Beranda » Uncategorized » 16 Cara Menentukan Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas

16 Cara Menentukan Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas

T Diposting oleh pada 10 April 2009
F Kategori
b Comments Off on 16 Cara Menentukan Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas
@ Dilihat 5 kali

Indonesia memang negara seribu hoby, banyak hoby – hoby yang menyenangkan berasal dari Indonesia, salah satunya ialah Adu Merpati, bukan merpati di tarungkan yah, melainkan laga terbang. Diartikel sebelumnya dimana kita membahas Cara Memilih Merpati Balap Sprint / Dasar Yang Bagus, kali ini koran burung akan membahas bagaimana menentukan merpati balap kolongan atau sering juga disebut tinggian. Ciri – ciri fisik atau katuranggan beberapa player – player handal yang telah menorehkan banyak prestasi alhasil disimpulkan beberapa ciri khusus dalam artikel ini. supaya bermanfaat dan menambah semangat penikmat merpati/doro kolongan.

 hoby yang menyenangkan berasal dari Indonesia 16 Cara Memilih Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas
16 Cara Memilih Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas

Di bawah ini beberapa tips nya, anda dapat lihat gambar merpati di atas sebagai perbandingan :

1. Kepala panjul atau mengerucut dapat juga yang njambe tapi sedang tidak terlau besar. Tidak menyerupai untuk sprint dicari yang besar kepalanya.

2. Leher panjang melengkung kedepan menyerupai jerapah atau cari yang leher berukuran sedang tapi ideal sepadan dengan anggota tubuh lainya juga kokoh kalau di pegang melongok/menaik menyerupai gancu atau kait.
3. Mata

  • Untuk Mata Mata kuning, kuning kemerahan dapat juga yang merah menyala atau mata jawa dan liplap maupun mata pilo asal teleng hitam pada mata/pupil kecil bening dan bundar kalau mbekur pupil semakin mengekecil juga pada ketika tertimpa cahaya matahari. 
  • Adapun teleng hitam yg pudar cari yang warna hitamnya jelas/seperti kedelai amis (tidak merusak bulatnya pupil) Tipe menyerupai ini biasanya di samping anggun buat Player anggun juga buat pacekan atau bahan ternak. 
  • Pelupuk mata atau alis tipis tidak agresif dengan warna segar tidak merah tebal. 

4. Paruh ramping kecil/tipis menyerupai burung tekukur atau perkutut.

5. Pipi/muka tipis tidak tembem dan bulu lenggot tipis.
6. Hidung pesek kering tipis dan lubang hidung kecil rapet.
7. Bentuk tubuh panjang oval menyerupai bentuk telur, ketika di pegang empuk dan tipis di lihat dari bahu ke pangkal ekor membentuk segitiga.

8. Punggung tegap dan dada mbilah/membelah menyerupai binaragawan berisi gupalan otot, ujung dada bab belakang melengkung ke dalam bab perut.

9. Sayap rapi dan penjawat panjang menyerupai bilah pedang dan sejajar dengan ujung ekor serta tulang sayap tebal seimbang kanan dan kiri.

10. Otot sayap kalau di raba besar dan elastis, menunjukan merpati mempunyai power dalam mengepakkan sayap.

11. Cari yang ekornya pendek bila di sejajarkan antar bulu ekor menyatu menyerupai sendok, bila yang panjang cari yang sejajar juga dengan sayap dan ketika di genggam ujung ekor Temungkul/rapat. Cari ujung ekor menunjuk ke bawah, atau sedikit menyeret/menyentuh tanah.

12. Kaki kering, jari panjang serta lentik kokoh dan kuku menyerupai cakar Elang.

13. Tulang supit udang atau tulang bawah dubur panjang melengkung serta tebal dan menonjol, jarak antar ujung tulang sumpit tidak melebihi ruas jari telunjuk kalau di genggam ujung tulang melekat di telapak tangan.

14. Jenis bulu lembut halus atau nyutra dan tebal, kering mengkilat menyerupai berminyak kalau di genggam licin.

15. Kalau berjalan menyerupai mentok/itik/bebek dan sedikit jinjit telapak belakang kaki tidak melekat ke tanah

16. Kepakan sayapnya ketika di umbar berbunyi menyerupai kepakan ayam jago yang akan berkokok walaupun volumenya tak sekeras kepakan ayam jago, ini menunjukan power pada kepakan merpati bertenaga.

 hoby yang menyenangkan berasal dari Indonesia 16 Cara Memilih Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas
16 Cara Memilih Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas

Demikian pembahasan perihal cara menentukan merpati balap kolongan yang berkualitas.
Semoga lomba tradisional ini tidak punah dari Indonesia, dan pecinta merpati balap semakin bertambah dan makin berkualitas. (Baca juga:  Tips Jitu Pemilihan Merpati Balap Yang Bagus)

Semoga Bermanfaat.
Tetap jadikan ide Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: 16 Cara Menentukan Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait 16 Cara Menentukan Merpati Balap Tinggian/Kolongan Yang Berkualitas

Cara Membedakan Burung Trucukan/Trocokan Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Burung Trucukan/Trocokan Jantan Dan Betina

T 27 April 2009 F A admin

Burung Trucukan / Cerukcuk sekarang termasuk burung yang ngetrend untuk di pelihara sebagai klangenan ataupun perlombaan/kontes suara, sebagian di wilayah Indonesia tertentu sudah mengadakan kelas lomba burung trucukan. Burung pengicau yang bersuara khas ropel ini di alam bebasnya sangat gemar... Selengkapnya

Prinsip Dasar Patologi Veteriner (Protein)

Prinsip Dasar Patologi Veteriner (Protein)

T 23 June 2009 F A admin

Proses fisiologis A. rantai asam amino protein polipeptida. Protein ini lebih dari 1000 individu telah dicirikan dalam serum. Kebanyakan protein yang murni tidak biokimia. protein dikombinasikan dengan materi lainnya. Sebagai contoh, lipoprotein dan polisakarida (gula) B. plasma yang mengandung fibrinogen... Selengkapnya

Perawatan Pada Burung Murai Watu Yang Mabung / Molting / Ngurak

Perawatan Pada Burung Murai Watu Yang Mabung / Molting / Ngurak

T 8 April 2009 F A admin

Burung Kicauan / Unggas akan mengalami siklus wajib pergantian / rontok bulu yang biasa disebut mabung / molting / ngurak. Biasanya proses mabung ini akan dialami setiap tahunnya sesuai dengan aktivitas siklus burung masing – masing. Dalam artian, contohnya anda ketahui... Selengkapnya

+ SIDEBAR