Beranda » Uncategorized » Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak

Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak

T Diposting oleh pada 4 April 2009
F Kategori
b Comments Off on Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak
@ Dilihat 2 kali
Mabung yakni siklus wajib yang harus dilewati burung, sebab mabung sendiri yakni tolak ukur umur dari sebuah unggas. Bagaimana bila pentet / cendet gagal merampungkan mabungnya? yang terjadi yakni burung akan berhenti berbunyi, bulu tak menjadi karuan dan sanggup jadi gundul/kebotakan pada beberapa potongan tubuh, burung gampang terjangkit penyakit. Mabung yang tidak tuntas sanggup terjadi akhir beberapa faktor terutama kelalaian pada sang pemilik burung. (Baca juga: Cara Memilih Burung Cendet Bakalan Yang Prospek)
 Mabung yakni siklus wajib yang harus dilewati burung Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung - Ngurak
Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak
Pertama. Dalam beberapa kasus yang sering di lakukan oleh sang pemilik dalam menangani pentet / cendet yang sedang mabung tetapi mabungnya tidak pernah akhir atau lama, biasanya sebab kesal atau merasa kasihan terhadap burung yang ia pelihara, hal yang sering di lakukan oleh sang pemilik biasanya nekat merontokan bulunya secara paksa dengan cara mencabuti bulu-bulu yang bersama-sama belum saatnya rontok dengan impian akan tumbuh bulu-bulu baru. Hal menyerupai itu bersama-sama bukan solusi yang sempurna yang akan berdampak negatif terhadap burung dan saran saya jangan sesekali merontokan bulu dengan cara dicabuti. Sebab ketika tunas bulu masih tertancap berpengaruh dibawah kulit berarti ada pembulu darah dan saraf disana.
Kedua. Mengabaikan soal pakan. Burung yang sedang mabung tetap membutuhkan pakan dengan kadar protein dan kalori tinggi. Kalori merupakan sumber energi yang dibutuhkan untuk merontokan bulu (awal mabung). Sedangkan protein di perlukan untuk menumbuhkan bulu-bulu baru. Sebab, selain kalsium dan fosfor, material penting untuk menumbuhkan bulu gres yakni keratin, salah satu jenis asam amino esensial. Asam amino terkandung dalam protein.
Namun, sumbangan pakan yang mengandung protein tinggi perlu di pantau sedemikian rupa. Adapun makanan yang mengandung protein tinggi antara lain menyerupai kroto dan jangkrik. Pemberian jangkrik dan kroto yang berlebihan biasanya akan menciptakan burung bertambah aktif dan naik birahinya. Dengan begitu akan menghambat proses mabungnya. Untuk itu Anda sanggup mengkombinasikan sumbangan kroto/jangkrik (sumber protein) dan ulat sangkar (peredam birahi) untuk gaconya yang sedang mabung. (Baca juga: Problem Dan Cara Mengatasi Cendet / Pentet Dewasa Yang Miyik – Mbayi)

Ketiga. Tetap melombakan burung yang mana bahwa burung itu sedang mengalami proses mabung atau mempertemukan dengan burung sejenis. Seperti yang kita ketahui bahwa burung pentet / cendet yakni tipe burung fighter, jadi tidak sangat di sarankan untuk mempertemukan secara langsung.
Keempat. Tidak banyak memperlihatkan banyak waktu untuk burung beristirahat, terutama pada malam hari. Contohnya, sangkar yang ditempati burung tidak di kerodong dan membiarkan burung terkena angin.
Berikut mabung dan beberapa cara perawatan dari beberapa kicau mania yang pernah lakukan :

  • Full EF, memang sanggup mempercepat proses mabung tetapi dalam beberapa kasus sebab full EF sanggup menyebabkan burung yang awalnya doyan voer jadi gak doyan voer.
  • Full krodong, cara ini memang banyak di terapkan di banyak kalangan pencinta burung, memang burung pada fase ini butuh ketenangan untuk melepaskan bulunya, tapi bila salah penanganannya beberapa kasus pengrodongan menciptakan burung jadi kekurangan udara segar dan dipenuhi kutu yang menyebabkan beberapa bulu rusak/nyerit.
  • Menggunakan pakan/sentrat ayam cara ini juga cukup efektif untuk fase mabung pada burung, tetapi beberapa kasus sesudah masa mabung burung menjadi gemuk/berlemak.
  • Full umbaran, cara ini juga termasuk cara yang efektif untuk proses mabung pada burung.
  • Menggunakan kulit jeruk dan daun pandan, cara ini beberapa kalangan justru kurang efektif sebab ada yang mabung bulu tidak tuntas. Karena kemungkinan burung hanya menerima aroma terapi saja dari daun pandan dan kulit jeruk.

