titik hitam pada mata merpati kecil, dipercaya semoga pembesaran penglihatannya maksimal bila melihat objek yang jauh (nge-zoom), juga semoga bisa melihat betina dari jarak pandang jauh. Dalam lomba, jarak pandang sang jantan pada betina kelepekan menentukan hasil akhir. Semakin kepakan betina terlihat, makin cepat sang jantan melaksanakan sprint. Oleh alasannya yaitu itu lingkaran pupil di mata harus bisa membesar dan mengecil untuk mengukur jarak.
 Ada Perbedaan khusus bagaimana menentukan ciri fisik merpati yang cantik untuk tubruk sprint ata 15 Cara Memilih Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus
Cara Memilih Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus

Semua klarifikasi diatas bisa menjadi pola dikala kita hendak membeli dari sangkar ranji/ombyokan atau sedang menentukan di peternakan umum. Tapi itu semua kembali kepada aksara bawaan merpati dan juga cara proses latihan yang dilakukan perawatnya. Anakan merpati jawara pun belum tentu bisa menjadi juara tanpa adanya latihan terlebih dahulu. Meskipun anak dari indukan juara mewarisi talenta dan fisik tubuh indukan, tanpa proses latihan itu bukanlah apa – apa. (Baca juga: 16 Cara Memilih Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas)

Semoga Bermanfaat.
Tetap jadikan wangsit Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: 15 Cara Menentukan Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait 15 Cara Menentukan Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus

Tentang Sugar Glider Dan Hibernasi/Tidur Selama Waktu Tertentu Pada Demam Isu Dingin

Tentang Sugar Glider Dan Hibernasi/Tidur Selama Waktu Tertentu Pada Demam Isu Dingin

T 27 May 2009 F A admin

Sugar Glider Dan Hibernasi atau Hibernation in Sugar Glider. Kami mau menjelaskan wacana Sugar Glider yg mengalami hibernasi.  Apakah hibernasi itu? Adalah masa atau periode hewan yg dalam waktu tertentu, akan bersembunyi didalam ruangan atau kawasan yang hangat untuk tidur.... Selengkapnya

Pilih Kacer Dada Putih Atau Kacer Dada Hitam

Pilih Kacer Dada Putih Atau Kacer Dada Hitam

T 18 May 2009 F A admin

Sobat Kicau Mania dedengkot kacer niscaya masih ingat dimana tren kacer dada hitam pernah melejit di awal tahun 2000an, banyak nama – nama kacer legendaris yang mungkin masih di ingat ? antara lain Raja Rimba, Raja Segoro Puro, Suropati, Samurai... Selengkapnya

Ciri – Ciri Musang Sedang Mengalami Tanda-Tanda Sakit

Ciri – Ciri Musang Sedang Mengalami Tanda-Tanda Sakit

T 30 May 2009 F A admin

Ciri – Ciri Tingkah Laku Musang Yang Sakit : 1. Nafsu makan Hewan yang sehat nafsu makannya baik. Hewan sakit nafsu makannya berkurang atau bahkan hilang sama sekali. 2. Cara bernafas Hewan sehat nafasnya teratur, bergantian antara gerakan dada dan... Selengkapnya

+ SIDEBAR