Beranda » Uncategorized » Perawatan Pada Burung Murai Watu Yang Mabung / Molting / Ngurak

Perawatan Pada Burung Murai Watu Yang Mabung / Molting / Ngurak

T Diposting oleh pada 8 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Perawatan Pada Burung Murai Watu Yang Mabung / Molting / Ngurak
@ Dilihat 3 kali
Burung Kicauan / Unggas akan mengalami siklus wajib pergantian / rontok bulu yang biasa disebut mabung / molting / ngurak. Biasanya proses mabung ini akan dialami setiap tahunnya sesuai dengan aktivitas siklus burung masing – masing. Dalam artian, contohnya anda ketahui burung kicauan milik anda mabung untuk yang pertama kali pada bulan Januari, maka kemungkinan besar pada bulan Januari tahun depan burung tersebut akan mengalami masa mabung berikutnya secara periodik, tak terkecuali dengan burung murai batu.
 Unggas akan mengalami siklus wajib pergantian  Perawatan Pada Burung Murai Batu Yang Mabung / Molting / Ngurak
Perawatan Pada Burung Murai Batu Yang Mabung / Molting / Ngurak
Ada istilah lain yaitu nyulam. Nyulam yaitu aktifitas tumbuh bulu gres menggantikan bulu yang rontok tetapi secara keseluruhan bulu dalam kondisi bulu baru, kondisi ini akan terjadi ketika sang burung sudah melewati tahap ngurak/atau rontok bulu, dimana akan tumbuh bulu baru.
Proses mabung murai kerikil yang kita pelihara di rumah pada umumnya masih mengikuti teladan mabung murai kerikil di hutan/alam dimana ketika masakan sedang berlimpah dihutan, murai kerikil pun secara naluri siap untuk melaksanakan pergantian bulu dan di lanjutkan dengan proses kawin/perkembangbiakan.
Untuk murai kerikil yang kita pelihara dari kecil/piyik/hasil dari breeding siklus mabungnya terkadang menyimpang dari teladan mabung murai hutan, dapat lebih cepat atau bahkan lebih usang tergantung penempatan/intensitas cahaya serta pengaturan teladan makanan. Namun secara umum pergantian bulu terjadi satu kali dalam setahun.
 Unggas akan mengalami siklus wajib pergantian  Perawatan Pada Burung Murai Batu Yang Mabung / Molting / Ngurak
Perawatan Pada Burung Murai Batu Yang Mabung / Molting / Ngurak
Bagi para kicau mania ketika burung mabung yaitu ketika yang membosankan namun juga ketika yang dinantikan tunggu, dengan datangnya mabung merupakan ketika yang baik untuk mensetting ulang seekor murai kerikil dimana baik dan buruknya tergantung perawatan ketika mabung.
Perawatan mabung / rontok bulu Murai Batu:
  • Murai kerikil mabung sebaiknya di isolasi dari murai kerikil lain. Jangan hingga mendengar bunyi murai kerikil lain, cukup hanya bunyi masteran saja biar kondisi mental murai kerikil yang sedang mabung dapat terjaga.
  • Sebaiknya murai kerikil dikrodong biar lebih nyaman dari udara dan mempercepat ambrolnya bulu yang tua.
  • Minimal sangkar jangan terlalu sering di pindah – pindah daerah semoga murai kerikil nyaman.
  • Makanan untuk murai kerikil mabung, bila bulu yang renta copotnya gres sedikit, sebaiknya asupan masakan cukup voer/poor saja. Stop esktra fooding (EF), bila rontok bulu tuanya sudah lebih dari 75%, barulah EF dapat diberikan. Berupa kroto dan gabungan minyak ikan. Bila sudah 90% dapat mulai ditingkatkan lagi EF kroto + minyak ikan, jangkrik 5-10 ekor pagi dan sore. 
  • Bila masa rontok bulu sudah terlewati atau sudah dalam kondisi nyulam bulu muda EF dapat ditambahkan ulat jerman 2 ekor pagi dan malam hari. Berikan vitamin pada air minumnya.
  • Mandi selama mabung diusahakan jangan dilakukan hingga benar – benar tuntas.
  • Jemur sebaiknya juga tidak dilakukan hingga benar – benar tuntas. Hal yang terjadi jikalau di jemur ketika tumbuh bulu gres akan keriting atau kisut.
  • Bila sudah tuntas mabung penjemuran bertahap, dari 15 menit saja hingga kembali ke rawatan harian biasanya.

Demikian ulasan mengenai perawatan murai kerikil yang mabung. Lalu bagaimana jikalau ternyata murai susah merontokkan bulu tuanya, atau macet mabung ? silahkan baca artikelnya Solusi Burung Murai Batu Yang Macet Mabung Agar Cepat Ambrol.

Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan ilham Kicau Mania Indonesia. 

Komentar dinonaktifkan: Perawatan Pada Burung Murai Watu Yang Mabung / Molting / Ngurak

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Perawatan Pada Burung Murai Watu Yang Mabung / Molting / Ngurak

Prinsip Dasar Patologi Veteriner (Protein)

Prinsip Dasar Patologi Veteriner (Protein)

T 23 June 2009 F A admin

Proses fisiologis A. rantai asam amino protein polipeptida. Protein ini lebih dari 1000 individu telah dicirikan dalam serum. Kebanyakan protein yang murni tidak biokimia. protein dikombinasikan dengan materi lainnya. Sebagai contoh, lipoprotein dan polisakarida (gula) B. plasma yang mengandung fibrinogen... Selengkapnya

Daftar Jenis Burung Yang Dilindungi Di Indonesia

Daftar Jenis Burung Yang Dilindungi Di Indonesia

T 22 May 2009 F A admin

Berikut ini daftar lengkap jenis burung yang dilindungi di Indonesia,berdasarkan lampiran PP Nomor 7 Tahun 1999 wacana “Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa”. 1. Semua jenis burung alap-alap / elang dari famili Accipitridae, Pandionidae, dan Falconidae. 2. Semua jenis burung udang... Selengkapnya

Tips Pemilihan Murai Kerikil Yang Anggun Berdasarkan Kicau Mania Berpengalaman

Tips Pemilihan Murai Kerikil Yang Anggun Berdasarkan Kicau Mania Berpengalaman

T 19 May 2009 F A admin

Murai kerikil merupakan salah satu burung yang ‘tenar’ dikalangan kicau mania alias penggemar burung berkicau. Hal ini dikarenakan kicauannya yang merdu, dan perilakunya yang aduhai dikala ‘tarung’ dengan murai kerikil jantan yang lain. Dengan ekor panjang yang di kibas-kibaskan keatas... Selengkapnya

+ SIDEBAR