Dari beberapa cara diatas ada yang cocok dan tidak cocok, sebab huruf setiap burung berbeda. 
Koran burung akan memperlihatkan sedikit solusi ketika semua cara diatas tidak kunjung menciptakan bulu pada pentet / cendet rontok. Yaitu dengan mensiasati kelembaban suhu sekitar sangkar dengan metode yang bersama-sama tidak terlalu rumit.
 Mabung yakni siklus wajib yang harus dilewati burung Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung - Ngurak
Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak
Alat – alat yang digunakan.
-Lampu bohlam/pijar/dop kecil warna kuning 5 watt.
-Kabel.
-Kawat.
-Baskom.
-Air.
Implementasi :

  1. Pertama, rangkai dahulu lampu dengan kabel. Lilitkan dengan rapi dan tutup dengan lakban atau isolasi semoga sambungan tidak terkelupas menghindari hal yang tidak diinginkan.
  2. Masukkan lampu yang sudah dirangkai kedalam sangkar pentet / cendet yang sedang mabung, kaitkan diatas sangkar memakai kawat.
  3. Masukkan juga ember yang sudah di isi air, baskomnya ukuran sedang saja.
  4. Ketika semua sudah dimasukkan, kemudian masukkan burung pentet / cendet yang macet mabung, pasang kerodong pada sangkar, gantung sangkar dan nyalakan lampu bohlam/dop di kawasan yang sepi. 
  5. Jangan lupa berikan EF, Minum, Voer ayam di dalam sangkar tersebut semoga menunjang burung semoga segera merontokkan bulu tuanya.
  6. Lakukan hal ini sepanjang hari. Jangan lupa isi air pada ember ketika mulai habis menguap.
  7. Ketika subuh menjelang pagi, buka kerodong, matikan lampu bohlam kemudian embunkan burung pentet anda di kawasan terbuka atau di bawah pohon, semoga sedikit merasa nyaman menghirup udara segar, sesudah seharian melaksanakan terapi.
  8. Ulangi terus hingga dirasa bulu bau tanah pada cendet anda sudah rontok. Hentikan terapi ketika pentet / cendet mulai nyulam bulu baru, sebab udara yang lembab kurang manis untuk bulu baru.
Penting : Suhu pada sangkar terapi yang ideal antara 36°C – 37°C, hal ini sanggup kita ukur dengan alat yang dinamakan termometer, dan menjaga kelembaban pada sangkar terapi, kelembaban yang ideal antara 55% – 60%. Mengetahui tingkat kelembaban di dalam sangkar yakni dengan mengukurnya memakai alat yang disebut hygrometer.
Kenapa suhu harus hangat  dan lembab? suhu yang hangat dan lembab dalam sangkar selama terapi akan menciptakan pori – pori kulit burung menjadi melar sehingga lebih terbuka. Akibatnya, bulu burung mau tidak mau akan rontok juga dengan sendirinya. Namun begitu, hasil yang diperlukan ini tentu saja tidak sanggup terjadi dalam waktu singkat, melainkan memerlukan waktu.  Pastikan sebelum anda melaksanakan terapi ini pada burung, kondisi burung anda benar – benar dalam kondisi sehat. Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi lebih yang buruk. Cek kotoran burung apakah fasesnya padat atau sedikit cair/berair. Jika burung kurang sehat, koran burung sangat tidak menyarankan melaksanakan terapi ini. (Baca juga: Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Dewasa/Trotol)
Terapi ini tidak hanya sanggup dilakukan untuk pentet / cendet saja, burung lain yang mengalami macet mabung sanggup juga di berikan terapi ini.
Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan pandangan gres Kicau Mania Indonesia.

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Perawatan Mengatasi Pentet / Cendet Macet Mabung – Ngurak

Cara Paling Sempurna Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Anakan Dan Dewasa

Cara Paling Sempurna Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Anakan Dan Dewasa

T 23 May 2009 F A admin

Mengetahui jenis kelamin burung lovebird yang kita pelihara memang sangat penting, selain untuk bekal beternak maupun untuk dirawat sebagai materi perlomba’an. Banyak orang yang mempunyai cara sendiri untu membedakan jenis kelamin pada burung lovebird kacamata, alasannya yaitu banyak perbedaan dan... Selengkapnya

Pencemaran Udara Dan Permasalahanya

Pencemaran Udara Dan Permasalahanya

T 29 June 2009 F A admin

Lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan Indonesia berada di ambang kehancuran akhir eksploitasi yang berlebihan selama kurun waktu lebih dari tiga dekade. Rakyat semakin terpinggirkan dan termarjinalkan hak-haknya untuk hidup yang layak.  Selain itu, kelompok masyarakat yang paling rentan ialah akseptor... Selengkapnya

Resep Sari Pati Pisang Untuk Pleci Semakin Gacor Dar Der Dor!!!

Resep Sari Pati Pisang Untuk Pleci Semakin Gacor Dar Der Dor!!!

T 6 April 2009 F A admin

Beredar banyak issue mengenai khasiat sari pati pisang sebagai penggedor stamina burung pleci dan menciptakan burung jadi lebih gacor. Apakah hal ini benar ? Mari kita telisik terlebih dahulu. Resep Sari Pati Pisang Untuk Pleci Semakin Gacor Dar Der Dor!!!... Selengkapnya

+ SIDEBAR